-->

Hairball pada Kucing

Kucing dikenal sebagai hewan yang pintar merawat dan juga membersihkan dirinya sendiri, salah satu cara kucing membersihkan dirinya adalah dengan menjilati seluruh tubuhnya. Dengan menjilati tubuhnya maka bulu kucing yang rontok akan masuk kedalam tubuh kucing, namun ketika bulu tersebut semakin banyak maka kucing akan memuntahkan bulu tersebut, inilah yang disebut dengan hairball.


Kebanyakan orang masih baru belajar mengenai kucing sering menyebut hairball dengan muntah bulu kucing. Biasanya orang akan bingung dan juga bertanya tanya kenapa kucing muntah bulu? Terkadang hal tersebut membuat pemilik kucing mengira kucingnya sedang sakit atau kucing mengalami masalah pencernaan.


Kucing Hairball


Kerontokan bulu kucing dan juga hairball merupakan dua hal yang selalu dikaitkan karena jika kucing mengalami kerontokan bulu maka potensi kucing mengalami hairball akan semakin tinggi. Lidah kucing digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada ditubuh mereka, bulu mati pada tubuhnya akan dipastikan ikut masuk melalui mulut kucing ke dalam tubuh kucing.


Semakin banyak bulu mati atau kerontokan bulu kucing maka hairball pasti akan dialami oleh kucing peliharaan kalian. Masalah hairball pada kucing hampir dialami oleh semua kucing, hal ini juga merupakan hal umum bagi semua kucing, namun hairball juga menimbulkan beberapa mitos karena seringnya kucing mengalami hal tersebut.


Mitos Tentang Hairball Kucing

Muntah Kucing Disebabkan Hairball

Apakah semua muntah pada kucing disebabkan oleh hairball? Tentunya hal ini bisa dibilang salah. Hairball memang menyebabkan kucing muntah namun muntah yang disebabkan oleh hairball hanya berupa bulu yang biasanya bercampur dengan air, lain halnya jika kucing kalian muntah makanan atau kucing muntah busa.


Kucing muntah bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya kucing sedang sakit, kucing mengalami masalah pencernaan, kucing sedang hamil dan masih banyak lagi penyebab kucing muntah lainnya.


Baca Juga : Ciri Kucing Hamil sampai Melahirkan


Sebagai pemilik kucing kalian harus bisa mengetahui bahwa muntah pada kucing kalian tidak hanya disebabkan oleh hairball namun bisa disebabkan oleh berbagai hal lain.


Hairball Menyebabkan Kucing Batuk

Kebanyakan orang sering juga mengira bahwa kucing batuk adalah salah satu hal yang disebabkan oleh hairball. Ketika kucing batuk lalu mengeluarkan cairan maka belum tentu hal tersebut disebabkan oleh hairball namun bisa disebabkan oleh hal lain.


Hairball pada kucing lebih mengarah kepada masalah pencernaan kucing, ketika kucing mengalami hairball maka kucing akan memuntahkan gumpalan bulu dari perut kucing dan dikeluarkan melalui mulut dengan bercampur dengan air.


Hal tersebut tentunya berbeda dengan batuk kucing, kucing yang batuk lebih cenderung mengalami masalah pada paru paru dan tenggorokan jadi kedua hal tersebut memang berbeda. Ketika kucing batuk kemungkinan besar kucing sedang mengalami gangguan pernapasan atau hal lainnya.


Baca Juga : Biaya Merawat Kucing


Itulah 2 mitos mengenai hairball kucing yang muncul karena seringnya kucing mengalami hairball. Apakah kalian tahu bahwa bulu kucing yang mati dan tertelan bisa dikeluarkan melalui kotoran kucing?


Bulu mati yang tertelan oleh kucing akan menumpuk didalam perut kucing dan membentuk sebuah gumpalan, ketika sudah menumpuk dalam jumlah tertentu kucing akan memuntahkan bulu tersebut keluar. Hal ini akan terjadi jika makanan kucing yang dikonsumsi memiliki kandungan serat yang sedikit atau kurang.


Ketika makanan kucing memiliki kandungan serat yang baik maka umumnya bulu kucing yang ikut tertelan kedalam tubuhnya bisa dikeluarkan melalui kotoran kucing (Feses). Mengapa begitu? Karena ketika kandungan serat pada kucing bagus maka proses pencernaan akan berjalan dengan baik, sehingga gumpalan bulu bisa ikut keluar tanpa perlu dimuntahkan oleh kucing.


Cara Mencegah Hairball Kucing

Pencegahan hairball pada kucing bisa dilakukan beberapa hal, salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan bulu kucing dengan baik. Tentunya kalian juga tahu ketika bulu kucing tidak sehat atau kurang terawat maka bulu kucing akan mengalami kerontokan, hal inilah yang membuat kucing mengalami hairball.


Pencegahan Hairball Kucing


Rutinlah untuk menyisir bulu kucing kalian, dengan melakukan hal tersebut maka bulu mati yang ada ditubuh kucing akan berkurang dengan banyak. Menyisir bulu kucing merupakan cara yang bisa dilakukan dengan cepat untuk mengurangi hairball, terutama pada kucing yang berbulu panjang.


Selanjutnya adalah makanan untuk kucing kalian, berikan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing supaya bulu dan kulit kucing lebih sehat. Memberikan makanan yang bagus untuk kucing bisa mengurangi kerontokan bulu kucing dan membuat pencernaan kucing menjadi lebih bagus, jika kesehatan bulu kucing dan pencernaan kucing terjaga maka hairball pada kucing pasti berkurang.


Pemberian vitamin untuk kucing juga bisa dilakukan dalam rangka membantu mencukupi nutrisi kucing, vitamin untuk kucing sangat bervariasi namun kalian bisa memberikan minyak ikan untuk kucing, selain bagus minyak ikan kucing juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Demikian mengenai hairball kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar