-->

Mengenal Kucing Elf, Kucing Gundul dengan Telinga Melengkung

Kucing elf merupakan kucing ras baru dan sangat langka,kucing ini merupakan hasil persilangan antara 2 ras kucing yaitu kucing sphynx dan kucing American curl. Karena hasil persilangan ini,kucing elf mewarisi ciri dan sifat dari kucing Sphynx dan kucing American curl yaitu tidak berbulu dan memiliki telinga yang melengkung.

Kucing Elf adalah kucing yang aktif,suka bermain dan cerdas sifat ini adalah gabungan dari kepribadian kucing Sphynx dan American Curl. Selain itu  Kucing elf juga sangat ramah dan bersahabat, hal ini membuat kucing elf menjadi kucing  peliharaan yang sangat baik serta dapat dengan mudah berbaur ke dalam bagian dari keluarga pemilik kucing ini.

Kucing elf

Kucing elf sendiri sangat cocok untuk dijadikan kucing peliharaan dirumah karena pada dasarnya kucing ini suka berinteraksi dengan orang atau pemilik kucing, bagi kalian yang memelihara kucing ini pasti sering kaget karena kucing ini sering muncul dan menuju pangkuan pemilik secara tiba tiba.

Ras elf merupakan salah satu kucing hairless maka jika kalian memegang badan kucing ini akan terasa lebih panas dari kucing lain pada umumnya,meskipun kucing elf sangat cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan namun kucing ini tidak boleh terlalu sering keluar dari rumah atau berada pada lingkungan terbuka.

Kucing hairless memiliki kulit yang rentan dengan cuaca ruangan terbuka, jika terkena panas atau dingin yang berlebih bisa berakibat buruk pada kucing,untuk itu kucing elf tidak boleh terlalu sering  berada diluar rumah

Beberapa breeder kucing elf atau breeder kucing hairless selalu memberikan lampu diatas kandang kucing, lampu ini digunakan untuk menghangatkan kandang atau ruangan yang digunakan untuk kucing tak berbulu ini.

Asal Usul Kucing Elf

Karena kucing Elf merupakan kucing ras baru maka sejarah kucing elf sangatlah terbatas dan tidak banyak diketahui. Dalam penelusuran di beberapa situs tentang kucing elf dikatakan bahwa ada dua orang yang menciptakan ras ini yaitu Karen Nelson dan Kristen Leedom. Pada tahun 2004 Karen Nelson dan Kristen Leedom mulai mencari ide untuk mengembangkan kucing sphynx kesayangan mereka, lalu munculah sebuah ide untuk itu. Tujuan mereka berdua adalah melihat kucing sphynx memiliki telinga melengkung sama seperti kucing American curl namun tetap dengan kepribadian yang dimiliki oleh kucing sphynx. Kristen Leedom, dari Quendi Cattery dan Karen Nelson dari Falmari mulai berusaha untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Dengan kerja keras mereka berdua akhirnya Kucing Elf berhasil dikembangkan dari persilangan antara ras kucing Sphynx dan American Curl.Kedua kucing ini memiliki ciri khas yang khusus dan dengan  menggabungkan ciri dari kedua kucing itu menjadi satu akhirnya mimpi mereka terwujud, ciri yang paling khas pada kucing elf adalah penampilan telinga yang keriting, diambil dari kucing American Curl, dan tidak berbulu yang diambil dari kucing Sphynx. Seperti kucing Sphynx, kucing Elf sebenarnya tidak sepenuhnya tidak berbulu, kulitnya ditutupi dengan bulu yang sangat halus yang  tidak terlihat oleh mata dalam kejauhan.


Setelah itu para breeder kucing juga ikut mengembangkan ras kucing elf,namun dalam sebuah tujuan terkadang ada jalan berbeda yang harus ditempuh dan para breeder dihadapkan pada hal tersebut. Tujuan dari kucing elf adalah kucing tidak berbulu dengan telinga yang melengkung, yang dimulai dari persilangan antara kucing sphynx dan kucing American curl namun ada beberapa breeder yang menggunakan kucing highlander untuk mendapatkan telinga melengkung untuk kucing elf. Hal ini tidak menjadi masalah karena dalam eksperimen kita bisa menggunakan cara lain untuk tujuan yang sama dan akhirnya kucing American curl dan kucing highlander digunakan untuk mendapatkan telinga melengkung dari kucing elf.

Quendi Cattery tetap menggunakan konsep awal serta  standar asli dari kucing elf,dan hanya menyilangkan kucing sphynx dengan kucing American Curl untuk mendapatkan kucing Elf. Mereka menghargai para breeder kucing yang menggunakan kucing highlander dalam penyilangan kucing elf,karena pada akhirnya yang mendapatkan manfaat paling besar adalah perkembangan kucing elf itu sendiri.

Banyak dari keturunan kucing Elf menunjukkan sifat-sifat seperti yang diharapkan, dan beberapa kucing elf mulai diperkenalkan acara show International Cat Association (TICA). Setelah perkenalan kucing elf dilakukan,jumlah yang diperlukan terpenuhi,pencipta dan penggemar kucing menerima kucing elf sebagai varian baru dari kucing sphynx akhirnya kucing elf bisa diterima dan didaftarkan di TICA yang selanjutnya akan bisa mengikuti show kucing sebagai kucing sphynx dengan varian baru.

Fisik Kucing Elf


Ciri Kucing Elf


Kucing elf merupakan kucing tidak berbulu dan bertelinga melengkung, fisik kucing elf merupakan gabungan dari kucing Sphynx dan kucing American curl. Secara umum tubuh kucing elf sangat mirip dengan kucing sphynx yaitu ramping dan padat,selain itu juga memiliki tulang pipi yang sama. Kumis kucing elf sangat pendek dan jarang,jika dilihat sekilas kucing elf seperti tidak mempunyai kumis.

Kulit pada kucing elf berkerut pada beberapa bagian yaitu pada sekitar bahu,telinga dan pada moncong kucing elf, hal ini sangat terlihat jelas pada anak kucing elf yang masih kecil. Pada bagian telinga kucing elf memiliki ciri yang sama dengan kucing American curl yaitu melengkung ke bagian belakang.

Ekor kucing elf panjang dan meruncing ke ujung karena tidak ditumbuhi bulu,pada kucing elf berat badan umumnya berkisar antara 3 - 6kg. Secara keseluruhan badan kucing elf yang tanpa bulu dan telinga melengkung membuat ciri khusus untuk kucing ini dan hal inilah yang membuat kucing elf menjadi salah satu varian dari kucing sphynx yang digemari.

Karakter dan Sifat Kucing Elf


Karakter Kucing Elf


Kucing elf dikembangkan dengan tujuan mempertahankan sifat asli dari kucing sphynx dan kucing American curl dan ini terbukti terwujud dalam beberapa generasi ras elf. Kucing elf merupakan kucing yang cerdas, bahkan dianggap sebagai salah satu yang paling cerdas dari semua ras kucing . Selain itu kucing elf juga ramah dan mudah bersosial entah dengan kucing lain atau dengan pemilik kucing dan keluarganya.

Kucing elf merupakan kucing yang aktif,suka bermain dan memiliki rasa ingin tahu yang besar, hal ini terkadang membuat kucing elf suka memanjat dan menyentuh benda disekitar mereka. Karena kucing elf merupakan kucing yang ramah dan mudah bergaul maka mereka menginginkan lebih banyak interaksi dengan manusia daripada kucing lainnya.

Perawatan Kucing Elf


Perawatan Kucing ELF


Cara merawat kucing elf sama dengan cara merawat kucing sphynx dan kucing American curl, karena tidak berbulu maka kucing elf membutuhkan mandi yang rutin atau sekedar dibersihkan dari kotoran yang ada ditubuhnya. Ketika kucing elf jarang dibersihkan maka pada bagian tubuh kucing elf akan lengket saat disentuh atau bahkan akan menjadi permasalahan pada kulit seperti infeksi atau ruam.

Telinga kucing elf juga harus mendapatkan perhatian, selalu bersihkan telinga kucing elf jika terlihat kotor. Bersihkan dengan lembut dan jangan sampai membuat luka pada telinga kucing. Bentuk telinga melengkung pada kucing elf terkadang membuat telinga kucing ini menjadi sulit dibersihkan pada beberapa jenis telinga, namun tidak semua telinga kucing elf sulit dibersihkan.


Tubuh atau kulit kucing elf sangat sensitif untuk itu batasi sinar matahari yang berlebihan dan juga cuaca dingin, selain sensitif kulit kucing elf juga mudah terluka jadi selalu perhatikan kucing elf karena jika terluka dalam bermain dengan kucing lain atau terkena suatu benda akan berbahaya.

Kucing Elf dianggap sebagai kucing yang sehat, sebagai ras yang baru, masalah kesehatan genetik belum ditentukan. Namun, mereka mungkin rentan terhadap kondisi kesehatan yang memengaruhi keturunan orang tua mereka, seperti masalah jantung dan gusi.

Harga Kucing Elf


Harga Kucing ELF


Harga kucing elf sangat bervariasi karena kucing elf juga merupakan kucing ras baru maka jika harga kucing elf mahal bukanlah hal yang mengherankan. Bagi yang sudah berpengalaman dengan kucing sphynx pasti bisa mengetahui kucing elf dengan kualitas yang bagus karena memang secara fisik kucing elf mirip dengan kucing sphynx.

Para breeder kucing sphynx yang memiliki kucing elf biasanya melepas adopsi kucing elf dengan harga yang lumayan tinggi, namun bagi penggemar kucing eksotis itu bukanlah masalah besar. Kucing elf yang merupakan varian baru dari kucing sphynx pasti menarik perhatian banyak orang untuk memeliharanya, apalagi karakter kucing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan dirumah.

Pada saat ini mungkin pasaran harga kucing elf masih diatas 10 juta dan bahkan bisa lebih tergantung kualitas dan para breeder kucing elf sendiri. Ketika seseorang sudah tertarik dengan kucing yang diinginkan tentunya harga kucing bukanlah sebuah masalah, apalagi untuk kucing elf yang eksotis ini. Bagi kalian yang ingin mengadopsi kucing elf silahkan mencari breeder kucing yang terpercaya dan dekat dengan tempat kalian tinggal.

Demikian mengenai kucing elf, kucing tak berbulu dengan telinga melengkung, semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar