-->

Mengenal Kucing Odd Eye yang Langka

Kucing odd eye adalah kucing yang kedua matanya memiliki warna yang berbeda antara kiri dan kanan, umumnya yang  paling sering ditemui atau dijumpai oleh kebanyakan orang adalah kucing odd eye yang memiliki warna biru dan kuning pada kedua matanya. Odd eye kucing bukanlah nama sebuah ras atau jenis kucing melainkan hanya sebutan  untuk kucing yang memiliki warna berbeda pada kedua bola matanya.

Penyebab Odd eye kucing ini adalah kelainan genetik akibat perbedaan lapisan melanin pada mata kucing. Pada kasus ini pigmentasi iris mata pada kucing tidak berjalan bersamaan yang akhirnya membuat warna bola mata kucing menjadi berbeda antara kiri dan kanan. Ketika kucing baru lahir, kucing masih tidak bisa melihat dan belum bisa membuka kedua matanya. Setelah membuka maka akan terlihat mata kucing berwarna biru, selanjutnya mata kucing akan mulai membesar seiring waktu dan bertambahnya usia pada kucing.

Penyebab Odd Eye Kucing

Mata kucing akan mengalami perubahan warna mata karena zat melanin yang bertambah dan menghasilkan pigmen warna mata, pada kucing odd eye terjadi pigmentasi yang tidak sempurna pada kedua mata kucing yang mengakibatkan satu dari kedua mata berhenti pigmentasi lebih cepat dari yang satunya dan membuat warna mata kucing menjadi berbeda. Keadaan kelainan pigmentasi pada kucing odd eye tersebut disebut juga dengan Heterochromia Iridis.

Banyak yang berpendapat bahwa kucing odd eye langka dan juga unik karena memang kucing dengan mata odd eye sangat jarang ditemui di manapun. Kucing odd eye dengan warna mata yang berbeda memang terlihat lebih menarik daripada kucing pada umumnya yang memiliki warna sama pada kedua matanya. Hal tersebut membuat para penggemar kucing banyak yang ingin memelihara kucing dengan mata odd eye karena dengan memeliharanya akan membuat kebanggaan tersendiri dari keunikannya itu.

Kucing Odd Eye Tuli

Dulunya banyak yang mengatakan bahwa kucing dengan mata odd eye akan mengalami kebutaan dan bermasalah pada pendengarannya (Tuli), namun ternyata hal tersebut salah dan bisa dibilang hanya mitos karena kebanyakan kucing odd eye yang ada bisa melihat dengan baik dan memiliki pendengaran yang baik pula.

Kucing odd eye pada awalnya hanya ditemukan pada kucing yang mempunyai warna bulu putih polos dan hitam polos saja namun untuk sekarang ini hal tersebut sudah bukan jaminan karena banyak sekali kucing dengan warna lainnya juga mengalami odd eye pada kedua matanya. Umumnya warna odd eye pada mata kucing yang paling sering ditemui adalah warna biru dan kuning namun dikatakan ada beberapa warna lain pada kasus mata odd eyes kucing yaitu biru dengan variasi warna mata kedua hijau dan juga cokelat.

Pada tahun 2010 di negara turki ada seekor kucing van turki berwarna putih yang mengalami odd eye pada kedua matanya, kucing ini diberi nama Bascat dan dijadikan sebagai mascot kejuaraan basket international pada saat itu. Selain itu pemerintah turki mengumumkan secara resmi bahwa kucing dengan odd eyes pada matanya akan menjadi hewan yang dilestarikan, dengan pengumuman tersebut maka kucing odd eye menjadi kucing yang istimewa di negara turki.


Keistimewaan kucing odd eye yang dianggap unik juga menarik perhatian para breeder kucing entah itu breeder kucing Persia, breeder kucing munchkin dan breeder kucing lainnya. Para breeder ingin menjadikan kucing odd eyes sebagai pejantan atau indukan supaya anak dari kucing tersebut juga menjadi odd eye. Alhasil sudah ada beberapa kucing hasil persilangan dari kucing odd eye yang anaknya juga memiliki mata odd eye seperti salah satu induknya.

Dalam pencarian informasi tentang kucing odd eye banyak yang menyebutkan bahwa Muezza merupakan salah satu kucing dengan mata odd eye. Muezza merupakan kucing peliharaan Nabi Muhammad SAW, diceritakan bahwa muezza adalah seekor kucing berwarna putih dengan mata odd eye berwarna hijau dan biru laut.

Cerita mengenai muezza inilah yang membuat banyak orang ingin memlihara kucing sebagai hewan peliharaan dirumah entah itu kucing odd eye ataupun kucing ras lainnya. Apakah kalian ingin juga memelihara kucing seperti muezza? Demikian mengenai mata odd eye kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.
LihatTutupKomentar