-->

Mengenal Kucing British Shorthair atau Kucing BSH, Salah Satu Ras Kucing Terlucu

Kucing British Shorthair atau kucing BSH adalah salah satu ras kucing tertua didunia ini, dalam pencarian mengenai kucing ini banyak yang mengatakan bahwa nenek moyang kucing BSH dipercaya memiliki hubungan dengan Bangsa Romawi yang dulu pernah menguasai negara asal kucing BSH yaitu Negara Inggris.


Karena kepopuleran kucing BSH maka banyak sekali produk yang berkaitan dengan kucing sering menjadikannya sebagai ikon (Icon) supaya produk tersebut menjadi lebih dikenal oleh para pecinta kucing, selain itu BSH juga merupakan salah satu ras kucing yang populer di Indonesia.


British Shorthair Putih


Kebanyakan orang mengetahui kucing BSH hanya dengan warna blue (Abu abu) karena memang kucing ini sangat identik dengan warna tersebut dan juga banyak yang menyukai warna itu. Warna kucing BSH bisa bermacam macam, namun warna yang populer di Indonesia adalah Blue dan juga Golden. BSH Blue dan BSH Golden adalah kucing yang paling banyak dicari di beberapa forum adopsi kucing British Shorthair karena mungkin warna tersebut membuat karakter dari kucing BSH menjadi lebih hidup.


Kucing BSH adalah kucing yang tidak terlalu aktif, karena kepribadian ini maka BSH menjadi sangat mudah gemuk daripada kucing yang aktif pada umumnya. Tubuh kucing ini tergolong dalam ukuran sedang, meski begitu ada beberapa yang memiliki tubuh besar. Kepribadian kucing BSH yang santai dan mandiri menjadikan kucing ini sangat mudah dirawat.


Selain lucu BSH juga merupakan kucing yang menggemaskan, kedua hal tersebutlah yang membuat semua orang menyukai kucing ini. Meski memiliki ciri yang lucu dan menggemaskan namun tubuh kucing BSH juga terlihat gagah, kuat dan kekar. Harga kucing BSH bisa dikatakan termasuk mahal, serta perawatan yang dibutuhkan juga tidak sedikit, namun hal tersebut tidak membuat orang orang berhenti menyukainya dan ingin memeliharanya.


Asal Usul Kucing British Shorthair

Sejarah kucing British Shorthair yang terdapat dalam penelusuran mengatakan bahwa nenek moyang kucing BSH dipercaya ada hubungan dengan bangsa romawi yang dulu pernah menjajah inggris. Sesaat setelah Romawi menguasai Inggris, pertanian yang ada di inggris mengalami perkembangan dan membuat hasil panen dalam pertanian tersebut membutuhkan perlindungan dari serangan hama yaitu tikus.


British Shorthair Jual


Karena banyaknya hasil panen yang diserang oleh tikus tersebut, tentara Romawi akhirnya membawa kucing dengan jumlah banyak yang digunakan untuk menjaga hasil pertanian tersebut. Kucing yang dibawa oleh tentara romawi tidak diperlihara layaknya kucing peliharaan dirumah, namun kucing itu harus bekerja menjaga hasil pertanian dan akan diberi makan sesuai jadwal makan yang diberikan.


Kucing pekerja tersebut hidup dengan bebas di gudang hasil pertanian dan lingkungan gudang dengan sedikit sekali mendapat campur tangan manusia. Populasi kucing pekerja berkembang dengan subur setelah bangsa Romawi pergi dari inggris, kondisi saat itu inggris terisolasi dari dunia luar dan tentunya tidak ada kucing baru yang masuk. Kucing yang telah ada tersebut berkembang biak dan menghasilkan kucing dengan badan kokoh serta memiliki bulu yang tebal dan indah.


Pada tahun 1800an penggemar kucing di negara inggris mulai menyadari keindahan kucing keturunan dari kucing pekerja dan mulai memperhatikannya. Di London Tahun 1871 ada sebuah kontes kucing yang diadakan di Crystal Palace, pada kontes ini kucing tersebut mendapatkan banyak penghargaan dan membuat kucing ini lebih dikenal oleh masyarakat luas.


Baca Juga : Kucing Bambino, Munchkin Gundul yang Eksotis


Pada tahun 1889 akhirnya Kucing tersebut mendapatkan status ras kucing sendiri dan dikenal dengan Kucing British Shorthair. Tahun 1907 penggemar kucing yang ada di Inggris mendirikan sebuah Klub Kucing dengan nama British Cat Club, namun setelah itu popularitas kucing British Shorthair terjadi penurunan Karena masuknya kucing Persia dan juga Kucing Siam.


Populasi kucing british Shorthair mengalami penurunan drastis selama Perang Dunia 2, untuk menyelamatkan ras kucing BSH maka kucing ini banyak disilangkan dengan Kucing Persia yang membuat warna asal dari kucing BSH yaitu Blue (Abu Abu) menjadi memiliki varian warna lain karena persilangan tersebut.


Kucing British Shorthair diakui oleh CFA (Cat Fanciers' Association) pada tahun 1980, sedangkan TICA (The International Cat Association) melakukan revisi standar kucing BSH pada tahun 1993. Setelah mendapat standar baru dan diakui oleh organisasi kucing, kucing BSH mulai populer kembali di kalangan penggemar kucing.


Kucing British Shorthair banyak sekali dijadikan ikon, salah satunya menjadi model bagi Cheshire Cat yang terdapat pada film animasi Alice's Adventures in Wonderland. Selain itu Kucing BSH dengan warna Tabby juga menjadi ikon makanan kucing yang sudah banyak dikenal hingga saat ini yaitu Whiskas.


Karakter dan Sifat Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair adalah kucing yang memiliki tubuh padat, kuat dan terlihat berotot di bagian dada, pinggul dan bahunya lebar. Pada bagian kepala berbentuk bulat dengan pipi yang tembem (Terisi penuh), hidungnya pesek namun lebar dan lurus tanpa ada tekukan serta dagunya berbentuk bulat.


British Shorthair Cat


Berat badan umum yang dimiliki oleh kucing BSH berkisar antara 4 kg sampai dengan 8 kg dan tentunya ada yang bisa lebih besar dari itu karena kucing ini tergolong kucing yang gampang gemuk. Tubuh kucing jantan lebih besar daripada kucing betina, umumnya kucing jantan memiliki berat mencapai 5 kg sampai dengan 10 kg sedangkan untuk kucing betina 5 kg sampai dengan 7 kg.


Kucing BSH memiliki telinga berukuran sedang dengan ciri lebar dibagian bawah dan ujung telinganya melengkung, jarak antar telinga tergolong sedang. Mata kucing BSH beRbentuk bulat dan besar, kombinasi mata dan pipi yang tembem membuat kucing ini menjadi salah satu kucing terlucu didunia. 


Baca Juga : Kucing Kinkalow, Kucing Munchkin Bertelinga Keriting


Kaki kucing BSH berukuran pendek namun tulangnya sangat kuat dan juga berotot, bentuk cakarnya membulat pada setiap jari, ekornya padat dengan bulu yang tebal dengan ujung yang tumpul. Kucing BSH memiliki berbagai variasi warna namun warna blue menjadi salah satu warna yang melekat untuk kucing ini, sedangkan warna Golden (Emas) adalah warna terbaik kucing BSH yang pernah ada.


Kucing BSH juga dikenal sebagai kucing yang mirip dengan Kucing Scottis Fold karena memang keduanya memiliki ciri fisik yang hampir sama kecuali pada telinga. Kucing BSH sangat suka dengan suasana yang damai dan juga hening, selain itu kucing ini dikenal sebagai kucing yang mandiri.


Perawatan Kucing British Shorthair

Banyak yang mengatakan bahwa perawatan kucing BSH cukup sulit namun setiap perawatan ras kucing umumnya hampir sama antara kucing satu dengan kucing lainnya. Perawatan pada bulu kucing BSH adalah hal yang harus diperhatikan karena selain membuat bulu tetap sehat, terawat dan bagus hal tersebut adalah tanggung jawab kita sebagai pemilik kucing.


British Shorthair Harga


Keindahan bulu merupakan hal yang harus diperhatikan untuk kucing BSH, oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatan bulu dengan memberikan perawatan dan memberikan dukungan berupa vitamin untuk kucing ini. Pemberian makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik juga harus dilakukan supaya kucing tetap sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.


Kucing BSH merupakan kucing yang mudah gemuk dan juga rentan terkena obesitas untuk itu pemberian makanan janganlah terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan pada kucing. Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing dan jangan lupa untuk memberikan air yang bersih sebagai minumannya.


Harga Kucing British Shorthair

Seperi yang sudah disebutkan diatas, harga kucing BSH tergolong tinggi atau mahal namun hal ini tidak mengurangi minat para penggemar kucing untuk mengadopsi kucing BSH. Kucing ini adalah kucing yang lucu dan juga cocok dijadikan sebagai kucing rumahan ataupun digunakan untuk breeding.


British Shorthair Cat Harga


Banyak sekali breeder kucing BSH yang mengimport kucing dari luar pada awalnya, namun beberapa tahun belakangan ini sudah banyak sekali breeder kucing yang mengembangkan ras ini dan membuat permintaan adopsi kucing bsh menjadi semakin banyak.


Harga pasaran kucing BSH Non Ped pada grup adopsi kucing BSH berkisar antara 10 juta keatas, sedangkan harga kucing BSH PED bisa menjadi dua kali lipat dari kucing Non Ped yaitu diatas 20 juta.


Setiap varian warna pada kucing BSH juga menentukan faktor harga adopsi kucing BSH, warna yang paling umum adalah Blue (Abu Abu) namun warna dengan adopsi termahal mungkin adalah BSH Golden.


Selalu usahakan untuk mengadopsi kucing BSH dari breeder yang terkenal karena sekarang ini banyak sekali kucing ras lain yang memiliki warna khas dan tubuh mirip dengan kucing BSH, biasa dikatakan ini adalah Kucing BSH Palsu. Meski memiliki tubuh dan warna yang sama namun tidak memiliki gen BSH, jadi mengadopsi BSH dengan Pedigree adalah hal yang tepat untuk mengetahui kemurnian rasnya. Demikian mengenai Kucing British Shorthair, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar