-->

Mengenal Kucing Sphynx, Kucing Gundul yang Manja

Kucing sphynx merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki ciri khusus yang unik, berbeda dengan kucing pada umumnya yang memiliki bulu  yang tebal pada tubuhnya dan terlihat lucu serta menggemaskan. Kucing sphynx adalah kucing tanpa bulu yang menarik para penghobi kucing untuk memeliharanya, di Indonesia kucing sphynx merupakan salah satu ras kucing favorit untuk dipelihara.

Pada awalnya di Indonesia banyak yang tidak mengetahui kucing sphynx, karena memang ciri fisik kucing sphynx sangat berbeda dengan kucing ras lainnya. Kucing sphynx merupakan kucing yang eksotis karenanya tidak semua orang menyukai kucing ini, banyak yang suka dengan kucing yang unik ini namun banyak juga yang tidak suka karena takut, dan bahkan ada yang merasa jijik.

Mutasi genetik merupakan penyebab kucing Sphynx menjadi kucing tanpa bulu,meskipun kucing sphynx terlihat tanpa bulu atau gundul. Kucing sphynx sebenarnya mempunyai bulu halus yang tumbuh ditubuhnya namun bulu kucing sphynx sangat lembut hanya bisa dirasakan saat memegang tubuh kucing sphynx,ada beberapa bagian bulu yang terlihat ketika melihat kucing sphynx lebih dekat yaitu pada bagian telinga dan ekor kucing sphynx.

Kucing Sphynx Gundul

Awal kepopuleran kucing sphynx di Indonesia dimulai dari kucing sphynx raditya dika yang bernama Ping,melalui akun sosial medianya Raditya Dika memperlihatkan kucing sphynx miliknya dan beberapa video vlog mengenai kucing sphynx di youtube miliknya. Dimulai dari itulah banyak orang ingin memelihara kucing sphynx dan mulai banyak breeder kucing juga mulai memelihara kucing sphynx.

Kepopuleran kucing sphynx di Indonesia sampai bisa membuat munculnya kucing sphynx palsu yang membuat heboh karena masuk kedalam kasus penipuan. Kucing sphynx palsu ini merupakan kucing domestik yang bulunya dicukur habis sampai menyerupai kucing sphynx yang gundul, lalu kucing sphynx palsu ini dilepas adop dengan mahar yang murah kepada seseorang yang kemudian bulunya kembali tumbuh sehingga terungkap bahwa kucing sphynx palsu ini adalah kucing domestik yang digunduli bulunya dan membuat ini menjadi kasus penipuan.


Sphynx merupakan nama sebuah patung yang berada di mesir, meski nama sphynx dari mesir namun kucing sphynx bukanlah kucing dari mesir melainkan asal kucing sphynx dari Kanada. Dikatakan Kucing sphynx dahulu bernama Canadian hairless dan merupakan keturunan kucing lokal yang berasal dari kanada.

Asal Usul Kucing Sphynx

Menurut beberapa informasi sejarah kucing sphynx dari penelusuran, awalnya sejarah kucing spynx berawal dari kanada itulah kenapa banyak yang mengatakan kucing sphynx berasal dari kanada. Berawal dari kucing lokal berbulu pendek dari kanada yang melahirkan anak kucing tanpa bulu, akhirnya pengembangan kucing tanpa bulu pun dimulai dengan menyebut kucing tanpa bulu adalah kucing Canadian Hairless. Tidak begitu lama kemudian organisasi kucing Cat Fanciers Association atau CFA menetapkan bahwa gen tanpa bulu dari kucing ini bersifat mematikan dan akhirnya membuat kucing tanpa bulu punah pada saat itu.

Pada tahun 70an ada dua orang yang memiliki kucing tanpa bulu yang lahir dari kucing normal dan diberi nama Jezabelle. Kedua orang ini bernama Milt dan Ethelyn  dan berasal dari Minnesota. Pada tahun selanjutnya lahirlah dua anak kucing tanpa bulu lagi dan diberi nama Dermis dan Epidermis lalu kedua kucing tanpa bulu ini diadopsi oleh breeder kucing bernama Kim Mueske yang berasal dari Oregon.

Selain itu ada breeder kucing dari Minnesota yang bernama Georgiana Gattenby juga ikut mengembangkan kucing tanpa bulu dari induk bernama Pearson.Kemudian kucing tanpa  bulu ini disilangkan dengan kucing Devon rex lalu anak kucing tanpa bulu ini melahirkan kembali kucing tak berbulu dan dari penelitian anak kucing tanpa bulu ini terbukti sehat lalu diberikan lah nama Sphynx pada kucing ini.

Kembali lagi ke Kanada, di kanada ada induk kucing tanpa bulu bernama Bambi, Bambi mempunyai dua anak kucing tak berbulu bernama Punkie dan juga Paloma. Kucing tanpa bulu ini adalah milik breeder kucing bernama Shirley Smith, pada proses pengembangan nya anak dari bambi dikirimkan kepada seorang dokter di belanda bernama Dr. Hernandez untuk dikembangkan dan kedua kucing bernama Paloma dan Punkie pun disilangkan dengan kucing devon rex kembali.

Sejarah kucing sphynx inilah yang memulai kucing sphynx yang ada didunia sekarang ini. Dikatakan bahwa anak kucing tanpa bulu dari Punkie, Paloma dan Pearson (Dermis dan Epidermis) merupakan nenek moyang ras kucing sphynx yang sudah ada sekarang.

Fisik Kucing Sphynx


Ciri Kucing Sphynx

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kucing sphynx memang merupakan kucing hairless dan dikatakan dengan kucing tak berbulu namun kucing sphynx bukannya sama sekali tidak memiliki bulu. Bulu kucing sphynx sangat halus dan lembut jadi ketika tidak dari dekat kucing sphynx akan terlihat tidak memiliki bulu atau gundul, namun jika dilihat dari dekat atau dipegang maka kalian akan tahu bahwa ada bulu yang tumbuh pada beberapa bagian tubuh kucing sphynx seperti telinga dan ekor.

Kucing sphynx cenderung memiliki tubuh yang ramping dengan ekor yang meruncing karena memang terlihat begitu dengan tidak adanya bulu.Namun ketika kalian memberikan nutrisi yang cukup dengan tujuan menggemukkan kucing maka kucing sphynx juga bisa memiliki tubuh yang besar dan berisi.

Warna standar pada kucing sphynx adalah creampoint tapi ada juga warna lain pada kucing sphynx seperti bicolor,tabby dan juga tortie. Mata kucing sphynx terlihat lebar dan cerah,pada bagian telinga sedikit lebih lebar dari kucing pada umumnya. Berat badan kucing sphynx sangat bervariasi pada usia remaja sekitar 2-3 kg dan bisa mencapai 5 kg atau bahkan lebih ketika dewasa.

Karakter dan Sifat Kucing Sphynx


Karakter Kucing Sphynx

Mungkin banyak yang mengira kucing sphynx merupakan kucing yang nakal jika dibandingkan dengan fisik dari kucing sphynx, namun kenyataanya adalah berbanding terbalik dengan fisiknya. Kucing sphynx merupakan kucing yang sangat manja dan suka berteman dengan pemiliknya atau kucing lainnya.

Kucing sphynx selain manja juga merupakan kucing yang aktif dan suka bermain, sangat suka melihat kucing sphynx yang berada diluar kandang karena jika didalam kandang kucing sphynx terlihat seperti kucing pendiam dan menyeramkan.

Ketika diluar kandang kucing sphynx selalu menghampiri orang yang ada didekatnya dan tidak asyik bermain sendiri seperti kucing lainnya, dia lebih suka bermain dengan orang yang selalu dia lihat (biasanya orang yang memberi makan) . Kucing sphynx juga merupakan kucing yang sangat bersahabat dengan kucing lainnya, spynx sangat ramah,manja dan lembut.

Perawatan Kucing Sphynx


Perawatan Kucing Sphynx

Kucing sphynx yang tidak berbulu memiliki fisik yang berbeda dengan kucing lainnya namun dalam hal perawatan tidak begitu memiliki perbedaan yang besar. Cara merawat kucing sphynx hanya berbeda dalam perawatan tubuhnya,karena kucing sphynx merupakan kucing hairless maka tubuh kucing sphynx sangat mudah berminyak.

Pada umumnya memandikan kucing bisa dilakukan dengan jarak waktu yang agak lama namun berbeda dengan kucing sphynx,mungkin banyak orang yang berfikir bahwa perawatan kucing sphynx akan lebih mudah karena tidak memiliki bulu namun pada kenyataanya tidak begitu. Tubuh kucing sphynx yang mudah berminyak ini akan membuat tubuh kucing sphynx lebih mudah kotor daripada kucing lainnya, untuk itu kita harus memberikan perawatan berlebih terutama untuk tubuhnya.


Perawatan kucing sphynx untuk tubuhnya yang paling sederhana dengan membersihkan tubuhnya dengan kain basah secara menyeluruh, ketika pertama kali membersihkan kalian akan kaget melihat kotoran yang berada pada kain yang kalian gunakan. Karena kulit kucing sphynx sangat sensitive maka kalian bisa menggunakan air biasa atau dengan mencampurkan shampo kitten supaya tidak iritasi dan wangi.

Bagi yang mempunyai waktu berlebih, kalian bisa memandikan kucing sphynx setidaknya 2 kali seminggu supaya badan kucing sphynx akan terlihat bersih dan tidak ada iritasi akibat kandang atau kotoran sekitar yang menempel pada badan kucing sphynx.

Berikan kain pada kandang kucing sphynx bagi yang mempunyai kucing banyak dan tidak mempunyai banyak waktu untuk memandikan, kalian bisa menggunakan kain atau karpet (tidak perlu terlalu besar) untuk kucing sphynx membersihkan tubuhnya sendiri, dengan menggunakan kain atau karpet tubuh kucing sphynx akan lebih bersih tanpa dibersihkan namun tidak dengan wajah dan juga leher. Untuk itu gunakan tisu dengan air setiap hari untuk membersihkan leher dan wajah kucing sphynx ketika membersihkan kandang setiap hari. Ganti kain atau karpet 5-7 hari sekali atau ketika terlihat kotor, ini akan lebih menghemat waktu bagi kalian.

Selain badan jangan lupa melihat semua bagian tubuh kucing sphynx karena tubuh yang berminyak ini semua bagian tubuh kucing spynx akan mudah kotor. Bersihkan bagian kaki dan juga telinga kucing sphynx ketika terlihat kotor, dengan begitu kucing sphynx akan selalu terlihat bersih dan semakin eksotis.

Harga Kucing Sphynx


Harga Kucing Sphynx

Ketika pertama kali masuk ke Indonesia harga kucing sphynx sangat mahal atau tinggi karena hanya beberapa breeder yang mengimport kucing sphynx dari luar negeri. Harga kucing sphynx lebih dari 20 juta pada awal kucing sphynx ada di Indonesia, namun karena masih banyak yang belum tahu dan kurang populer maka belum banyak yang berminat dengan kucing eksotis yang satu ini.

Pada tahun 2015 ketika kucing sphynx raditya dika mulai muncul di sosial media dan beberapa channel youtube, kucing sphynx mulai populer dan banyak orang ingin memelihara kucing eksotis ini. Pada masa kepopulerannya harga pasaran kucing sphynx masih mahal karena belum banyak breeder kucing yang memilikinya.

Setelahnya kucing sphynx sudah mulai banyak dimiliki oleh breeder kucing dan diadopsi oleh banyak orang sehingga sudah banyak kucing sphynx murah daripada harga awal karena orang luar yang mengadopsi tidak bisa mengeluarkan sertifikat atau PED karena kebanyakan dari mereka bukanlah cattery.

Beberapa tahun belakangan ini sangat banyak yang sudah memiliki kucing sphynx dengan tujuan croosbreed atau disilangkan dengan kucing munchkin atau ras lain. Harga kucing sphynx saat ini mungkin berkisar antara 7 juta sampai dengan 10 juta keatas tergantung kualitas kucing sphynx dan kebijakan breeder kucing sphynx sendiri. Tentunya harga kucing sphynx murah jika dibandingkan dengan ketika pertama kali datang di Indonesia. Bagi kalian yang berminat mengadopsi kucing sphynx yang eksotis ini silahkan mencari breeder kucing sphynx di sekitar tempat tinggal kalian.

Demikian mengenai kucing gundul yang eksotis dan unik yaitu kucing sphynx, semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar