-->

Vitamin Minyak Ikan untuk Kucing

Mempunyai kucing peliharaan yang sehat dan lucu tentunya merupakan keinginan semua para pemilik kucing, tentunya hal ini akan terwujud jika kita melakukan perawatan kucing dengan maksimal dan tidak asal asalan. Pemberian vitamin untuk kucing adalah salah satu penunjang dalam proses merawat kucing, supaya kucing peliharaan menjadi sehat dan juga terawat.

Memberikan vitamin untuk kucing pada dasarnya berguna untuk membantu mencukupi nutrisi pada kucing, ketika kebutuhan nutrisi kucing terpenuhi maka kucing bisa dipastikan akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Minyak Ikan Manusia untuk Kucing

Salah satu vitamin kucing yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak dengan harga yang murah adalah minyak ikan. Omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan sangat bagus untuk menunjang kesehatan kucing mulai dari kulit, bulu, mata dan lainnya.

Banyak sekali manfaat omega 3 untuk kucing selain yang sudah disebutkan diatas,EPA dan DHA merupakan 2 asam lemak dari omega 3 yang sangat membantu peranan dalam tubuh kucing. Asam Lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh kucing dengan sendirinya, jadi harus diberikan dari luar melalui pemberian vitamin atau makanan.

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

Memberikan minyak ikan untuk kucing secara rutin akan memberikan manfaat yang besar untuk kucing peliharaan, selengkapnya silahkan simak manfaat minyak ikan dibawah ini.

Menambah Daya Tahan Tubuh Kucing

Salah satu manfaat omega 3 untuk kucing adalah membantu menyerap nutrisi dengan lebih maksimal dari makanan yang diberikan, hal ini membuat daya tahan tubuh kucing meningkat. Kucing dengan daya tahan tubuh yang baik tentu bisa melawan beberapa penyakit ringan  atau bahkan bisa terhindar dari virus.

Membuat Bulu Kucing Lebih Sehat

Kucing yang kekurangan asam lemak esensial akan cenderung memiliki bulu yang kurang sehat,terlihat memudar, kusam dan juga mudah mengalami kerontokan. Pemberian minyak ikan pada kucing secara teratur akan membuat banyak manfaat untuk bulu kucing.

Kucing dengan bulu yang sehat akan jarang memuntahkan hairball (muntah bulu pada kucing) karena bulu kucing yang sehat tidak akan mudah rontok,terlihat lebih terang,mengembang dan juga bebas dari ketombe kucing.

Menghilangkan Gatal dan Radang pada Kulit Kucing

Kalian pasti sering melihat kucing menggaruk beberapa bagian tubuhnya seperti kepala, badan dan juga bagian lainnya. Kucing yang menggaruk badannya secara berlebihan biasanya karena terasa gatal atau terjadi peradangan pada kulit kucing. 


Memberikan minyak ikan bisa membuat kulit kucing menjadi lebih sehat dan juga menghilangkan kebiasaan kucing menggaruk secara berlebihan. Selain membuat bulu kucing lebih sehat minyak ikan juga membuat kulit kucing bebas dari masalah kulit.

Membuat Mata Kucing Lebih Sehat

DHA pada minyak ikan sangat penting untuk kebutuhan kucing terutama anak kucing karena pada anak kucing DHA membantu perkembangan pada jaringan otak dan juga retina pada matanya.

Dengan memberikan minyak ikan pada anak kucing maka akan membuat mata kucing kesayangan kita lebih sehat hingga kucing dewasa.

Memperkuat Sendi pada Kucing

Omega 3 pada minyak ikan bisa membantu kucing untuk memperkuat persendian kucing sehingga kucing akan terhindar dari nyeri sendi. Nyeri sendi pada kucing biasanya terjadi ketika kucing sudah mulai tua atau bisa juga disebabkan oleh virus

Menjaga Kesehatan Ginjal pada Kucing

Minyak ikan bisa membuat kesehatan ginjal kucing lebih terjaga namun tidak hanya itu saja, jika kucing sudah memiliki masalah dengan ginjalnya dan sedang dalam masa penyembuhan maka pemberian minyak ikan bisa mempercepat proses pemulihan kucing tersebut.

Mencegah Perkembangan Sel Kanker pada Kucing

Selain manusia ternyata kucing juga bisa terkena kanker, meskipun jarang terjadi namun hal ini perlu untuk diantisipasi. Kanker pada kucing bisa dicegah atau dikurangi dengan memberikan minyak ikan secara teratur pada kucing peliharaan kita.

Menjaga Keseimbangan Kadar Kolesterol pada Kucing

Pemberian minyak ikan pada kucing bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh kucing dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat. Seperti yang kalian tahu bahwa jika kadar kolesterol jahat terlalu tinggi itu merupakan hal yang tidak baik karena maka bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Sebagai Penyeimbang Tubuh Kucing

Memberikan minyak ikan tentu akan membuat kebutuhan omega 3 pada kucing menjadi terpenuhi, sehingga membuat kucing menjadi lebih sehat. Namun hal ini juga dilakukan untuk membuat tingkat omega 3 seimbang dengan omega 6 pada tubuh kucing, karena jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan masalah pada kesehatan kucing itu sendiri.

Mungkin masih banyak manfaat minyak ikan untuk kucing yang belum disebutkan, namun yang jelas adalah peranan omega 3 pada minyak ikan sangat bagus untuk kesehatan kucing dan membuat kucing terhindar dari berbagai macam penyakit.

Apakah Minyak Ikan untuk Kucing di Apotik ada?

Minyak ikan selain tersedia di pershop juga tersedia di apotik, minyak ikan di apotik mungkin lebih banyak jenisnya daripada di petshop dan juga dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal.

Umumnya ada dua jenis minyak ikan di apotik yaitu cair dan juga padat,supaya lebih jelas kalian bisa menanyakan kepada petugas apotik minyak ikan apa yang bagus untuk kucing kesayangan kalian.

Harga Minyak Ikan untuk Kucing


Minyak Ikan untuk Anak Kucing

Minyak ikan bisa dibeli dengan harga yang murah namun ada juga minyak ikan dengan harga yang lumayan mahal. Umumnya minyak ikan ada dua jenis yaitu cair dan padat, harga minyak ikan cair dan padat juga berbeda.
  • Harga minyak ikan eceran mulai dari 2.000 (biasanya dengan plastik klip kecil dengan isi 10 butir)
  • Harga minyak ikan 1 plastik isi 500 mulai dari 40.000 sampai 50.000
  • Harga minyak ikan petshop mulai dari 20.000 sampai 60.000 (biasanya dengan kemasan botol yang berisi 60 butir dengan merk tertentu)
  • Harga minyak ikan cair kemasan kecil mulai dari 15.000 sampai 60.000
  • Harga minyak ikan cair branded mulai dari 60.000 sampai 300.000 keatas.
Harga minyak ikan sangat bervariasi karena banyak merk yang mengeluarkan produk minyak ikan,namun umumnya kandungan di dalam minyak ikan hampir sama untuk semua produk.

Dosis Minyak Ikan untuk Kucing


Minyak Ikan Kucing Persia


Pemberian minyak ikan untuk kucing bisa digunakan untuk penunjang nutrisi kucing dan juga perawatan untuk kucing. Untuk penunjang perawatan berikan minyak ikan untuk kucing cukup 1 hari satu kali pada pagi hari atau sore hari, bisa juga diberikan 2 atau 3 hari sekali dengan melihat kucing milik kalian.

Untuk perawatan kucing bisa diberikan dosis sedikit lebih banyak, misalnya untuk kucing yang kulitnya alergi atau bulunya sedang mengalami kerontokan berikan 2 kali dalam 1 hari pada pagi dan juga sore hari atau ketika kalian memberikan makan pada kucing kalian.


Perhatikan perkembangan kucing kalian pada 1 bulan pertama, ketika ada perkembangan bagus maka gunakan dosis yang telah diberikan sebelumnya namun kalau dirasa kurang kalian bisa menambah dosis pemberian minyak ikan untuk kucing. Jangan memberikan terlalu berlebihan karena meski vitamin jika diberikan secara berlebihan bisa berakibat buruk untuk kucing.

Rekomendasi Minyak Ikan untuk Kucing

Bagi kalian yang tidak mau ribet dalam pemberian minyak ikan untuk kucing bisa menggunakan minyak ikan padat atau butiran. Berikan pada makanan kucing secara utuh atau bisa dipecah terlebih dahulu lalu dicampur secara merata, bisa juga dengan menggunakan tangan secara langsung lalu dimasukkan ke dalam mulut kucing atau juga bisa menggunakan pelontar pil untuk memasukkan ke dalam mulut kucing.

Minyak ikan padat atau butiran adalah rekomendasi minyak ikan untuk yang masih awal dalam memelihara kucing karena pemberiannya mudah bisa dicampurkan melalui makanan atau minum kucing secara langsung.

Untuk minyak ikan cair bisa diberikan dengan spuit ke dalam mulut kucing, berikan 1ml setiap kali memberi makan pada kucing dan lihat perkembangan kucing kalian. Minyak ikan cair adalah rekomendasi untuk kalian yang sudah sering menyuapi kucing peliharaan.

Untuk yang sering membawa kucing ke vet atau drh kalian bisa melakukan konsultasi pemberian minyak ikan untuk kucing yang tepat dengan melihat kucing kalian, dosis yang tepat akan membuat perkembangan kucing menjadi lebih optimal. 

Lakukanlah perawatan dengan benar dan berikan kasih sayang maka kucing akan berkembang sesuai dengan keinginan kalian. Demikian mengenai minyak ikan untuk kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.
LihatTutupKomentar