-->

Awal Kehamilan Kucing sampai Kucing Melahirkan

Sebagai pemilik kucing tentunya kita perlu mengetahui masalah kehamilan pada kucing kesayangan kita, apalagi kalian yang memiliki sepasang kucing atau beberapa pasang kucing yang mengetahui kucing kalian sedang kawin. Tentunya kalian yang belum tahu akan bertanya bagaimana merawat kucing hamil dan semacamnya.

Sebelum masuk kepada masa hamil kucing tentunya kucing terlebih dahulu masuk kedalam masa birahi, kucing dalam masa birahi merupakan dimana kucing bisa dikawinkan dengan lawan jenis untuk pembuahan. Umumnya masa birahi kucing terjadi sekitar 3 - 7 hari dan akan berulang jika tidak dikawinkan.

Kucing pertama birahi pada usia 7-8 bulan namun ada juga yang dibawah itu,biasanya untuk para breeder akan melewatkan birahi pertama pada kucing ini karena ada resiko kucing yang dikawinkan terlalu muda tidak bisa merawat anaknya dengan baik. 

Beberapa orang yang tidak mengetahui hal tersebut seringkali mengawinkan kucing di usia belum matang dan membuat kucing hamil terlalu muda,yang membuat kucing tidak bisa merawat anaknya dan membuat anak kucing mati. Namun ada juga kucing usia 8 bulan pertama kali birahi sudah bisa melahirkan dan merawat anaknya dengan baik juga, hal ini saya pernah mengalaminya sendiri.

Masa birahi kedua adalah waktu yang tepat untuk kucing dikawinkan karena kebanyakan pada birahi kedua usia kucing sudah akan menginjak 1 tahun dan bisa merawat anaknya dengan baik. Setelah dikawinkan kucing belum tentu akan langsung hamil untuk itu kita perlu mengetahui beberapa ciri kucing hamil supaya bisa memastikan apakah kucing kita hamil atau tidak.

Ciri Kucing Hamil

Ciri Ciri Kucing Hamil

Berhentinya Birahi Kucing

Ciri kucing hamil muda yang pertama adalah kucing tidak lagi birahi karena jika setelah kawin kucing mengalami birahi kembali sudah bisa dipastikan kalau kucing kalian gagal dalam pembuahan dan membuat kucing tidak hamil yang akhirnya kucing akan birahi kembali.

Kucing Muntah

Tanda kucing hamil juga seperti manusia yang sering muntah pada saat hamil,kucing hamil juga bisa muntah apalagi kucing hamil muda,pada saat kucing hamil muda kucing akan muntah sedikit seperti cairan putih bening seperti meludah, yang perlu kalian ingat adalah bedakan antara muntah kucing sakit dan muntah kucing hamil.

Kucing Sering Tidur

Kucing yang hamil cenderung sering bermalasan karena banyak yang mengatakan kucing hamil cepat merasa lelah dan membuat kucing sering untuk tidur dan terlihat seperti bermalas malasan.

Warna Puting Kucing Berubah

Tanda tanda kucing hamil yang mulai jelas adalah ketika puting susu kucing mulai membesar dan berubah warna. Saat ini masa kehamilan kucing sudah mau memasuki satu bulan atau masa hamil kucing 3 minggu. Pada usia kucing hamil 3 minggu akan ada perubahan pada puting yang berubah warna menjadi cerah dan membesar diikuti mulai rontoknya bulu disekitar putting.

Perubahan Badan Kucing

Kucing bunting diatas 1 bulan akan mengalami perubahan badan yang signifikan yaitu membesarnya perut kucing. Perut kucing akan terus bertambah besar seiring bertambahnya hari,jika kalian sudah sering melihat maka kalian akan hafal berapa jumlah anak pada perut kucing namun bagi kalian yang penasaran dan belum tahu bisa melakukan USG untuk kucing hamil. 

Cara Merawat Kucing Hamil


Umur kehamilan kucing diatas 1 bulan harus dijaga supaya kucing tida keguguran karena kucing hamil rentan keguguran jika dilepaskan dan sering bermain. Meski ada juga kucing yang hamil dengan tanpa masalah seperti kucing lokal namun sebaiknya kita berjaga jaga supaya anak kucing kita selamat dan lahir dengan baik. Selain itu kita juga harus mengetahui cara melakukan perawatan pada kucing hamil supaya kucing hamil tetap sehat dan janin anak kucing berkembang dengan maksimal.

Cara Merawat Kucing Hamil

  1. Tips merawat kucing hamil pertama adalah jika ingin melepaskan kalian harus tahu dimana perkiraan kucing akan melahirkan namun jika ingin dikandang maka sejak mengetahui kucing kalian hamil masukkan kandang sampai anak kucing lahir
  2. Jangan memberi obat pada kucing yang sedang hamil, sebagi contoh jika kucing terkena flu sebaiknya diberikan lampu diatas kandang supaya lebih hangat dan meringankan flu 
  3. Jangan memandikan kucing hamil karena rentan meski ada beberapa orang yang memandikan kucing yang sedang hamil.
  4. Berikan nutrisi tambahan untuk kucing hamil karena kucing hamil membutuhkan nutrisi berlebih untuk perkembangan janin. Misalkan dengan memberikan makanan kucing khusus untuk kucing hamil, memberikan susu kucing hamil dan lainnya.
  5. Berikan tempat yang nyaman untuk kucing yang sedang hamil, selain itu harus bersih supaya tidak terjangkit virus atau penyakit.
  6. Jika memungkinkan periksakan kehamilan kucing ke dokter hewan terdekat untuk lebih mnegetahui kondisi kucing kalian.
Masa atau waktu kehamilan kucing pada umumnya mencapai 60 – 70 hari ada yang kurang dan ada juga yang lebih. Kebanyakan ada dibawah 60 hari dan ada juga yang lebih 3 – 7 hari, jarang kucing akan melahirkan diatas 70 hari.

Setelah mengetahui ciri kucing hamil dan cara merawat kucing hamil maka selanjutnya kita harus tahu ciri kucing yang akan melahirkan. Kucing akan melahirkan mempunyai beberapa tanda yang mudah dimengerti,namun ada juga yang tidak mengetahui ciri kucing akan lahiran.

Ciri ciri Kucing mau Melahirkan

Ciri ciri Kucing akan Melahirkan

Nafsu Makan Kucing Berkurang

Kucing yang akan melahirkan biasanya mengalami penurunan nafsu makan dikarenakan usia hamil yang mendekati kelahiran. Selain itu bertambahnya berat badan kucing membuat dia menjadi lebih malas untuk makan.

Kucing Terlihat Bingung dan Gelisah

Ketika didalam kandang kucing yang mendekati waktu kelahiran akan terlihat gelisah dan bingung seperti ingin melakukan suatu hal, mungkin jika kucing yang diluar kandang akan mencari tempat yang nyaman untuk kelahiran anaknya.

Kucing Diare

Kucing diare menandakan dalam beberapa hari kedepan merupakan hari kelahiran untuknya, hal ini sering saya alami sendiri dengan kucing saya. Ketika kucing hamil dan diare maka dalam selang antara 3 – 7 hari kucing akan segera melahirkan.

Kucing Mengeluarkan Cairan

Setelah mengalami diare kucing akan mengeluarkan cairan,mungkin jika diposisi manusia ini merupakan air ketuban. Pada hari kucing mengeluarkan cairan kalian sudah harus menyiapkan peralatan untuk membantu kucing lahiran karena bisa saja hari itu juga kucing akan melahirkan. Umumnya ketika kucing sudah mengeluarkan cairan bisa hari itu atau selang 1-2 hari kucing akan melahirkan.

Kucing tidak Pup Seharian

Terakhir dalam tanda kucing melahirkan adalah kucing tidak buang kotoran seharian penuh. Jika kucing sudah diare lalu mengeluarkan cairan maka disaat hari akan melahirkan kucing tidak akan buang kotoran, hal ini sering saya jadikan tanda jika ingin melakukan bantuan untuk kucing yang mau melahirkan.

Untuk kucing yang pertama kali melahirkan usahakan untuk membantu karena terkadang ketika pertama kali kucing akan cepat lelah dan kadang bingung apa yang harus dia lakukan. Pertolongan kucing melahirkan sangat banyak seperti membantu menarik anak kucing, membantu mengeringkan anak kucing dan lainnya.

Demikian mengenai proses kehamilan kucing dari awal hingga melahirkan, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.
LihatTutupKomentar