-->

Mengenal Kucing Persia, Kucing Lucu yang Banyak Dipelihara Pecinta Kucing

Kucing Persia adalah kucing yang cukup banyak diminati oleh kebanyakan orang untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan, terutama orang yang masih awal suka dengan kucing. Karakter kucing Persia yang pendiam membuat kucing ini sangat cocok dijadikan sebagai kucing rumahan, meskipun kucing ini termasuk kucing yang malas namun hal ini tidak terlalu menjadi masalah.


Kucing Persia adalah salah satu ras kucing berbulu panjang yang memiliki wajah bulat dan juga moncong yang pendek. Kucing Persia sendiri berasal dari negara iran, namun sejak akhir abad 19 kucing ini dikembangkan di Britania Raya dan Amerika serikat setelah Perang Dunia 2 Usai. 


Kucing Persia Harga


Kucing Persia disebut dengan Kucing Bulu Panjang Chinchilla di Britania Raya dan juga dibagi menjadi dua jenis yaitu Chinchilla berwarna perak cerah dan satunya yang lebih gelap, Akibat pengembangan yang dilakukan oleh para breeder kucing, kucing Persia menjadi memiliki berbagai macam variasi warna pada bulunya.


Selain memberikan berbagai warna bulu pada kucing Persia, pengembangan tersebut juga membuat wajah kucing Persia menjadi lebih datar, banyak yang mengatakan bahwa hal ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada kucing Persia. Penyakit Ginjal Polikistik menjadi penyakit turunan pada kucing Persia dan mempengaruhi populasi kucing ini di berbagai negara.


Asal Usul Kucing Persia

Menurut informasi dalam penelusuran sejarah kucing Persia, kucing ini merupakan salah satu ras kucing tertua yang ada didunia ini. Kucing Persia berasal dari Mesopotamia yang ada di Iran, nama Mesopotamia tersebut kemudian dikenal sebagai Persia dan dijadikan nama untuk kucing ini


Kucing Persia Hitam


Bulu panjang yang dimiliki oleh kucing Persia merupakan hasil mutasi alami, pada abad 17 bulu panjang ini berhasil menarik perhatian seorang bangsawan dari Itali yang bernama Pietro Della Valle. Pada tahun 1626 bangsawan tersebut membawa kucing Persia ke eropa, hal tersebut membuat kucing ini menjadi kucing berbulu panjang pertama di Eropa.


Dulunya bulu kucing Persia hanya memiliki warna abu abu mengkilat, namun setelah pengembangan dilakukan oleh para peternak kucing maka sekarang kucing ini memiliki varian warna yang banyak dan dapat ditemukan dalam berbagai warna di berbagai negara.


Pengembangan kucing dan juga kontes kucing menjadi semakin populer di akhir abad 19, hal ini membuat kucing dengan bulu panjang yang berasal dari Persia, Turki, dan negara asia lain disebut dengan Kucing Asiatic. Kepopuleran kucing ini membuat banyak breeder kucing juga ikut mengembangkannya pada saat itu.


Baca Juga : Kucing Calico, Jantan Telon Langka


Pengembangan dilakukan secara selektif pada kucing Persia, penampilan kucing Persia yang ada sekarang ini adalah berkat pengembangan yang dilakukan tersebut. Dengan kepalanya yang bundar, wajahnya yang datar, hidungnya yang pesek, pipinya yang tembem, telinga yang cenderung kecil, mata besar, badan yang kokoh serta bulu yang lebih panjang dan kaki lebih pendek dari kucing anggora, akhirnya popularitas kucing Persia berhasil melampaui kucing anggora.


Dulunya di akhir abad 19 kucing Persia diimpor pertama kali ke amerika serikat, setelah itu kucing Persia menjadi kucing paling favorit yang kepopulerannya berhasil melampaui kucing maine coon yang menjadi kebanggan orang amerika sendiri. Untuk sekarang ini kucing Persia tidak hanya menjadi kucing favorit di amerika namun sudah menjadi kucing terfavorit didunia.


Karakter dan Sifat Kucing Persia

Setelah pengembangan yang dilakukan pada ras kucing Persia oleh para breeder kucing dahulu sekarang ini kucing Persia memiliki bentuk tubuh yang besar, gemuk, dan berisi (Tambun). Ciri paling khas yang dimiliki kucing Persia adalah bentuk hidungnya yang pesek, wajahnya yang bulat dan juga bulu yang panjang. Ketika kalian melihat kucing Persia dari samping maka dahi, hidung dan dagu akan terlihat datar.


Kucing Persia Medium


Kucing Persia dikenal memiliki kepribadian yang malas, oleh sebab itu kucing ini sangat cocok untuk dipelihara didalam rumah. Berbeda dengan kucing kampung yang pintar menangkap tikus, kucing Persia tidak bisa melakukan hal tersebut.


Dengan tubuh yang lebih besar daripada kucing lain, kucing Persia terlihat seperti kucing yang pasif jika dilihat dari aktivitas hariannya. Beberapa kendala juga dialami oleh kucing Persia seperti memanjat, melompat dari tempat tinggi tidak bisa dia lakukan namun kucing lain sangat pintar dalam melakukannya.


Kucing Persia lebih cenderung mendapatkan pola makan yang teratur, selain untuk menjaga bulu panjangnya tetap sehat juga untuk menjaga kondisi berat badan supaya tidak terlalu berlebihan dan mendapatkan berat badan ideal.


Baca Juga : Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing Peliharaan


Kucing Persia yang disilangkan dengan kucing ras lain membuat kucing ini kehilangan beberapa ciri khas yang dimilikinya. Hasil persilangan tersebut membuat kucing Persia memiliki hidung yang lebih mancung dan moncong, bulu yang lebih pendek, tubuh yang lebih ramping dan juga memiliki banyak pola warna. Persilangan pada kucing Persia juga membuat kucing Persia memiliki beberapa jenis baru seperti Kucing Persia Medium, Flat Nose, Himalayan, dan juga Persia Exotic.


Jenis Kucing Persia

Kucing Persia Medium

Harga Kucing Persia Dibawah 500rb

Kucing Persia Medium adalah jenis kucing Persia yang memiliki tubuh seperti kucing lain pada umumnya, standar dan tidak terlalu besar. Bulu pada kucing ini tidak terlalu panjang jika dibandingkan dengan kucing Persia lain, hidungnya juga tidak pesek dan mempunyai moncong. Kucing ini adalah kucing yang banyak dipelihara oleh orang yang masih belajar dalam memelihara kucing.


Kucing Persia Flat Nose

Kucing persia jenis apa?

Kucing Persia Flat atau juga bisa disebut dengan kucing Persia hidung datar adalah kucing Persia yang memiliki hidung pesek namun tidak lebih pesek dari kucing Persia asli. Kucing ini juga memiliki tubuh yang gemuk, wajah yang bulat dan juga pipi yang tembem sama seperti kucing Persia pada umumnya. 


Kucing Persia Peaknose

Berapa harga kucing persia?

Kucing Persia Peaknose atau juga bisa disebut dengan kucing Persia berhidung pesek adalah kucing Persia yang memiliki hidung sangat pesek jika dibandingkan dengan kucing Persia lainnya. Badan kucing peaknose lebih gemuk dan juga bulunya sangat panjang, kucing Persia jenis ini adalah kucing Persia yang paling sering diikutkan dalam kontes kucing.


Kucing Persia Himalaya

Apa bedanya kucing persia dan kucing anggora?

Kucing Persia Himalaya adalah salah satu persilangan kucing Persia, kucing ini adalah hasil persilangan kucing Persia dengan kucing siam. Kucing Himalaya adalah kucing yang mempunyai tubuh gemuk, kaki pendek serta tubuh dan wajah yang mirip kucing Persia pada umumnya.


Perbedaan kucing Himalaya dengan kucing Persia lainnya yang paling jelas pada bagian warna, warna yang dimiliki oleh kucing ini mirip dengan warna kucing siam sedangkan ciri fisik lain menyerupai kucing Persia.


Kucing Persia Exotic

Kucing Persia Eksotik

Kucing Exotic Shorthair atau kucing eksotis adalah kucing yang berasal dari Amerika Serikat, kepopuleran kucing exotic menjadi semakin bertambah dengan adanya tokoh kartun kucing bernama Garfield.


Kucing ini adalah hasil persilangan Kucing Persia dengan Kucing American Shorthair, menurut TICA (The International Cat Association) kucing exotic memenuhi kriteria untuk golongan dari kucing persia dan menjadikannya bagian dari kucing Persia meski organisasi lain seperti CFA ( Cat Fanciers' Association) tidak melakukan hal tersebut.


Perawatan Kucing Persia

Kucing Persia terkenal dengan bulu panjangnya yang indah, bulu panjang inilah yang menarik perhatian dan membuat banyak orang menyukainya. Kelebihan tersebut menjadikan kita untuk memberikan perawatan ekstra pada bulu kucing Persia supaya tetap sehat dan terlihat bagus.


Menyisir bulu Kucing Persia


Kebiasaan merawat bulu kucing Persia harus dilakukan sejak usia dini supaya kucing Persia menjadi terbiasa dalam perawatan tersebut, ketika hal ini tidak dilakukan maka ketika sudah beranjak dewasa kucing Persia akan merasa aneh dan tidak terbiasa dengan perawatan yang kalian berikan. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan kucing menjadi sulit dimandikan, grooming, karena kucing tidak terbiasa dengan hal tersebut.


Perawatan bulu kucing Persia yang pertama adalah dengan menyisir bulu panjang tersebut, untuk melakukan hal ini kalian membutuhkan sisir kucing. Beberapa sisir kucing memilki model yang berbeda namun pada dasarnya semua fungsi sisir kucing hampir sama yaitu membantu mengangkat bulu kucing yang mati dan juga merapikan bulu kucing.


Menyisir bulu kucing Persia tidak bisa disamakan dengan menyisir rambut manusia, kalian harus teliti dan lebih memperhatikan bulu kucing tersebut. Perawatan bulu kucing Persia dengan cara menyisir bertujuan supaya bulu tetap sehat, indah, dan juga tidak kusut. Kucing dengan bulu panjang cenderung memiliki bulu yang lebih mudah kusut karena aktivitas hariannya mengundang kotoran untuk menempel dan membuat bulu tersebut mudah kusut dan menggumpal.


Baca Juga : Hairball yang Sering Terjadi pada Kucing


Bulu kucing Persia yang sudah kusut dan juga menggumpal bisa membuat kucing menjadi tidak nyaman, jika bulu tersebut tidak segera disisir dan dirapikan ada kemungkinan bisa infeksi dan juga luka. Banyak penyebab bulu kucing menggumpal dan mudah kusut, namun hal ini bisa dikurangi dengan cara menyisir bulu kucing secara teratur dan memberikan beberapa perawatan tambahan untuk bulu kucing.


Kucing Persia yang memiliki berat badan berlebihan bulunya akan lebih mudah kusut dan menggumpal, selain itu faktor usia dan juga beberapa masalah kesehatan juga berpengaruh pada kusutnya bulu. Kucing Persia yang sudah tua mengalami penurunan dalam melakukan perawatan pada dirinya.


Hidung pesek yang dimiliki kucing Persia menyebabkan beberapa masalah padanya, hidung yang pesek ini tidak bisa menyaring udara yang ada secara normal sehingga membuat kucing Persia menjadi mudah bersin dan mudah ingusan hal ini disebut juga dengan Brachycephalic.


Ketika kucing Persia kalian mengalami hal tersebut maka usahakan untuk membersihkan area kandang kucing tersebut dan juga seringlah untuk membersihkan area wajah dari kucing Persia. Hidung kucing Persia yang sering mengeluarkan ingus bisa menyumbat saluran pernapasan, selalu perhatikan hal ini dan jika terjadi maka segera bersihkan hidung dengan air hangat.


Selain hidung yang menyebabkan masalah pada kucing Persia, mata kucing Persia yang lucu dan terlihat lebar ini juga bisa menyebabkan hal yang sama. Bentuk mata yang membesar ini membuat cairan air mata yang dikeluarkan menjadi lebih mudah keluar sehingga menimbulkan kotoran di sekitar mata dan juga membuat mata kucing Persia menjadi lebih mudah kering. Selalu bersihkan area mata kucing Persia dan jaga supaya kondisi mata tetap lembab.


Harga Kucing Persia

Harga kucing Persia bisa dibilang sangat bermacam macam karena seperti yang kalian tahu bahwa kucing Persia juga memiliki beberapa jenis dan semua jenis kucing Persia tersebut memiliki harga adopsi yang berbeda beda. Umumnya harga kucing Persia paling murah dimiliki oleh kucing Persia medium, oleh karena itu banyak sekali orang yang memelihara kucing ini.


Harga Kucing Persia


Pasaran harga kucing Persia medium berkisar antara 500 ribu sampai dengan 1 juta keatas, kucing Persia medium merupakan kucing Persia dengan harga termurah karena dari segi bulu, wajah sedikit berbeda dengan kucing Persia lain. Kedua adalah kucing Persia flat nose, kucing ini memiliki harga yang lebih tinggi dari kucing Persia medium karena masih memiliki hidung yang pesek dan bulu yang tebal. Harga kucing Persia flat nose berkisar antara 1 juta sampai dengan 2 juta keatas.


Kucing Persia Exotic atau kucing exotic shorthair adalah salah satu varian kucing Persia yang populer, harga kucing exotic bisa mencapai 5 juta dan bahkan bisa lebih dari itu. Kualitas yang dimiliki oleh kucing juga mempengaruhi harga adopsi kucing Persia, apalagi jika kucing sudah pernah memenangkan kontes atau show kucing maka harga adopsinya akan semakin tinggi.


Kucing Persia peaknose adalah kucing Persia yang paling banyak diminati oleh para pecinta kucing, kucing ini selain popular juga sering diikut sertakan dalah show kucing atau kontes kucing. Hal tersebut membuat kucing ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kucing Persia show quality dan juga kucing Persia breed quality. Harga kucing Persia Peaknose bisa mencapai 10 juta keatas dan bisa lebih apabila kucing Persia tersebut pernah juara dalam show kucing atau memiliki sertifikat.


Apabila kalian berencana mengadopsi kucing Persia maka jangan terburu buru, perhatikan kondisi kucing dan pastikan kucing sudah divaksinasi. Kucing Persia memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan, untuk itu pemberian vaksinasi pada kucing ini sangat diperlukan. Demikian mengenai kucing Persia, kucing lucu yang banyak dipelihara orang, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar