-->

Mengenal Kucing Scottish Fold, Salah Satu Ras Kucing Terlucu Didunia

Kucing Scottish Fold atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Kucing Telinga Lipat Skotlandia, dilihat dari nama tersebut tentunya kalian juga pasti sudah tahu bahwa asal kucing Scottish berasal dari Skotlandia. Ciri yang paling khas dari kucing Scottish fold adalah telinganya yang melipat kedepan.


Telinga melipat kedepan yang dimiliki kucing Scottish fold membuat kucing ini juga disebut sebagai kucing berwajah burung hantu atau Kucing Coupari. Meskipun kucing Scottish memiliki telinga yang melipat, namun anak dari kucing ini masih bisa memiliki telinga yang tidak melipat dengan bentuk tegak dan meruncing mirip seperti kucing biasa pada umumnya.


Kucing Scottish


Kucing Scottish merupakan salah satu kucing paling lucu didunia, keunikan dan postur dari kucing ini membuat kucing ini banyak digemari oleh para pecinta kucing. Kepopuleran kucing Scottish dibuktikan dengan banyaknya artis Indonesia yang mengadopsi kucing Scottish, salah satunya adalah Nagita Slavina istri dari Raffi Ahmad.


Kucing Nagita Slavina adalah kucing Scottish Fold yang diimpor dari luar negeri, tentunya dengan harga adopsi yang tinggi. Kucing Scottish nagita slavina ini diberi nama Mayonaise dan dipamerkan di salah satu video channel youtubenya yaitu Rans Entertainment. Video tersebut membuat kucing ini menjadi semakin populer di Indonesia, tentunya untuk sekarang ini banyak sekali orang yang ingin mengadopsi kucing Scottish.


Asal Usul Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold pertama kali ditemukan pada tahun 1961, kucing ini ditemukan oleh seorang petani di sebuah area pertanian Skotlandia tepatnya berada di Perthshire. Kucing tersebut dikatakan bernama Susie, Susie adalah kucing yang memiliki telinga melipat dengan bulu berwarna putih.


Ketika pertama kali ditemukan oleh petani itu Susie sedang dalam kondisi hamil, setelah dibawa pulang dan diberikan perawatan kemudian Susie melahirkan anak kucing yang memiliki telinga yang sama dengannya yaitu telinga melipat. Anak kucing bertelinga melipat tersebut kemudian diadopsi oleh pecinta kucing bernama William Ross dan juga Mary (Istri William Ross) yang merupakan tetangga dari petani tersebut.


Asal Usul Kucing Scottish Fold


Pada awalnya ras kucing telinga melipat diberi nama Flops singkatan dari Floopy Ears, setelah itu nama tersebut berubah menjadi Scottish Fold pada tahun 1966. William Ross mendaftarkan kucing Scottish Fold pada GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) di Inggris pada tahun 1966, setelah itu dia mulai mengembangkan kucing Scottish fold dengan bantuan Pat Turner yang merupakan seorang ahli genetik


Program pengembangan Scottish fold tersebut dimulai pada tahun 1966, kemudian pada tahun 1969 kucing yang dikembangkan sudah melahirkan 76 ekor anak kucing Scottish fold. Dari 76 ekor kucing tersebut, 42 ekor memiliki telinga melipat sedangkan 34 ekor lainnya memiliki telinga yang tegak meruncing keatas. Hasil tersebut mendapatkan kesimpulan bahwa gen telinga melipat pada kucing Scottish fold menjadi lebih dominan.


Baca Juga : Kucing BSH, Salah Satu Ras Kucing paling Imut


Susie yang merupakan kucing Scottish fold pertama dalam program tersebut hanya melahirkan seekor anak kucing dengan telinga melipat bernama Snooks. Setelah dilahirkan Snooks kemudian dikebiri, lalu ketika usia snooks menginjak 3 bulan ibunya Susie mati tertabrak mobil sehingga membuat Susie ditetapkan sebagai nenek moyang kucing Scottish Fold.


Tahun 1971 GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) menghapus kucing Scottish fold dari daftarnya dengan alasan gen pada kucing Scottish masih belum stabil. Setelah itu kucing Scottish diekspor ke Amerika serikat untuk melanjutkan program pengembangan lanjutan, disana kucing ini disilangkan dengan Kucing British Shorthair dan Kucing American Shorthair dan membuat gen Kucing Scottish menjadi stabil.


Jenis Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish fold dengan telinga melipat yang unik belum tentu bisa melahirkan anak dengan telinga yang sama, namun juga bisa menghasilkan anak kucing Scottish dengan telinga tegak keatas. Hal inilah yang membuat kucing Scottish dibagi menjadi dua jenis, yaitu :


Kucing Scottish Fold

Scottish fold atau juga disebut Folded Ear adalah jenis kucing Scottish yang memiliki telinga terlipat kedepan. Ketika awal kelahirannya telinga kucing ini masih terlihat seperti telinga kucing biasa, seiring bertambahnya usia kucing maka telinga kucing akan terlihat melipat kedepan, biasanya terlipatnya telinga anak kucing ketika mereka menginjak usia 21 hari.


Lipatan telinga Scottish sendiri juga ada tingkatannya, mulai dari sedikit terlipat, terlipat dan sangat terlipat. Telinga kucing Scottish yang sedikit terlipat disebut dengan single fold, yang terlipat disebut dengan double fold dan sangat terlipat disebut triple fold. Tentunya kalian pernah mendengar tentang Kucing Scottish Single Fold, Kucing Scottish Double Fold dan Kucing Scottish Triple Fold, hal tersebut merupakan jenis telinga fold dari kucing Scottish.


Kucing Scottish Straight

Scottish Straight atau juga disebut Straight Ear adalah kucing Scottish yang memiliki telinga lancip dan tegak keatas mirip seperti kucing pada umumnya. Meskipun memiliki telinga normal seperti kucing lain namun kucing Scottish straight tidak kalah populer dengan kucing Scottish fold.


Banyak yang mengatakan untuk mendapatkan telinga fold yang bagus untuk anak kucing Scottish lebih baik menggunakan kucing Scottish straight untuk disilangkan dengan Scottish fold.


Karakter dan Sifat Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish fold merupakan kucing dengan badan yang sedang, pada kucing jantan berat badan nya bisa mencapai 4 kg sampai dengan 6 kg sedangkan untuk kucing betina berkisar antara 2,7 kg sampai dengan 4 kg. Kucing Scottish fold memiliki bentuk kepala bulat, mata juga bulat dan besar, hidung agak pesek serta leher dan kaki pendek. Ras kucing Scottish fold memiliki dua versi bulu yaitu bulu panjang dan juga bulu pendek.


Karakter Scottish


Kucing Scottish fold merupakan kucing yang ramah, baik dan juga tenang, dia bisa dengan mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan lain didalam lingkungan rumahnya. Suara kucing ini juga lebih lembut daripada kucing pada umumnya sehingga terkesan kucing ini memiliki sifat yang kalem.


Kebiasaan kucing Scottish yang unik adalah dia biasanya tidur dengan posisi terlentang, selain itu Scottish juga suka duduk dengan posisi yang mirip dengan posisi budha yaitu posisi duduk dimana dua kaki belakangnya lurus sedangkan dua kaki depan berada di perutnya. Banyak yang mengatakan kucing Scottish fold tidak bisa mendengkur.


Perawatan Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish fold merupakan kucing yang energik dan suka bermain, untuk itu mengajaknya bermain bisa menjadi salah satu perawatan yang tepat untuk kucing ini. Kucing yang suka bermain terkadang tidak bisa ditinggal terlalu lama karena bisa menyebabkan stress, untuk itu ketika ada waktu luang ajaklah kucing bermain untuk membuatnya senang dan semakin dekat dengan kalian.


Perawatan Scottish


Cara merawat kucing Scottish fold umumnya bisa dilakukan seperti merawat kucing biasa, namun jangan lupa untuk membersihkan bagian unik dari kucing Scottish yaitu telinga. Telinga melipat kucing Scottish harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari adanya iritasi, infeksi atau bahkan parasit yang bisa berbahaya bagi kucing.


Baca Juga : Vaksinasi Penting untuk Kucing


Pemberian makanan yang bagus juga diperlukan supaya nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing Scottish terpenuhi, selain itu berikan vitamin untuk menjaga kesehatan bulunya. Untuk menjamin kesehatan kucing Scottish maka berikan vaksinasi padanya, selain terhindar dari virus yang berbahaya melakukan vaksin juga membuat daya tahan tubuh kucing menjadi kuat sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit. 


Harga Kucing Scottish Fold

Harga kucing Scottish fold sangat bergantung pada kualitas kucing dan juga kualitas telinga kucing itu, apakah single fold, double fold, atau tripe fold. Seperti yang kalian tahu bahwa Gigi (Nagita Slavina) mengimpor kucing Scottish dengan harga adopsi yang mahal, dikatakan harga kucing Scottish fold milik Gigi adalah 29 juta.


Harga Adopsi Kucing Scottish


Mayonaise merupakan kucing Scottish Fold PED (Bersertifikat) didalamnya terdapat nama kucing, tanggal kelahiran, nama ayah ibu dan bahkan sampai kakek nenek dan moyang juga tercantum sehingga memiliki silsilah yang jelas. Jadi jangan heran jika kucing milik Gigi memiliki harga yang mahal, selain di impor dari luar negeri juga memiliki Sertifikat Pedigree.


Harga pasaran kucing Scottish fold di Indonesia sendiri juga tergolong masih mahal kucing Scottish fold dengan telinga single fold masih berkisar antara 5 juta, tentu saja double dan triple pasti jauh diatasnya. Harga tersebut merupakan harga kucing Scottish fold Non Ped, jadi berbeda dengan Mayonaise. Bagi kalian yang ingin mengadopsi kucing Scottish fold dengan kualitas bagus kalian bisa mengimpor dari luar negeri atau mencari breeder kucing Scottish terpercaya di Indonesia. Demikian mengenai kucing Scottish fold, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar