-->

Mengenal Kucing American Curl, Kucing dengan Telinga Melengkung

Kucing American Curl merupakan salah satu ras kucing yang memiliki telinga unik dan berbeda dengan ras kucing pada umumnya. Seperti namanya yaitu American curl kucing ini memiliki telinga melengkung  yang disebabkan oleh mutasi genetik alami.

Telinga melengkung milik kucing American curl ini merupakan sebuah identitas bagi kucing ini karena dengan ciri khas yang unik inilah kucing ini menjadi dikenal oleh semua orang. American curl sendiri memiliki 2 jenis bulu yaitu American Curl Berbulu Panjang (ACL) dan American Curl Berbulu Pendek (ACS).

American curl adalah salah satu kucing yang sering muncul pada cat show atau kontes kucing,dengan adanya 2 jenis bulu maka American curl bisa mengikuti 2 kelas yang berbeda yaitu untuk kucing berbulu panjang dan juga kucing berbulu pendek.

Kucing American Curl

Kucing American curl merupakan kucing yang populer di kalangan breeder kucing karena kucing curly ini sering digunakan untuk crossbreed atau disilangkan dengan ras kucing lainnya dan menghasilkan ras kucing yang baru. Keunikan pada telinganya lah yang membuat para breeder tertarik untuk mengembangkan ras American curl.

Beberapa persilangan kucing yang berkaitan dengan kucing american curl adalah kucing kinkalow,yaitu persilangan antara kucing American curl dengan kucing munchkin, lalu ada kucing elf yaitu persilangan antara kucing American curl dan kucing sphynx dan yang melibatkan 3 ras kucing sekaligus adalah ras kucing dwelf yaitu persilangan antara kucing American curl,kucing sphynx dan kucing munchkin.

Asal Usul Kucing American Curl

Kucing American curl memiliki sejarah yang cukup panjang, menurut penelusuran sejarah kucing American curl berawal dari ditemukannya 2 kucing telinga melengkung dengan warna hitam dan hitam putih.Hal ini terjadi pada tahun 80an dan keluarga yang menemukan kedua kucing ini adalah keluarga Ruga.

Keluarga Ruga memberikan nama kepada kedua kucing tersebut, kucing berwarna hitam diberi nama Shulamith dan yang berwarna hitam putih diberi nama Panda. Setelah beberapa minggu bersama dengan keluarga ruga panda menghilang dan dengan hilangnya panda maka Shulamith yang merupakan kucing betina akhirnya menjadi nenek moyang kucing American curl.


Beberapa bulan kemudian shulamith melahirkan anak kucing yang memiliki telinga melengkung sama sepertinya lalu mulailah pengembangan ras kucing American curl pada saat itu. Dikatakan bahwa gen telinga melengkung ini merupakan dominan yang berarti kemungkinan untuk melahirkan keturunan dengan telinga melengkung sangat tinggi,hal ini dijelaskan oleh ahli genetika bernama Robinson.

Kucing American curl pertama kali ikut dalam kontes kucing pada tahun 1983 namun belum berhasil mendapatkan gelar juara,barulah pada tahun 1987 kucing American curl mendapatkan gelar juara pada kontes kucing yang digelar oleh The International Cat Association (TICA). Pada kontes kucing ini kucing yang mendapat gelar adalah kucing American curl dengan bulu panjang,lalu pada kontes kucing yang diadakan pada tahun 1993 Cat Fanciers’ Association Championship kucing American curl menjadi ras kucing pertama yang memiliki 2 kelas kontes yaitu kelas dengan bulu panjang dan kelas untuk bulu pendek.

Fisik Kucing American Curl

Ciri Kucing American Curl

Seperti yang sudah tertulis diatas, kucing American curl selain memiliki telinga yang melengkung juga memiliki 2 jenis bulu yaitu American Curl Berbulu Panjang (ACL) dan American Curl Berbulu Pendek (ACS), ACL adalah American Curl Longhair dan ACS adalah American Curl Shorthair.

Meskipun memiliki gen dominan namun lengkungan telinga pada kucing American curl sangat bervariasi,ada yang memiliki lengkungan yang sedang dan juga ada yang melengkung berlebihan. Pada umumnya kucing American curl yang bisa mengikuti kontes kucing adalah kucing American curl dengan sudut lengkungan telinga 90 – 180 derajat,jika terlalu berlebihan akan didiskualifikasi karena tidak masuk standar.

Kucing American curl memiliki berat badan seperti kucing pada umumnya yaitu 2 kg sampai dengan 5 kg namun ada beberapa kucing yang bisa lebih dari itu. Kaki kucing American curl cenderung lebih panjang dari kucing lain, karena itu kebanyakan kucing American curl terlihat sangat tinggi ketika berjalan atau berdiri.

Pada anak kucing American curl yang baru lahir telinganya belum melengkung dan masih sama seperti anak kucing pada umumnya, baru lah ketika mulai menginjak usia diatas 1 minggu akan mulai terlihat lengkungan pada telinga anak kucing American curl.

Karakter dan Sifat Kucing American Curl


Karakter Kucing American Curl

Kucing American curl merupakan kucing yang aktif dan suka bermain dengan kucing lainnya ataupun dengan pemilik kucing itu sendiri. Dengan kaki panjang yang dimiliki kucing ini maka ketika kucing ini berlari akan terlihat sangat gesit dengan langkah yang jauh.

Meskipun American curl termasuk kucing yan aktif namun kucing ini merupakan kucing yang ramah dan bisa beradaptasi dengan cepat pada lingkungan yang baru. Kucing curly pada dasarnya adalah kucing yang tidak suka dimasukkan ke dalam kandang selain itu American curl adalah tipe kucing yang tidak suka untuk digendong.

Perawatan Kucing American Curl


Perawatan Kucing American Curl

Perawatan kucing American curl tidak berbeda dengan kucing ras lain karena selain telinga tidak ada yang berbeda dengan kucing lain. Tentunya ada hal yang tidak bisa kita lupakan yaitu American curl memiliki 2 varian bulu yaitu berbulu pendek dan juga berbulu panjang.

Perawatan kucing berbulu pendek dan juga berbulu panjang pasti memiliki perbedaan karena kucing berbulu panjang akan lebih memiliki perawatan ekstra pada bulunya. Pada kucing American curl berbulu panjang lakukanlah grooming dengan rutin dan jangan lupa untuk memberikan vitamin bulu supaya bulu kucing tetap terlihat bagus.


Keunikan kucing American curl adalah bentuk telinga yang unik dengan melengkung kebelakang, namun melengkungnya telinga kucing ini juga merupakan salah satu kesulitan dalam melakukan perawatan pada telinga kucing ini.

Lengkungan pada telinga kucing American curl sangat bervariasi, ada yang mudah dibersihkan dan tidak memakan waktu untuk membersihkannya karena ujung telinga kucing American curl sudah terangkat jadi sangat mudah untuk dibersihkan namun ada juga lengkungan telinga kucing  American curl yang memiliki rongga dalam telinga kecil sehingga sulit dibersihkan. Ketika menemukan rongga telinga yang sulit dibersihkan maka gunakan cotton bud terkecil, bersihkan secara halus dan jangan sampai melukai telinga kucing.

Selalu ingat untuk membersihkan telinga kucing American curl karena telinga melengkung lebih rentan untuk terkena kotoran daripda telinga kucing pada umumnya.

Harga Kucing American Curl


Kucing American Curl Murah

Harga kucing American curl di Indonesia tidaklah terlalu mahal karena banyaknya varian ras baru dari kucing ini membuat kucing ini kurang begitu diminati namun berbeda dengan American curl yang berbulu panjang.

Kucing American curl berbulu panjang masih sering diikut sertakan dalam show kucing atau kontes kucing, dalam dunia show penggemar kucing ini pun juga banyak berbeda halnya dengan kucing American curl yang berbulu pendek.

Kucing American curl berbulu pendek cenderung lebih mengarah kepada breeder kucing untuk disilangkan dengan ras kucing lain,namun ada juga beberapa penghobi kucing yang mengadopsi untuk dipelihara dan juga sebagai teman bermain dirumah.

Pasaran harga kucing American curl sendiri masih tergolong menengah yaitu berkisar antara 3 juta sampai dengan 8 juta dan juga bisa lebih dari itu tergantung kualitas,PED serta kebijakan breeder kucing. Bagi kalian yang ingin mengadopsi kucing American curl longhair atau shorthair silahkan mencari breeder di sekitar tempat kalian tinggal.

Demikian mengenai kucing American curl, kucing unik dengan telinga melengkung semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar