-->

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing yang tidak Nafsu Makan

Banyak sekali orang mengeluhkan mengenai nafsu makan kucing yang berkurang karena hal yang tidak diketahui, tentunya kalian juga mengetahui jika kucing yang tidak mau makan lebih dari 12 jam bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing jika daya tahan tubuh kucing sedang tidak bagus.


Penurunan nafsu makan kucing biasanya terlihat ketika kucing yang biasanya selalu menghabiskan makanan yang diberikan tiba tiba menjadi menyisakan makanan yang diberikan tersebut dan bahkan tidak memakannya sampai waktu makan selanjutnya. Penyebab nafsu makan kucing berkurang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kucing sedang sakit, kucing stress, kucing bosan, terjadi masalah pencernaan pada kucing dan beberapa hal lainnya.


Nafsu Makan Kucing


Asupan makanan untuk kucing merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan kucing, tentunya kita sebagai pemilik kucing akan merasa khawatir jika kucing kesayangan kita mendadak tidak mau makan makanan yang kita berikan untuknya. Untuk itu kalian harus mengetahui cara mengembalikan nafsu makan kucing yang tidak mau makan tersebut, inilah beberapa tips cara meningkatkan nafsu makan kucing yang bisa kalian coba dirumah.


Tips Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Memancing Nafsu Makan Kucing

Kucing yang mendadak tidak mau makan makanan yang biasanya diberikan pasti ada penyebabnya, hal ini saya pribadi juga seringkali mengalaminya. Kebiasaan kucing merupakan hal yang harus kita perhatikan, hal ini mungkin terlihat sepele namun sangat diperlukan. Kucing yang biasanya bisa menghabiskan makanan langsung saat kita berikan lalu menjadi tidak menghabiskan makanan tersebut, atau hanya dimakan sedikit saja lalu ditinggal.

Ketika hal itu terjadi pada kucing kalian cobalah untuk memberikan makanan basah pada kucing untuk memancing nafsu makan kucing supaya kembali seperti semula. Berikan makanan basah 2 sampai dengan 3 kali porsi makan lalu kembalikan makanan awal kucing kalian seperti semula. Ketika dalam pemberian makanan basah nafsu makan kucing kalian normal maka ketika dikembalikan ke makanan awal kemungkinan besar nafsu makan kucing sudah kembali seperti semula.

Berikan Campuran pada Makanan Kucing

Memberikan campuran makanan lain dalam makanan kucing juga menjadi salah satu cara memancing nafsu makan kucing untuk menjadi lebih suka dengan makanan awal yang diberikan. Ada kemungkinan kucing sedang bosan dengan makanan yang sering kalian berikan untuknya, untuk itu pencampuran makanan lain seperti makanan basah diperlukan untuk mengatasi hal tersebut.

Makanan basah yang dicampurkan dalam makanan awal digunakan untuk memancing nafsu makan kucing dengan bau, rasa dan bentuk. Ketika dihadapkan dengan bau yang berbeda kucing seringkali lebih bersemangat untuk makan apalagi dengan makanan basah, hal inilah yang kita manfaatkan untuk mengembalikan nafsu makan kucing kesayangan kita. Selain makanan basah kalian juga bisa menggunakan makanan kering lain sebagai campuran supaya kucing tertarik dengan makanan yang kalian berikan.

Mengganti Makanan Kucing

Kucing tidak menuntut kita untuk memberikan makanan kucing dengan harga yang mahal karena kucing tidak tahu mengenai harga makanan kucing :p. Terkadang makanan kucing yang murah malah lebih disukai oleh kucing karena memiliki bau yang lebih kuat dan menggoda untuk kucing, sebagai pemilik kucing kita juga harus mengetahui hal semacam ini.

Ketika kucing mulai tidak bersemangat untuk makan makanan yang lama maka cobalah untuk mengganti makanan kucing kalian dengan makanan lainnya. Karena kebanyakan menggunakan dry food sebagai makanan utama maka cobalah mencari merk makanan kering yang direkomendasikan dan bagus untuk kucing. Kebutuhan nutrisi kucing tentunya kalian yang lebih mengetahuinya, cobalah untuk membaca kemasan makanan yang akan kalian berikan dan pahami kandungan dalam makanan tersebut.

Seperti yang dikatakan diatas, kucing tidak menuntut kalian memberikan makanan kucing dengan harga yang mahal karena selain belum tentu kucing suka itu juga bisa membebani pemilik kucing itu sendiri. Jadi pilihlah makanan kucing sesuai dengan kemampuan kalian dan juga cocok dengan kucing kalian.

Memberikan Kucing Vitamin

Hal yang menyebabkan nafsu makan kucing menurun bisa dikarenakan kebutuhan tubuh kucing yang kurang terpenuhi untuk itu pemberian vitamin untuk kucing juga diperlukan untuk menutup kekurangan tersebut. Minyak ikan untuk kucing merupakan salah vitamin yang bagus untuk menutupi hal itu, selain harganya yang murah, kandungan yang terdapat dalam minyak ikan juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh kucing.


Kandungan omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan sangat berguna bagi tubuh kucing, tentunya selain menambah nafsu makan kegunaan lainnya juga meningkatkan daya tahan tubuh kucing, membantu proses penyembuhan kucing paska sakit, membuat bulu kucing lebih sehat dan lainnya.

Selain omega 3, kalian juga bisa memberikan vitamin B dan juga tambahan Taurine untuk kucing. Vitamin B untuk kucing berguna untuk menjaga nafsu makan kucing dan membantu dalam proses penggemukan kucing sedangkan Taurine merupakan asam amino yang harus tercukupi oleh kucing. 


Ketika kebutuhan taurine untuk kucing tidak terpenuhi maka kucing bisa mengalami penurunan nafsu makan, fungsi taurine tidak berbeda jauh dengan vitamin lainnya yaitu menambah dan menjaga nafsu makan pada kucing serta beberapa fungsi lain untuk kesehatan.

Mengajak Kucing Bermain

Mengajak kucing kalian bermain merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan kucing, berikan mainan yang disukai kucing dan membuat kucing bersemangat. Misalnya adalah dengan memberikan Cat Condo dengan cakarannya yang bisa membuat kucing senang dengan mencakar dan memanjat kesana kemari.

Lakukan kegiatan mengajak bermain kucing sebelum waktu makan, dengan melakukan hal tersebut maka kucing akan lebih lapar karena melakukan aktivitas permainan yang kalian berikan. Ketika kucing lapar dan kalian memberinya makan maka pasti makanan tersebut kemungkinan akan habis meski sebelumnya kucing tidak menghabiskan makanannya.

Berikan Suasana yang Berbeda

Ketika kucing kurang nafsu makan ada kemungkinan kucing sedang bosan atau jenuh dengan keadaan kandang kalian, untuk itu memberikan suasana baru juga diperlukan supaya rasa bosan dan jenuh tersebut bisa hilang dan kucing kembali bersemangat lagi untuk makan.

Jika kucing kalian lebih sering didalam kandang maka kalian bisa mulai melepaskannya dan memberikan makan diluar kandang, dengan melakukan hal ini pasti ada perbedaan dengan jumlah makanan yang dimakan oleh si kucing.

Selain itu kalian juga bisa mencoba memberikan tempat makan yang berbeda dengan yang biasanya kalian pakai, ketika mendapat tempat makan baru kucing juga cenderung lebih tertarik dan ada kemungkinan hal tersebut bisa membuat nafsu makan kucing membaik.

Kurangi Porsi Pemberian Makan

Porsi pemberian makan pada kucing juga bisa menjadi faktor penentu nafsu makan kucing, ada kemungkinan kalian memberikan porsi yang terlalu banyak sehingga ketika waktu makan berikutnya kucing masih kenyang dan membuat dia tidak memakan makanan yang kalian berikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus mengurangi jumlah porsi yang kalian berikan dengan jumlah besar namun dengan pemberian yang lebih sering dari biasanya. Cara ini juga merupakan cara yang bagus untuk menambah nafsu makan kucing kesayangan kita.

Perhatikan Jam Makan Kucing

Pemberian makan pada kucing harus secara teratur jangan sampai kalian memberikan makan pada kucing dengan jam yang berantakan, misalnya kalian memberi makan jam 8 pagi lalu memberikan makan lagi jam 10 pagi tentu saja pada jam tersebut kucing masih merasa kenyang dan tidak akan menghabiskan makanan yang kalian berikan.

Umumnya kucing membutuhkan 60gr makanan kering kucing per hari, namun hal ini juga tergantung makanan merk apa yang kalian berikan. Jika kalian memberikan makan kucing 3 kali sehari maka satu kali pemberian makan adalah 20gr, begitu seterusnya sampai dengan 3 kali makan.

Bagi kalian yang sibuk bekerja biasanya pemberian makan kucing bisa dilakukan 2 kali sehari dengan pemberian 30gr per makan pada pagi hari dan juga sore hari. Buatlah jadwal makan kucing yang teratur, dengan begitu kucing akan terbiasa dengan jam makan yang kalian jadwalkan untuknya.

Perbanyak Variasi Makanan Kucing

Pada dasarnya kucing merupakan hewan yang menyukai makanan tertentu, hal ini membuat kita menjadi kesulitan dalam mengganti pola makan pada kucing kita. Terlepas dari hal tersebut kucing juga bisa memiliki rasa bosan dengan makanan yang kita berikan, untuk itu pemberian variasi makanan juga perlu diterapkan supaya kucing tidak memilih makanan dan selalu suka dengan makanan yang kita berikan.

Ketika memberikan campuran makanan pada kucing lakukan secara bertahap dan tidak langsung menggantinya karena hal ini bisa memperburuk nafsu makan kucing kita, lakukan pencampuran variasi makanan pada kucing mulai dari sedikit dan selalu bertambah setiap hari.

Selain itu kalian juga bisa membuat makanan buatan sendiri untuk kucing yang diberikan seminggu 2 kali atau seminggu sekali, misalnya memberikan ayam giling atau ikan laut.

Jangan Mencampur Obat pada Makanan Kucing

Kebanyakan orang suka memberikan obat dengan dicampurkan dalam makanan kucing, meski hal ini mempermudah dalam pemberian obat untuk kucing namun hal ini juga bisa membuat kucing kehilangan nafsu makan karena perbedaan rasa pada makanan yang tercampur dengan obat tersebut.

Mencampurkan obat pada makanan kucing kalian hanya membuat kucing menjadi tidak suka dengan makanan yang kalian berikan, selain itu juga kucing menjadi hafal dengan hal tersebut dan membuat kucing mulai berhati hati dengan makanan kalian. Berikan obat kucing secara terpisah, misalnya kalian bisa memberikan obat dengan spuit yang dicampur dengan madu atau air, dengan melakukan hal ini maka kucing akan lebih nyaman karena makanan mereka tidak mengalami perubahan rasa dan bau.

Pastikan Kucing Sedang tidak Birahi

Ketika kucing sedang dalam masa birahi kucing cenderung tidak mau makan atau kehilangan nafsu makan. Hal ini akan terus terjadi sampai masa birahi kucing berakhir atau kucing sudah dikawinkan dengan pejantan kucing.

Ketika kucing kalian mendadak menjadi tidak nafsu makan maka kalian harus memperhatikan kucing kalian apakah kucing tersebut sedang birahi atau tidak. Jika kucing sedang dalam masa birahi maka cobalah untuk menaruh kucing lawan jenis dalam kandang kucing tersebut atau bersebelahan saja, hal ini ada kemungkinan bisa membantu kucing untuk makan.

Pastikan Kucing Sedang tidak Dehidrasi

Dehidrasi pada kucing juga merupakan salah satu penyebab kucing tidak mau makan atau kehilangan nafsu makan. Selain itu dehidrasi juga bisa berbahaya untuk kucing kesayangan kita karena kurangnya asupan cairan pada tubuh kucing bisa membuat kucing sakit atau bahkan mati.


Ketika kucing mengalami dehidrasi selalu jaga asupan cairan dan makanan, berikan dengan porsi sedikit namun sering. Hal tersebut dilakukan karena kucing tidak bisa mencerna makanan dengan baik saat dehidrasi, selain itu kalian juga bisa melakukan bibis pada makanan kucing (Mencampurkan Air pada Makanan Kucing) supaya asupan cairan kucing tetap terjaga.

Pastikan Kucing Sedang tidak Stress

Stress pada kucing bisa membuat kucing kehilangan nafsu makan atau tidak mau makan sama sekali, tentu saja jika kucing kalian stress kalian harus memberikan perhatian lebih supaya nafsu makan kucing bisa kembali normal, misalnya dengan mengajak kucing bermain atau juga bisa memancing nafsu makan kucing dengan memberikan makanan basah.

Kucing stress bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya perhatian dari pemilik kucing. Ketika kalian mengalami hal ini kalian bisa mulai melepaskan kucing keluar dari kandang dan membiarkannya bermain, hal ini akan sangat membantu pemulihan kucing dari stress.

Memeriksakan Kucing ke Dokter

Ketika semua hal diatas sudah kalian coba namun kucing masih saja kurang nafsu makan maka kalian harus membawa kucing kalian ke vet atau drh untuk ditindak lanjuti lebih lanjut. Kebanyakan kucing yang kehilangan nafsu makan pasti disebabkan rasa sakit pada kucing, untuk itu pemeriksaan dokter dibutuhkan untuk mengetahui hal tersebut.

Pemberian obat nafsu makan kucing tidak bisa diberikan secara asal karena bisa berbahaya, misalnya dengan memberikan obat penambah nafsu makan di apotik untuk kucing, obat manusia memang bisa digunakan untuk kucing namun aturan dosisnya yang berbeda, tentu saja hal ini hanya bisa melalui saran dari drh itu sendiri.

Biasanya dokter akan memberikan beberapa obat atau vitamin agar nafsu makan kucing bertambah, selain itu dokter juga pasti akan memberikan beberapa saran lain untuk melakukan hal dalam merawat kucing tersebut.

Kenali semua makanan untuk kucing dengan baik, hal ini perlu dilakukan karena setiap makanan kucing memiliki kandungan yang berbeda untuk setiap merknya. Protein, Lemak, Vitamin A, Vitamin E merupakan salah satu kandungan yang harus kalian perhatikan karena kucing sangat membutuhkan kandungan tersebut, selain makanan pemberian air yang bersih juga harus diperhatikan.

Dengan melakukan hal tersebut maka hampir bisa dipastikan nafsu makan kucing kalian akan selalu bagus dan sehat, yang perlu diingat adalah dalam melakukan perawatan pada kucing diperlukan kesabaran dan komitmen, jadi selalu berikan yang terbaik untuk kucing kalian. Demikian mengenai cara meningkatkan nafsu makan kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.
LihatTutupKomentar