-->

Mengenal Lebih Dekat dengan Kucing Munchkin

Kucing Munchkin merupakan salah satu ras kucing yang memiliki karakteristik yang unik yaitu memiliki kaki pendek akibat mutasi genetik alami.
Kucing Ras Munchkin bisa dikatakan merupakan ras kucing yang sudah cukup lama namun masih banyak yang belum mengetahui ras kucing ini.
Di Negara kita yaitu Indonesia kucing munchkin mulai dikembangkan dengan cukup banyak breeder  kucing sekitar tahun 2012 namun masih belum banyak yang memelihara kucing munchkin karena pada awalnya harga kucing munchkin sangat mahal.
Ras kucing munchkin pertama dikembangkan pada tahun 1980 di Negara asal kucing munchkin yaitu Amerika Serikat. Dengan ciri kaki pendek dan tubuh yang mungil kucing munchkin merupakan salah satu kucing terpendek dan kucing terkecil didunia.

Kaki kucing munchkin ada yang sejajar antara depan dan belakang dan ada juga yang kaki belakang lebih panjang daripada kaki depan bahkan ada juga yang memiliki kaki normal seperti kucing pada umumnya yaitu disebut dengan munchkin non standar. Bobot atau berat badan kucing munchkin hampir sama dengan kucing ras lainnya yaitu 2 kg – 3kg namun ada juga beberapa kucing munchkin yang bisa mencapai 4kg atau bahkan lebih.

Jual Kucing Munchkin

Kucing munchkin yang memiliki kaki pendek tidak sejajar atau kaki belakangnya lebih panjang akan terlihat membungkuk karena itu banyak yang melakukan tes atau cek kesehatan pada kondisi tulang punggung munchkin. Hasil penelitian yang saya baca di beberapa situs dan juga sejarah kucing munchkin tidak ada masalah dalam kesehatan tulang punggung kucing munchkin,itupun sudah saya buktikan dengan kucing munchkin saya sendiri. Saya pribadi juga memelihara kucing munchkin dan beberapa varian ras munchkin, dari kitten munchkin atau kucing munchkin yang masih kecil sampai dengan dewasa kucing munchkin yang pelihara tidak pernah ada gangguan tulang punggung atau tulang belakang.

Kucing munchkin merupakan rekomendasi hewan peliharaan yang cocok bagi kalian yang hidup di perkotaan,tinggal di apartemen atau yang tidak memiliki halaman bermain yang luas karena kucing munchkin memiliki postur tubuh yang kecil dan juga pendek sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk memeliharanya. Berbeda hal jika kalian memelihara kucing besar seperti kucing mainecoon yang membutuhkan tempat lebih luas karena ukuran tubuh kucing yang besar atau beberapa kucing ras lainnya yang memiliki badan besar seperti kucing Persia,Exotic shorthair,Bengal dan lainnya.
Selain memiliki tubuh yang kecil dan berkaki pendek kucing munchkin juga memiliki karakter yang friendly dan juga suka bermain. Dengan beberapa karakter kucing munchkin tersebut tentunya kucing munchkin juga merupakan kucing yang lucu,menggemaskan dan bisa membuat kalian ingin memelihara kucing munchkin ini.

Beberapa tahun belakangan sudah ada beberapa organisasi kucing seperti WCF,TICA yang sudah mengakui ras munchkin sehingga kucing ini sudah bisa mengikuti show atau lomba kucing seperti kucing ras lainnya. Pada awalnya sebelum ada organisasi yang mengakui kucing munchkin, kucing munchkin masih bisa mengikuti show namun dalam kategori domestik. 

Asal Usul Kucing Munchkin

Seperti yang sudah dikatakan diatas dalam penelusuran di mesin pencari (google dan lainnya) ada beberapa sejarah kucing munchkin yang tertulis dalam beberapa situs. Pertama datang dari Inggris yaitu dari Dokter Hewan bernama H.E. Williams yang melihat ada beberapa ekor kucing berkaki pendek hidup liar dengan kondisi sehat namun kucing tersebut hilang setelah terjadi perang dunia, setelah itu datang dari jerman ada seorang bernama Max Von Egon Thiel berkata melihat kucing dengan kaki pendek di kota Stalingrad (sekarang bernama Volgograd), Rusia namun hal sama terjadi lagi yaitu kucing tersebut tidak pernah terdengar lagi setelah 30 tahun.

Terakhir datang dari seorang guru musik yang berasal dari Amerika Serikat,pada tahun 1980an guru musik yang bernama Sandra Hochenedel di Louisiana menemukan dua ekor kucing kaki pendek berjenis kelamin betina yang diberi nama blackberry dan blueberry, kemudian anak dari kucing yang bernama blackberry yang mempunyai kaki pendek sama dengan induknya diberikan kepada temannya yang bernama Kay LaFrance. Anak kucing berkaki pendek tersebut oleh kay diberi nama Toulouse, dari sinilah kucing berkaki pendek kemudian menjadi banyak sampai kucing jalanan juga membawa gen kaki pendek dari kucing bernama Toulouse yang dibiarkan berkeliaran.

Lalu kenapa bisa kucing ini memiliki nama munchkin? Munchkin ini adalah nama sebuah karakter dalam film The Wizard of Oz, karena karakter ini adalah seorang yang kerdil dan film ini juga sangat popular pada waktu itu maka nama munchkin ini menjadi inspirasi untuk kucing kerdil tersebut dan akhirnya kucing berkaki pendek itu diberikan nama ras Munchkin.

Perkawinan Kucing Munchkin


Jual Kucing Munchkin Murah

Mungkin bagi kalian yang ingin memelihara kucing munchkin pasti bertanya-tanya, apakah perlu munchkin dikawinkan dengan munchkin supaya anaknya berkaki pendek atau munchkin dikawinkan dengan kucing domestik? Disini akan saya jawab berdasarkan pengalaman pribadi.
Dalam perkawinan kucing munchkin bisa dilakukan dengan sesama kucing munchkin atau bisa juga dilakukan dengan ras kucing lain,misalkan kucing munchkin dikawinkan dengan kucing domestik dan melahirkan dua anak dengan satu berkaki pendek dan satunya berkaki normal seperti kucing pada umumnya maka kucing dengan kaki pendek disebut munchkin standar dan kucing yang berkaki normal atau panjang disebut dengan munchkin non standar (ns munchkin). Munchkin non standar terutama betina biasanya digunakan untuk indukan,karena meski memiliki kaki panjang namun masih membawa gen kaki pendek,jadi jika dikawinkan ulang dengan munchkin hasil anak berkaki pendek kemungkinannya akan lebih besar daripada menggunakan indukan kucing domestik yang pertama.

Selanjutnya adalah perkawinan kucing munchkin dengan kucing munchkin,pertama yang perlu diketahui adalah anak dari sesama kucing munchkin tidak 100% akan mengeluarkan anak dengan kaki pendek, jadi masih bisa melahirkan munchkin non standar atau bahkan resiko terburuk anaknya adalah munchkin non standar semua. Ada yang mengatakan bahwa munchkin generasi ke 4 bisa stabil melahirkan anak berkaki pendek/100% anaknya akan berkaki pendek namun karena saya pribadi belum sampai kesitu maka saya tidak berani berkomentar mengenai hal ini. Kedua adalah perkawinan sesama kucing munchkin mempunyai beberapa resiko,biasanya terjadi gangguan pernapasan yang mengakibatkan kematian,secara pribadi saya sendiri belum mengalami hal ini meski sering menggunakan perkawinan munchkin dengan munchkin yang keduanya memiliki kaki pendek namun beberapa orang sering mengeluhkan hal tersebut.

Sedikit membahas mengenai persilangan ras munchkin dengan ras kucing lain,misal kalian ingin mengawinkan  kucing munchkin dengan kucing Persia maka anak dari kedua kucing tersebut masuk kedalam breed kucing minuet.

Seperti yang kalian semua tahu bahwa postur kaki pendek dari kucing munchkin membuat para breeder ingin menyilangkan (crossbreed) kucing munchkin dengan kucing ras lain seperti kucing minuet yang sudah disebut diatas,masih banyak hasil perkawinan kucing munchkin dengan ras kucing lain.

Perkawinan silang antara kucing munchkin dengan kucing sphinx maka akan menuju ke kucing bambino,perkawinan kucing munchkin  dengan kucing Scottish fold maka akan menuju ke kucing gaelic, kucing gaelic sendiri ada dua yaitu kucing gaelic fold dan kucing gaelic straight,dan masih banyak lagi perkawinan silang munchkin dengan kucing ras lain. Dari banyak penyilangan munchkin ini maka banyak juga yang menyebut bahwa kucing munchkin merupakan moyang dari beberapa kucing ras yang ada didunia ini.

Karakter dan Sifat Kucing Munchkin


Pasaran Kucing Munchkin

Munchkin merupakan kucing yang aktif dan suka bermain, karena memiliki kaki yang pendek maka ketika melihat kucing ini berlari akan terlihat lebih lucu dari kucing biasa yang memiliki kaki panjang.
Kucing munchkin dulunya dikatakan mempunyai dua tipe bulu yaitu munchkin berbulu pendek dan munchkin berbulu panjang.

Kucing munchkin sendiri adalah kucing dengan kaki pendek dengan bulu yang pendek pula, sedangkan kucing munchkin berbulu panjang dulu disebut kucing napoleon namun karena nama napoleon menimbulkan kontroversi maka sekarang disebut dengan kucing minuet. Kucing minuet sendiri ada juga versi bulu pendeknya namun berbeda dengan kucing munchkin, setidaknya perbedaan nya paling bisa dilihat pada bagian wajah.

Karena pada dasarnya kucing munchkin merupakan kucing yang aktif, kucing ini tidak suka untuk dikandang jadi bagi kalian yang ingin mengadopsi kucing munchkin maka sebaiknya kucing nya dilepaskan diluar kandang.

Perawatan Kucing Munchkin


Cara Merawat Kucing Munchkin

Cara merawat kucing munchkin hampir tidak ada bedanya dengan kucing ras lain pada umumnya. Tentu saja setiap hari kita harus membersihkan kandang,membuang kotoran dan membersihkan pasir kucing

Makanan untuk kucing munchkin? Sama seperti kucing lainnya.
Vitamin untuk kucing munchkin? Sama seperti kucing lainnya.
Perawatan bulu untuk kucing munchkin? Sama seperti kucing lainnya.
Cara memandikan kucing munchkin? Sama seperti kucing lainnya.

Perbedaan khusus dalam cara merawat kucing munchkin adalah cara merawat anak kucing munchkin terutama anak kucing munchkin berkaki pendek yang baru lahir, kenapa? Karena anak kucing munchkin standar memiliki kaki yang pendek, terkadang dia kesulitan untuk meraih puting susu dari induknya.
Hal tersebut tidak menjadi masalah jika kucing munchkin hanya melahirkan 2 ekor anak karena dalam menyusu tidak terlalu banyak persaingan namun berbeda halnya jika induk munchkin melahirkan 5 ekor anak dan hanya ada satu yang berkaki pendek,tentunya anak yang berkaki pendek akan kalah menyusu dengan saudaranya yang berkaki panjang atau munchkin non standar. Untuk itu maka ketika anak kucing munchkin baru lahir segera tambahkan alas yang bisa mempermudah dia bergeser menuju puting induknya seperti karpet,underpad, dan lainnya.

Selalu berikan perhatian khusus pada anak kucing munchkin yang baru lahir,jika terlihat kurang menyusu daripada saudara lainnya maka segera bantu untuk mendekat kepada puting induknya supaya pertumbuhan anak kucing munchkin maksimal.

Satu hal lagi yang perlu kalian ingat dalam melakukan perawatan kucing munchkin adalah jangan lupa untuk melakukan vaksinasi pada kucing munchkin supaya kucing munchkin tidak mudah terkena virus yang bisa membahayakan nyawa kucing kalian semua, tentunya untuk vaksinasi kucing tidak hanya khusus untuk kucing munchkin saja melainkan untuk semua ras kucing yang menjadi peliharaan kalian dirumah.

Harga Kucing Munchkin


Harga Anakan Kucing Munchkin

Ketika ada yang bertanya mengenai berapa harga kucing munchkin? Maka saya sendiri tidak bisa memastikan karena mahar adopsi adalah kebijakan dari setiap breeder kucing munchkin itu sendiri. Kalau kita membahas pasaran harga kucing munchkin untuk saat ini mungkin berkisar antara 4 juta sampai dengan 10 juta dan mungkin bisa lebih, apalagi munchkin varian seperti harga kucing gaelic,harga kucing bambino tentunya lebih mahal dari harga kucing munchkin standar.

Setelah melihat harga pasaran kucing munchkin diatas maka kita ambil jalur tengah dan harga standar kucing munchkin adalah 6 juta jika ada kurang lebihnya maka itu adalah kebijakan breeder seperti yang dikatakan diatas. Kualitas kucing munchkin juga berbeda beda, kesehatan, varian, PED atau tidak,breeder kucing munchkin senior dan breeder kucing munchkin yang masih baru tentunya hal tersebut juga berpengaruh pada harga kucing munchkin atau mahar adopsi kucing munchkin.

Mungkin ada dari beberapa kalian yang pernah bertemu dengan orang berkata harga kucing munchkin mahal, ada juga yang berkata harga kucing munchkin murah maka tentunya bisa dipastikan bahwa kedua orang tersbut adalah penggemar kucing atau penghobi kucing dan satunya tentu bukan.
Ketika kalian mempunyai rencana untuk berternak kucing munchkin maka tentuya akan menggunakan induk dan pejantan kucing munchkin yang bagus pula, untuk mendapatkan induk dan juga pejantan munchkin yang bagus pasti tidak bisa dengan mahar adopsi yang bisa dikatakan murah. Jadi apakah harga kucing munchkin murah atau mahal silahkan ditentukan sendiri.

Demikian untuk pengenalan kucing munchkin kali ini, jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan via komentar akan saya bantu jawab sebisanya dan jika tidak tahu jawabannya maka kita cari tahu bersama sama, semoga artikel ini bisa menambah informasi dan bermanfaat ya.

LihatTutupKomentar