-->

Biaya Memelihara Kucing Peliharaan

Ketika memutuskan untuk memelihara kucing kita pasti akan dihadapkan dengan segala kebutuhan kucing mulai dari makanan, perawatan pengobatan dan juga berbagai keperluan kucing lainnya. Hal ini juga merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang yang berkeinginan untuk memelihara kucing namun belum memutuskannya karena takut jika biaya memelihara kucing itu mahal.


Mengadopsi kucing mungkin tidak memerlukan biaya yang terlalu besar jika kita tidak memilih ras kucing dengan harga mahal, kebanyakan pemula seringkali memelihara kucing kampung untuk belajar cara merawat kucing dengan benar. Selanjutnya kemungkian besar orang akan memelihara kucing Persia medium karena mulai tertarik dengan kucing berbulu panjang yang juga banyak digemari orang.


Biaya Merawat Kucing Persia


Memelihara kucing selain membutuhkan beberapa biaya yang harus dipertimbangkan juga harus memiliki tanggung jawab serta kesabaran yang ekstra, karena dalam memelihara kucing kita akan sering dihadapkan dengan penyakit kucing, virus kucing dan berbagai permasalahan dalam memelihara kucing lainnya.


Pertama kali membawa kucing kerumah kalian maka tentu saja hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan kucing, makanan kucing, serta juga perlengkapan untuk kucing tersebut. Inilah beberapa biaya untuk memelihara kucing peliharaan dirumah yang harus dikeluarkan.


Biaya Perawatan Kucing Peliharaan

Biaya Kesehatan Kucing

Vaksinasi pada kucing merupakan hal awal yang harus dipertimbangkan dalam memelihara kucing karena dengan melakukan vaksinasi pada kucing maka kucing kita akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga kucing tidak mudah sakit dan juga terjangkit virus yang berbahaya.


Baca Juga : Pentingnya Vaksinasi untuk Kucing


Vaksinasi tahap pertama disarankan untuk diberikan pada kucing pada minggu pertama kucing berada dirumah. Umumnya vaksinasi harus diberikan sebanyak dua kali, yaitu vaksin awal dan juga vaksin booster kucing. Selain kedua vaksin tersebut kita juga bisa memberikan vaksin rabies untuk kucing kita untuk mencegah rabies karena rabies merupakan salah satu penyakit kucing yang berbahaya untuk manusia.


Mensteril kucing juga merupakan salah satu hal yang dapat dipertimbangkan dalam memelihara kucing karena dengan melakukan pensterilan pada kucing kita bisa mencegah kehamilan kucing yang tidak direncanakan dan membuat overpopulasi pada kucing kita. Selain mencegah kehamilan tak terduga pada kucing, steril pada kucing juga mengurangi resiko kucing untuk terkena masalah kesehatan lain.


Biaya vaksin dan juga steril kucing bisa berbeda beda pada setiap kota, umumnya biaya vaksin kucing adalah sekitar 200 ribu dan biaya untuk steril kucing bisa diatas biaya vaksin kucing, untuk lebih jelasnya dan tidak memakai perkiraan maka kalian bisa konsultasi dengan vet atau drh terdekat di kota kalian.


Biaya Bulanan Kucing 

Biaya bulanan kucing merupakan biaya dalam hal makan, obat kucing (kutu dan lainnya) serta perlengkapan kucing yang bisa habis seperti pasir kucing dan lainnya. Biaya keseharian kucing tidak memerlukan pengeluaran yang banyak apalagi jika kalian hanya memelihara satu kucing saja dirumah dan sudah memiliki perlengkapan kucing yang dibutuhkan seperti litter box, serokan kucing, kandang serta beberapa perlengkapan lain.


Biaya Bulanan Memelihara Kucing


Biaya makanan kucing bisa dihitung dari pemberian makan pada kucing, umumnya kucing diberikan makan 60gr sehari oleh kebanyakan pemilik kucing berarti dalam sebulan kita membutuhkan sekitar 1,8 kg makanan kucing kering untuk sebulan makan kucing. Dengan jumlah tersebut kalian pasti bisa menghitung biaya makan kucing dalam sebulan dengan menghitung harga makanan kucing yang kalian gunakan.


Selanjutnya adalah kebutuhan pasir kucing yang harus diberikan, jika kalian tidak ingin ribet tentunya pasti menggunakan pasir gumpal untuk kotoran kucing. Saya pribadi menggunakan pasir cuci, jadi selain lebih irit kita juga bisa memiliki waktu bersama kucing ketika membersihkan kucing setiap pagi hari. Harga pasir kucing sendiri berkisar antara 25 ribu untuk pasir cuci, tentunya ini bisa digunakan untuk waktu yang lama untuk sekali beli.


Biaya selanjutnya adalah biaya untuk mencegah kucing terkena kutu dan cacing, untuk mencegah hal tersebut kita harus memberikan obat kutu kucing dan juga obat cacing pada kucing kita supaya kucing tidak memiliki masalah pada kulit dan bulu serta pencernaan. Biaya ini juga hanya dikeluarkan sekali namun bisa untuk beberapa bulan kedepan, untuk harga obat cacing kucing dan kutu kalian bisa memastikan di petshop terdekat karena setiap obat memiliki merk dan harga berbeda pada tiap kota.


Biaya Perawatan Kucing

Dalam perawatan kucing kita sering dihadapkan dengan perawatan bulu dan juga kebutuhan tambahan untuk kucing supaya kucing menjadi lebih sehat dan terlihat terawat. Pemberian vitamin merupakan salah satu biaya perawatan untuk kucing yang harus dikeluarkan supaya kucing menjadi lebih sehat.


Vitamin kucing memiliki harga yang bervariasi mulai dari yang mahal sampai dengan yang murah, salah satu vitamin kucing yang murah dan bagus digunakan untuk kucing peliharaan adalah minyak ikan kucing. Kandungan minyak ikan sangat bagus untuk kucing kita, selain membuat bulu kucing menjadi lebih bagus minyak ikan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kucing.


Baca Juga : Minyak Ikan untuk Kucing


Perawatan lainnya yang perlu dilakukan adalah ketika kucing kita mendadak sakit, jika kucing sakit maka kita perlu memberikan obat untuk kucing tersebut. Tentu saja hal tersebut juga diberikan berdasarkan penyakit apa yang menyerang kucing kesayangan kita, misalkan kucing kita flu atau terkena jamur maka kita harus membeli obat flu kucing atau obat jamur kucing.


Menyediakan obat untuk penyakit yang umum menyerang kucing juga perlu kita lakukan supaya ketika kucing kita mengalami sakit kita tidak perlu untuk bingung karena kita sudah menyediakan obat tersebut. Harga vitamin dan juga obat untuk kucing sangat bervariasi namun bisa didapatkan dengan harga yang murah.


Biaya Lainnya untuk Kucing

Biaya lain untuk kucing merupakan biaya yang tidak wajib kita keluarkan karena pada dasarnya hanya merupakan pendukung untuk kucing kita, tentunya kalian tahu jika salah satu perilaku yang sering kucing lakukan adalah menggaruk dan mencakar. Perilaku tersebut merupakan perilaku alami bagi kucing namun hal ini sering membuat kita kerepotan dengan perilaku tersebut.


Kucing yang dilepaskan didalam rumah seringkali mencakar beberapa perabotan rumah dan bahkan bisa merusak sesuatu, hal ini bisa dikurangi dengan memberikan mainan cakaran untuk kucing kita. Cakaran untuk kucing diberikan untuk melatih kucing supaya tidak terlalu nakal dan tidak mencakar perabotan rumah, hal ini bersifat pendukung jadi kalian bisa memberikannya dan bisa tidak.


Memberikan kucing mainan juga bisa membantu kucing tidak mudah bosan dan menjadi lebih dekat dengan kita sebagai pemiliknya, selain itu mengajak kucing bermain juga merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan dalam merawat kucing.


Dalam perawatan kucing hal hal kecil bisa sangat membantu dan juga bervariasi, tentu saja hal tersebut juga tergantung dengan kucing rasa apa yang kalian pelihara. Dalam biaya perawatan kucing sebenarnya kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak, namun waktulah yang harus kita berikan untuk kucing peliharaan supaya kucing bisa lebih dekat, nyaman dan bahagia. Demikian mengenai biaya perawatan kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar