-->

Mengenai Kucing Calico, Kucing Telon Jantan yang Langka

Para penggemar kucing pasti sudah tahu mengenai kucing calico, bagi kalian yang ingin memelihara kucing tentunya kucing calico bisa menjadi rekomendasi yang bagus karena kucing calico mempunyai banyak cerita dan juga fakta unik didalamnya.


Kucing calico bukanlah ras kucing namun merupakan warna pada kucing yang diakibatkan oleh genetik pada masing masing kucing. Kucing dengan warna calico dapat ditemukan pada beberapa ras kucing seperti ras Kucing Persia, Munchkin, Manx, Japanese Bobtail, Kucing Domestik dan masih banyak yang lain lagi. Ada beberapa juga ras kucing yang tidak bisa mempunyai warna calico karena pada dasarnya warna dari ras kucing tersebut berwarna solid dan juga pointed seperti ras kucing British Shorthair, Russian Blue, Siamese dan juga Himalaya.


Kucing Belang Telon Jantan


Kucing calico adalah kucing dengan kombinasi 3 warna berbeda pada tubuhnya yaitu hitam, putih dan juga jingga atau orange, selain itu ada kombinasi warna lain yaitu warna cream, blue (abu abu) dan putih. Pola kombinasi tiga warna pada tubuh kucing calico ini memiliki pola yang terpisah jelas antara warna satu dan lainnya dan juga pola perpaduan warna yang bercampur (Dilute Calico), pola inilah yang membuat kucing calico tidak akan memiliki pola yang sama atau pola warna ini adalah ciri khas dari kucing calico.


Kucing calico di Indonesia sering disebut dengan kucing telon, kucing belang telon, kucing kembang telon, kucing kaliko dan juga kucing belacu, calico sendiri adalah sebutan dari amerika. Berbagai negara mempunyai sebutan sendiri untuk kucing belang tiga ini,yaitu :


Amerika : Calico atau kucing tempurung kura-kura dan putih

Jepang : Mike /未-毛 (Kucing belang belang, kucing tiga warna)

Belanda : Lapjeskat (Kucing Belang)

Prancis : chatte d'Espagne (Kucing Spanyol)


Kucing yang sering disamakan dengan kucing calico adalah kucing tortie (Tortoiseshell) karena memang kedua kucing ini memiliki kemiripan namun bedanya kucing tortie memiliki warna merah dan hitam dengan batas yang tidak jelas atau campur aduk. Warna tortie sendiri juga kebanyakan dimiliki oleh kucing betina, jadi kedua pola warna kucing ini banyak memiliki kemiripan.

Genetik Kucing Calico

Warna pada kucing calico ini ternyata memiliki sesuatu yang aneh dan berkaitan dengan genetika pada kucing calico oleh sebab itu pada tahun 1940 seorang ilmuwan bernama Murray Barr bersama dengan muridnya yang bernama E.G.Beertam meneliti hal ini. Dalam penelitiannya Barr menemukan sebuah bentukan (Massa) berwarna hitan dengan bentuk batang inti sel saraf kucing betina namun bentukan tersebut tidak terdapat pada kucing jantan.


Bentukan atau massa tersebut selanjutnya disebut dengan Barr Bodies, selanjutnya pada tahun 1959 ilmuwan yang berasal dari jepang membuat pernyataan bahwa Barr Bodies merupakan kromosom X. Kromosom X pada kucing merupakan penentu warna pada bulu kucing, jadi kucing dengan dua X akan mempresentasikan 3 warna calico (XXY).


Baca Juga : Kucing Odd Eye yang Langka


Pada umumnya kromosom kucing jantan adalah XY, sedangkan pada kucing jantan calico kromosomnya adalah XXY yang berarti kromosom pada kucing calico termasuk cacat genetik (Klinefelter Syndrome) dan menyebabkan kelainan hormonal, perkembangan organ yang tidak sempurna (Jantung, Paru-Paru dan Saluran Reproduksi).


Cacat genetik tersebut membuat kucing jantan calico akan mengalami permasalahan kesehatan secara berkelanjutan sehingga kucing jantan calico akan mempunyai umur yang pendek, selain itu perkembangan organ reproduksi yang tidak sempurna menyebabkan kucing jantan calico mandul (Infertil) presentase dalam hal ini mencapai 99%. Hal inilah yang membuat kelahiran kucing jantan dengan warna calico atau telon menjadi sangat langka, dikatakan bahwa presentase kelahiran kucing jantan telon ini hanya 0.1% atau 1 per 3000 ekor kelahiran kucing.


Dengan adanya cacat genetik pada kucing calico ini secara insting jika ada induk kucing yang melahirkan anak dengan kelamin jantan serta berwarna telon atau calico maka induk kucing akan langsung memakan anak kucing tersebut dikarenakan induk kucing tahu bahwa anak kucing jantan telon tersebut cacat dan tidak akan bertahan hidup.


Kucing calico yang lahir dengan selamat hampir bisa dipastikan bahwa 99% kucing tersebut adalah kucing dengan kelamin betina, namun jika yang muncul kucing dengan kelamin jantan maka hanya dua warna saja yang pasti dominan sedangkan warna satunya tidak akan begitu jelas.


Berbeda dengan kucing jantan yang memiliki kromosom XY, normalnya kucing betina memiliki dua kromosom X yaitu kromosom XX jadi tidak mengherankan jika kucing betina bisa memiliki dua warna sekaligus. Bulu kucing dengan warna putih bukan termasuk gen warna namun itu adalah gen modifikasi dan tidak terpengaruh dengan kromosom seks (Kromosom X dan Y)


Berbagai Cerita Kucing Calico


Harga Kucing Jantan Belang Telon


Berbagai negara mempunyai cerita tersendiri untuk kucing calico ini, salah satunya adalah negara kita sendiri yaitu Indonesia. Di Indonesia kucing telon seringkali dihubungkan dengan cerita yang berbau mistis seperti kucing telon atau calico adalah kucing yang membawa keberuntungan dan dianggap mendatangkan rejeki.


Kucing calico di pulau jawa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan kucing kembang telon atau kucing telon, masyarakat jawa mempercayai beberapa mitos mengenai kucing telon ini dan membuat sebagian orang percaya bahwa jika ada yang memiliki kucing telon dengan kelamin jantan maka orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan yang besar dan akan jadi kaya raya.


Selain pembawa keberuntungan masyarakat Indonesia juga banyak yang percaya tentang cerita kucing jantan telon yang mempunyai suatu kekuatan, salah satunya adalah bisa menjatuhkan cicak hanya dengan dilihat. Cerita tersebut juga dihubungkan dengan kucing jantan telon yang dimakan oleh induknya, dikatakan bahwa induk kucing takut jika kucing telon jantan tersebut akan menjadi pemimpin kawanan kucing dan membuat masalah untuk kucing lain.


Di negara jepang kucing calico juga dianggap kucing pembawa keberuntungan dan juga memiliki kekuatan spiritual. Kepercayaan ini berasal dari cerita bahwa kucing calico dibawa berlayar oleh nenek moyang mereka, pada saat itu kapal nenek moyang mereka diterpa oleh ombak yang besar dan diselamatkan oleh kucing calico dengan cara mengusir makhluk halus di lautan dengan kekuatan spiritualnya yang membuat kapal tersebut jadi selamat.


Kucing Maneki Neko


Sampai sekarang orang jepang masih percaya bahwa kucing calico ini membawa keberuntungan, hal tersebut dibuktikan dengan Boneka Maneki Neko yang ada sekarang. Boneka maneki neko adalah boneka kucing berwarna emas (Warna Putih juga ada) dengan tiga warna khas lainnya yang sama dengan kucing calico yang sering ditempatkan pada tempat usaha di jepang untuk mendatangkan keberuntungan. Maneki Neko juga sering disebut dengan Beckoning atau Lucky cat, banyak yang percaya bahwa Maneki Neko dulunya adalah kucing Japanese Bobtail.


Di negara amerika kucing calico juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan bisa mendatangkan uang untuk pemiliknya, oleh sebab itu kucing calico mendapatkan julukan money cat. Kelangkaan kucing calico membuat kucing ini dihargai dengan harga yang sangat tinggi di Amerika.


Baca Juga : Kebutuhan Air Minum Kucing


Kombinasi warna yang unik dan juga langka pada kucing calico ini membuat kucng calico menjadi kucing resmi di beberapa negara seperti negara Maine, Massachusetts dan Maryland. Maryland merupakan negara bagian di Amerika , negara ini meresmikan kucing calico adalah kucing resmi negara tersebut karena memiliki warna orange, hitam dan putih yang identik dengan Baltimore Ooriole dan juga Baltimore Checerspot. Banyak sekali cerita menarik mengenai kucing calico, tentu saja cerita ini berasal dari cerita pendahulu di berbagai negara tersebut.


Jadi kesimpulannya adalah kucing calico merupakan kucing yang tidak ada kaitannya dengan cerita atau mitos masyarakat sama sekali, populasi kucing jantan calico yang sangat sedikit merupakan cacat genetik dan jika ada kemungkinan bertahan hidup juga sedikit. Demikian mengenai detail kucing calico yang perlu diketahui, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar