-->

Berat Badan Ideal Kucing Peliharaan

Bagi sebagian besar orang yang memelihara kucing pasti menginginkan kucing peliharaannya memiliki berat badan yang ideal, tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Meski kucing yang memiliki berat badan berlebih terlihat lebih menarik karena badannya yang besar namun belum tentu kesehatan kucing tersebut juga baik.


Sebaliknya, kucing yang kurus atau kekurangan berat badan juga bisa mengalami beberapa masalah kesehatan dan juga kurang pantas jika dilihat oleh orang karena kucing yang kurus terlihat seperti kucing yang tidak terawat. Dengan menghubungkan kedua hal tersebut maka kita sebaiknya harus tahu berat badan yang ideal untuk kucing peliharaan kita supaya kucing terlihat menarik dan juga sehat.


Berat Badan pada Kucing

Penurunan berat badan kucing dan juga bertambahnya berat badan kucing bisa terjadi secara perlahan dan juga cepat tergantung kita sebagai pemilik kucing itu sendiri. Efek kesehatan pada berat badan kucing juga perlu kita perhatikan, ketika kucing memiliki berat badan yang ideal pasti juga akan memiliki efek jangka panjang yang bagus untuk kesehatannya.


Kalian sebagai pemilik kucing harus bisa menilai apakah berat badan kucing kalian saat ini sudah ideal, berlebih atau masih kurang. Jika kalian masih merasa bermasalah dengan berat badan kucing kalian saat ini, maka kalian harus memperhatikan beberapa hal yang perlu diketahui mengenai berat badan kucing.. 


Berat badan kucing cenderung bisa naik dan juga turun berdasarkan kondisi kucing, selain itu ada juga beberapa ras kucing yang sering mengalami kenaikan berat badan karena pola hidupnya. Untuk itu kita harus mengetahui beberapa kucing yang cenderung mengalami kenaikan berat badan, inilah beberapa alasan tersebut :


Kucing yang Sudah Tua

Kucing yang sudah menginjak usia lanjut akan cenderung mengalami kenaikan berat badan karena aktivitas dari kucing ini sudah banyak berkurang dari pada dulu, biasanya kucing yang mengalami hal ini adalah kucing yang sudah menginjak usia 5 sampai dengan 10 tahun.


Kucing yang Steril

Sterilisasi kucing (Terutama kucing Jantan) biasanya dilakukan untuk menjaga populasi kucing, namun selain itu juga bisa menyebabkan kucing menjadi lebih sehat karena tidak mudah stress, tidak suka berkeliaran, lebih suka makan dan lainnya. Dengan efek tersebut sterilisasi akan beresiko memicu kucing untuk mengalami berat badan dengan lebih cepat dari biasanya.


Kucing yang Makan Berlebihan
Kucing memang seringkali mengeluarkan suara setiap saat apalagi ketika sudah waktunya makan atau dia merasa lapar, biasanya ketika sudah diberi makan kucing akan tetap mengeluarkan suara yang membuat kesan bahwa dia masih merasa lapar.

Hal ini seringkali membuat pemilik kucing salah paham dan memberikan makan kembali pada kucing tersebut, ketika hal ini dilakukan apalagi setiap hari maka hampir bisa dipastikan kucing akan mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu memahami takaran makan kucing juga diperlukan karena kucing akan tetap berteriak meski kalian memberinya makan berkali kali.


Ras Kucing Tertentu

Beberapa ras kucing juga memiliki kebiasaan yang membuat mereka lebih gampang gemuk dari ras kucing lainnya. Hal tersebut disebabkan karena karakter kucing yang malas dan jarang bergerak, ketika kucing jarang bergerak dan hanya tidur maka berat badan kucing tesebut akan lebih cepat naik karena kucing kekurangan aktifitas. Beberapa ras kucing yang mudah mengalami berat badan adalah Kucing Persia dan Kucing British Shorthair.


Kucing Rumahan

Kucing rumahan adalah kucing yang dipelihara didalam rumah dan jarang melakukan kegiatan seperti kucing pada umumnya, hal ini kurang lebih hampir sama dengan ras kucing tertentu diatas. Kucing yang dipelihara didalam rumah dan diberikan akses terbatas bisa membuat kucing kurang aktivitas dan olehraga, tentunya hal ini akan menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih cepat daripada kucing pada umumnya.


Cara Memeriksa Berat Badan Kucing Peliharaan

Banyak hal yang mempengaruhi berat badan pada kucing peliharaan seperti ras kucing, usia dan beberapa alasan lain seperti yang sudah disebutkan diatas. Ketika kita menimbang berat badan kucing dan mengetahui hasilnya, berat tersebut mungkin tidak bisa digunakan sebagai acuan berat badan kucing yang ideal.


Kucing Kelebihan Berat Badan


Berat badan kucing ideal akan sulit jika ditentukan oleh berapa kilogram (kg) berat badan kucing kalian, karena setiap kucing memiliki kebiasaan yang berbeda dan beberapa faktor lainnya. Dengan adanya hal tersebut maka kalian bisa menentukan berat badan kucing yang ideal melalui bentuk tubuhnya dan juga beberapa hal lainnya.


Baca Juga : Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing


Pertama kalian bisa mulai melihat tubuh kucing kalian dari atas, perhatikan bagian tulang tengah pada punggung kucing kalian. ketika kalian melihat adanya celah samping masuk kedalam dan perbedaan pada bagian perut dan dada maka kucing kalian kekurangan berat badan dan sebaliknya jika kelebihan berat badan.


Meraba kucing kalian juga bisa menentukan apakah kucing memiliki berat badan yang sehat atau tidak. Rabalah bagian tulang rusuk kucing dan coba untuk menghitungnya, rabalah juga bagian tulang punggung kucing, dan juga bagian perut kucing kalian. Dengan melakukan hal tersebut kalian juga bisa menentukan apakah kucing kalian memiliki berat badan yang ideal atau tidak.


Ketika kalian meraba bagian tulang rusuk kucing dan dapat merasakan atau menghitung tulang rusuk kucing namun tulang rusuk tidak terlihat dari luar maka kucing kalian memiliki berat badan ideal


Ketika kalian meraba bagian tulang rusuk kucing, dapat merasakan namun tidak bisa  menghitung tulang rusuk tersebut maka kucing kalian memiliki berat badan yang berlebih.


Ketika kalian meraba bagian tulang rusuk kucing dan tidak dapat merasakan serta tidak bisa menghitung tulang rusuk tersebut maka kucing kalian obesitas.


Ketika kucing kalian memiliki berat badan yang berlebihan maka kalian bisa melakukan beberapa perawatan dimulai dengan pengurangan makan serta aktifitas tambahan untuk kucing, selain itu kalian juga bisa membawa kucing ke vet atau drh untuk pemeriksaan kesehatan terkait berat badan kucing.


Apabila kucing memiliki berat badan yang ideal maka kucing tersebut akan lebih memiliki kesehatan yang lebih bagus, untuk itu mengajak kucing bermain juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan supaya kucing kalian memiliki aktivitas dan bisa terhindar dari naiknya berat badan yang berlebihan.


Jagalah pola makan dan pola hidup kucing, kalian juga harus mengetahui berat badan yang baik dan berat badan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan kucing. Selalu bersabar dan berikan yang terbaik untuk kucing kalian. Demikian mengenai berat badan yang ideal untuk kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar