-->

Omega 3 dan Omega 6 untuk Kucing

Kesehatan bulu kucing merupakan hal yang paling dikhawatirkan oleh kebanyakan pemilik kucing, terbukti banyak sekali pertanyaan mengenai cara menjaga kesehatan bulu kucing supaya tidak mengalami kerontokan dan sebagainya. Pada dasarnya selain memandikan kucing (grooming) kesehatan bulu kucing juga tergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh kucing itu sendiri, beberapa ahli mengatakan bahwa jika bulu kucing terlihat tidak terawat maka pertanyaan pertama yang wajib ditanyakan adalah pola makan pada kucing tersebut.

Hal yang menentukan kesehatan bulu kucing yang paling pertama adalah makanan untuk kucing, sebagai pemilik kucing kita harus jeli dalam memilih makanan kucing yang akan diberikan untuk kucing kesayangan dirumah. Tanpa nutrisi yang cukup maka bulu kucing akan sering bermasalah dan kucing akan lebih rentan terkena virus atau penyakit, jadi kita harus mengenali nutrisi yang terkandung dalam makanan kucing dan juga nutrisi yang dibutuhkan bulu kucing supaya tetap sehat.

Omega 3 Kucing

Asam lemak omega 3 dan juga omega 6 sangat berperan penting untuk kesehatan bulu kucing kita, omega 3 dan 6 untuk kucing berfungsi menjaga masalah peradangan pada kulit kucing yang berarti jika peradangan kulit kucing teratasi maka otomatis bulu kucing akan menjadi lebih sehat, selain itu omega 3 juga membuat bulu kucing menjadi lebih indah dan bagus untuk pertumbuhan bulu dan cakar kucing.

Omega 3 dan omega 6 pada kucing merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan kucing untuk menunjang perkembangan pada otak, mata, kesehatan jantung dan juga daya tahan tubuh kucing. Sifat dari omega 3 dan omega 6 sendiri merupakan anti radang, anti penggumpalan darah serta bisa membantu pembentukan sel darah kucing.


Asam lemak esensial sendiri adalah sebutan untuk asam lemak yang tidak bisa dibuat sendiri oleh kucing (pembuatannya tidak mencukupi kebutuhan minimal yang diperlukan) karena enzim yang bersangkutan kurang fungsional dalam mensintesis asam lemak tersebut, untuk itu pemberian makanan dengan kandungan omega 3 dan 6 sangat dibutuhkan oleh kucing untuk menunjang kebutuhan asam lemak pada tubuhnya.

Kebanyakan ikan laut seperti salmon, sarden dan tenggiri memiliki kandungan asam lemak omega 3 pada tubuhnya, sedangkan susu, telur dan juga daging mengandung omega 6. Kebutuhan omega 3 dan omega 6 untuk anak kucing harus lebih diperhatikan karena nutrisi untuk perkambangan dan pertumbuhan harus diberikan sebaik mungkin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Daging ikan salmon merupakan pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan omega 3 dan omega 6 untuk kucing, karena pada ikan salmon protein yang dikandung cukup tinggi. Kandungan omega 3 dan juga omega 6 pada ikan salmon sangatlah tinggi dan tentunya baik untuk kesehatan otak, daya tahan tubuh dan tentunya bulu kucing. Selain omega 3 dan 6 pada ikan salmon masih banyak sekali nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kucing yaitu B6, selenium, sodium, potasium, klorida dan juga vitamin b12. B6 dan juga selenium berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh kucing dan peningkat hormon pertumbuhan, sedangkan sodium, potassium dan klorida berguna untuk fungsi sel tubuh kucing, mengatur asam basa serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh kucing, yang terakhir vitamin b12 sangat baik untuk pencegahan kucing terkena anemia.

Banyak sekali makanan yang bagus untuk kucing peliharaan kita, namun kita juga harus pintar dalam memilih serta memperhatikan kebutuhan kucing kita sendiri. Pemberian vitamin juga harus dilakukan karena makanan saja tidak akan cukup bila tanpa dibantu dengan asupan nutrisi tambahan, tentunya kita pasti tidak mau jika kucing kita tumbuh namun tidak berkembang.

Selalu perhatikan kebutuhan nutrisi kucing kalian supaya kucing tumbuh dengan maksimal dan juga sehat, selain itu jika nutrisi kucing terpenuhi kucing akan mempunyai daya tahan tubuh yang bagus ehingga tidak akan mudah sakit atau terkena virus. Demikian mengenai omega 3 dan omega 6 untuk kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.
LihatTutupKomentar