-->

Mengenal Kucing Bambino, Kucing Tak Berbulu dengan Kaki yang Pendek

Kucing Bambino adalah jenis kucing yang merupakan salah satu perkembangan dari kucing munchkin, seperti yang kalian tahu bahwa kucing munchkin dengan ciri khusus yaitu kakinya yang pendek sering disilangkan dengan beberapa ras kucing lainnya sehingga melahirkan beberapa ras kucing baru, salah satunya adalah kucing bambino ini.


Kucing Bambino


Kucing bambino merupakan kucing hasil persilangan dari kucing munchkin dan juga kucing sphynx yang membuat kucing bambino memiliki ciri khas dari kedua kucing tersebut, yaitu memiliki kaki yang pendek seperti kucing munchkin dan juga tidak berbulu seperti kucing sphynx, meski begitu dalam perkembangannya ada beberapa kucing bambino yang memiliki bulu atau disebut juga dengan kucing bambino brush.


Kucing bambino merupakan ras kucing yang cukup baru sehingga beberapa orang tidak mengetahui mengenai ras kucing yang satu ini, meski begitu di Indonesia kucing bambino cukup populer dan juga dicari oleh para penggemar kucing, khususnya adalah penggemar kucing sphynx. Kucing sphynx dan kucing bambino mempunyai ciri yang hampir sama kecuali pada ukuran kaki kucing bambino yang pendek, mungkin perbedaan inilah yang membuat penggemar kucing eksotis menjadi suka dengan kucing ini.


Bambino merupakan kucing yang kecil dengan kaki yang pendek, karena memiliki tubuh yang kecil bambino juga sering disebut sebagai jenis kucing kurcaci. Meski begitu bambino adalah kucing yang sangat menyenangkan, aktif, dan juga penuh kasih saying, kepribadian inilah yang membuat orang suka dengan kucing bambino. Kucing ini sangat cocok dipelihara oleh keluarga yang suka dengan kucing, karena selain manja dan suka bermain, bambino juga suka dengan anak anak, namun terkadang kucing ini juga bisa berisik.


Asal Usul Kucing Bambino

Nama kucing bambino diambil dari Bahasa italia yang mempunyai arti “Bayi”, nama ini diberikan karena kucing ini memiliki tubuh yang kecil dan tidak mempunyai bulu sehingga terkesan mirip dengan seorang bayi yang baru saja lahir.


Asal Usul Kucing Bambino


Pada awalnya kucing ini dikembangkan oleh Stephanie dan Pat Osborne, kedua orang ini merupakan breeder kucing sphynx dan juga kucing munchkin. Dengan menyilangkan kedua ras kucing tersebut akhirnya lahirlah sebuah kucing dengan kaki yang pendek dan tidak memiliki bulu dan diberi nama kucing bambino.


Perkembangan kucing bambino mengundang banyak kontroversi, dengan penampilannya yang unik tersebut banyak yang berpendapat bahwa kucing bambino nantinya akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Kucing bambino pertama kali muncul pada tahun 2005, meski tergolong ras kucing yang sangat baru namun kucing ini sangat cepat populer dan mendapat julukan sebagai kerabat kucing munchkin.


Baca Juga : Mengenal Kucing Munchkin Berkaki Pendek


Kucing bambino yang pertama terdaftar di TICA (The International Cat Association) pada tahun 2005 sebagai eksperimental breeding (Kucing Percobaan) , namun CFA (Cat Fanciers’ Association) dan juga ACFA (American Fanciers’ Association) tidak melakukan hal tersebut karena suatu alasan tertentu.


Karakter dan Sifat Kucing Bambino

Kucing Bambino merupakan kucing yang berkaki pendek dan tidak memiliki bulu, kedua hal tersebut adalah ciri khas yang paling dikenal dari kucing ini. Kaki belakang kucing bambino bisa lebih panjang daripada kaki bagian depan, tentunya hal ini juga hampir sama dengan kucing munchkin. Tubuh nya termasuk sedang namun ada beberapa kucing bambino yang memiliki tubuh panjang, disertai dengan ukuran dada lebar dan juga perut bulat.


Karakter Kucing Bambino


Ekor kucing bambino mirip seperti cambuk, hal ini terjadi karena tidak adanya bulu pada ekor kucing ini. Beberapa kucing bambino juga ada yang memiliki ekor mirip singa atau juga disebut dengan ekor singa, yaitu ekor yang hanya ada bulu diujung ekornya saja. Pada kepala, bambino mirip dengan kucing sphynx yaitu bagian pipi dan mulut terlihat menonjol, bagian kumis sangat sedikit dan pendek bahkan jika dilihat secara sekilas kucing ini terlihat tidak memiliki kumis.


Mata bambino terlihat besar, lebar dan juga bulat mirip dengan kucing sphynx, telinganya besar dan tegak tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang. Berat badan umum kucing bambino berkisar antara 2.5 kg sampai dengan 4 kg namun ada juga yang bisa lebih dari itu. Meski memiliki fisik yang unik namun kucing bambino sama sekali tidak terganggu, dia selalu aktif dan suka bermain.


Baca Juga : Kucing Sphynx, Kucing Tak Berbulu yang Eksotis


Bambino adalah kucing yang sedikit nakal namun kucing ini juga sangat suka bermain, ketika dilepaskan kucing ini bisa bermain sepanjang waktu dan menjelajahi setiap sudut dari lingkungan yang kalian berikan. Disarankan untuk memberikan ruangan atau lingkungan yang luas untuk kucing ini supaya bisa memuaskan insting bermainnya, pemberian mainan seperti cat condo juga bisa dilakukan untuk variasi bermain bambino.


Kepribadian kucing bambino yang disukai kebanyakan orang adalah kasih sayangnya, meski kucing ini suka bermain dan sedikit nakal namun bambino adalah salah satu kucing yang paling mudah untuk membuat sebuah ikatan dengan manusia dengan berinteraksi dan kegiatan lain bersama dengan manusia.


Bambino bisa menjadi rekomendasi kucing yang bisa dipelihara oleh anak anak terutama untuk kitten bambino usia 3 bulanan, dengan sifat penuh kasih sayang dan suka berinteraksi dengan manusia, kucing bambino bisa menjadi teman bermain untuk anak kecil, meski begitu kalian harus mengawasinya karena keduanya butuh pendamping.


Selain berinteraksi dengan manusia, bambino juga tidak mempunyai masalah dalam berinteraksi dengan kucing lainnya atau bahkan hewan peliharaan selain kucing, dia bisa beradaptasi dengan hewan lain dan anggota keluarga pemilik kucing dengan mudah.


Perawatan Kucing Bambino

Kucing bambino adalah kucing tidak berbulu, meski dikatakan kucing ini bisa dengan mudah beradaptasi dengan iklim yang ada namun kalian harus mempertimbangkan hal tersebut. Ketika musim panas maka jangan biarkan kucing bambino berkeliaran karena dengan tidak adanya bulu pada tubuhnya bisa menyebabkan masalah kulit, sedangkan ketika cuaca dingin kalian bisa menggunakan baju untuk bambino supaya lebih hangat. Dalam perawatannya kucing bambino lebih disarankan untuk hidup sebagai kucing ruangan atau dipelihara didalam rumah.


Perawatan utama untuk bambino adalah masalah kulitnya, kalian harus sering untuk memandikannya secara teratur atau membersihkan badannya dengan kain karena kulit kucing bambino mengeluarkan minyak yang menyebabkan badan kucing ini jadi mudah kotor dibandingkan dengan kucing lainnya. Memandikan kucing bambino dari kecil adalah hal yang perlu dilakukan supaya bambino menjadi terbiasa untuk mandi,dengan melakukan hal tersebut maka kedepannya kalian jadi lebih mudah untuk memandikan kucing ini.


Kesehatan Kucing Bambino

Bambino merupakan ras kucing yang baru, dalam hal ini tidak banyak orang yang tahu mengenai kondisi keturunan dari kucing bambino. Tentunya dalam hal ini banyak yang percaya bahwa kucing bambino nantinya akan memiliki masalah yang sama dengan kucing sphynx dan juga munchkin karena memang bambino merupakan persilangan dari kedua ras kucing tersebut.


Kesehatan Kucing Bambino


Karena tidak memiliki bulu kulit kucing bambino akan lebih mudah terluka, selain itu infeksi juga sangat rentan untuk kulit kucing ini karena kulit berminyaknya bisa membuat kotoran dan juga bakteri menjadi menempel dengan mudah jika tidak dibersihkan secara teratur.


Lordosis dan Pectus Excavatum merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh kucing munchkin yang berarti kucing bambino juga memiliki kesempatan untuk terkena kedua hal tersebut. Lordosis (Tulang Punggung yang Melengkung Kedalam Berlebihan) bisa terjadi pada semua ras kucing namun ini lebih umum terjadi pada kucing munchkin yang berkaki pendek. Lordosis memberi tekanan pada organ vital kucing dan bisa berakibat fatal pada beberapa kasus untuk kucing.


Selain lordosis ada juga Pectus Excavatum juga umum terjadi pada kucing munchkin, itu adalah dimana kondisi tulang dada masuk kedalam tubuh yang bisa menyebabkan masalah pernapasan pada kucing. Pada kasus yang parah dada kucing akan terlihat sangat cekung sehingga kondisi ini sering disebut juga dengan istilah dada cekung.


Kondisi ini bisa semakin parah seiring dengan bertambahnya usia kucing, ketika masih kecil mungkin hanya terjadi masalah pernapasan ringan namun ketika beranjak dewasa pertumbuhan tulang yang masuk lebih kedalam dan menekan jantung dan paru paru yang menyebabkan terjadinya gangguan kedua organ tersebut dan bisa mengakibatkan kematian.


Harga Kucing Bambino

Harga kucing bambino sangatlah tinggi untuk saat ini, karena selain merupakan ras kucing yang baru masih belum banyak juga breeder kucing yang mengembangkan ras ini. Berbeda dengan kucing munchkin yang sudah mulai umum dipelihara dan juga dikembangkan oleh kebanyakan orang, bambino hanya dikembangkan oleh beberapa breeder saja.


Harga Kucing Bambino


Kitten bambino biasanya dilepas adopsi dengan harga diatas 20 juta atau lebih tepatnya 23 juta sampai dengan 25 juta, harga bambino tersebut untuk bambino Non Ped. Untuk kucing bambino dewasa atau bambino ped tentunya bisa lebih mahal dari harga tersebut.


Bambino brush atau bambino yang masih memiliki bulu dilepas dengan harga 8 juta sampai dengan 10 juta keatas hampir sama dengan harga kucing munchkin, bambrush biasanya lebih cenderung dicari oleh para breeder kucing munchkin karena jika dikawinkan dengan munchkin masih ada kemungkinan untuk mempunyai anak tidak berbulu.


Bagi kalian yang ingin adopsi kucing bambino disarankan untuk memilih breeder yang mudah dijangkau dari kota kalian atau breeder kucing yang sudah terpercaya, karena seperti yang kalian tahu bahwa harga adopsi kucing bambino termasuk mahal. Demikian mengenai kucing bambino yang tidak berbulu dan berkaki pendek, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar