-->

Kumpulan Hal Lain Tentang Kucing

Hal lain tentang kucing merupakan hal yang tidak terlalu diperhatikan oleh orang yang masih awal suka dengan kucing atau baru saja memelihara kucing, karena hal ini merupakan sesuatu lanjutan bagi mereka yang sudah pakar dalam dunia kucing. Pada awal memelihara kucing kita hanya fokus dalam memberikan perawatan yang terbaik untuk kucing kita, mengenal penyakit kucing dan cara penanganannya serta beberapa hal kecil lainnya.

Masuk dalam pertengahan merawat kucing biasanya kucing kita sudah melahirkan anak kucing yang lucu lucu dan juga menggemaskan, bagi yang memelihara kucing ras seperti kucing Persia, Kucing Munchkin, Kucing Sphynx bisa melakukan pengembangan dengan kawin silang atau memperbanyak keluarga kucing dirumah. Namun tentu saja kita juga harus lepas adopsi kucing tersebut supaya tidak terjadi over populasi kucing dirumah kita yang menyebabkan kita sendiri jadi kewalahan dan membuat masalah untuk kucing kita sendiri.


Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kucing


Dalam dunia kucing kita juga perlu mengetahui beberapa istilah yang sering digunakan oleh pecinta kucing atau penghobi kucing, salah satunya adalah adopsi itu sendiri. Kebanyakan orang hanya memakai kata jual beli untuk kucingnya, hal ini sebenarnya kurang enak untuk didengarkan karena seolah olah kucing merupakan barang dan bukan hewan.


Adopsi merupakan kata yang tepat digunakan untuk kucing karena kesan dari adopsi, lepas adopsi sangat tepat digunakan daripada jual atau beli kucing. Lepas adopsi berarti kita melepaskan adopsi kucing dengan sejumlah mahar yang harus ditebus untuk mendapatkan hak asuh untuk kucing tersebut, jadi istilah ini terdengar lebih halus untuk kucing kesayangan kita. Mengetahui istilah tersebut juga hal yang penting, untuk itu silahkan simak beberapa istilah yang sering digunakan diduinia kucing dibawah ini.


Istilah pada Dunia Kucing


Istilah Dunia Kucing

Istilah Dalam Adopsi Kucing


Adopter : Orang yang mengadopsi kucing

Available : Kucing masih tersedia untuk diadopsi

COD : Cash On Delivery

DOB : Date of Birth atau tanggal kelahiran kucing

Fee Adop : Mahar yang diberikan untuk mengadopsi kucing

GA : Ganti Adop

Mahar : Harga adopsi kucing

Proven : Sudah pernah memiliki anak dan bisa merawat dengan baik untuk betina dan untuk jantan berarti sudah bisa mengawini kucing betina dan melahirkan anak


Istilah Warna Kucing


Bicolor : Kucing dengan dua warna

Blue : Abu abu

Calico : Kucing yang memiliki 3 warna pada tubuhnya, biasanya disebut juga dengan telon

Classic Tabby : Pola belang pada kucing

Golden : Warna emas pada kucing


Istilah Lain dalam Dunia Kucing


ABY : Kucing Abyssinian

ACS : Kucing American Curl Shorthair

Birahi : Kondisi dimana kucing siap untuk dikawinkan dengan kucing jantan

BSH : Kucing british shorthair

CRX : Kucing Cornish rex

Domestik : Kucing lokal

Heat : Masa birahi pada kucing


Tentunya masih banyak lagi istilah yang sering digunakan dalam dunia kucing yang belum disebutkan, itulah beberapa istilah kucing yang umum digunakan dalam adopsi kucing, warna kucing dan beberapa istilah lain.


Baca Juga : Istilah Lengkap dalam Dunia Kucing


Selanjutnya kita akan membahas mengenai breeder kucing, cattery, juga pedigree, bagi kalian yang masih asing dengan kata tersebut atau ingin tahu maka lanjutkan untuk membacanya dibawah ini.


Breeder Kucing

Breeder Kucing adalah orang yang mengembangkan ras kucing untuk suatu tujuan yang berkaitan dengan pelestarian ras kucing atau persilangan ras kucing. Orang yang memelihara kucing kampung dirumahnya tidak bisa disebut sebagai breeder karena dia tidak mengembangkan kucing tersebut melainkan hanya memeliharanya saja, jadi orang tersebut adalah orang yang memelihara kucing kampung.


Begitu juga jika hal tersebut terjadi pada ras kucing lain seperti kucing Persia, maka orang itu juga disebut dengan orang yang memelihara kucing persia. Ketika orang ini memelihara beberapa kucing Persia dan dikembangkan dengan cara dikawinkan maka orang ini sudah bisa disebut sebagai breeder kucing Persia, hal ini merupakan pendapat pribadi saya mengenai breeder dan tentu saja akan berubah jika kita membahas mengenai registered breeder atau breeder yang terdaftar.


Baca Juga : Semua Hal Tentang Kucing yang Perlu Diketahui


Seorang breeder kucing bisa bebas menyilangkan kucing ras dengan kucing ras lainnya tidak ada peraturan yang harus diikuti oleh breeder tersebut, namun lain cerita jika kita berbicara mengenai registered breeder atau breeder yang terdaftar.


Registered breeder adalah breeder yang mendaftarkan diri pada suatu organisasi kucing, breeder yang sudah terdaftar tidak bisa menyilangkan kucing dengan semaunya karena sudah harus mematuhi peraturan pada organisasi kucing tersebut. Breeder yang sudah terdaftar sangat dekat hubungannya dengan cattery, selanjutnya kita bahas hal ini dalam cattery.


Cattery Kucing

Cattery Kucing adalah tempat dimana kucing dikembangkan oleh breeder kucing yang bisa didasari oleh hobi dan juga untuk komersil atau mencari uang untuk pengembangan kucing tersebut. Komersil yang dimaksudkan adalah dalam adopsi kucing pada cattery tidak gratis melainkan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mengganti fee adop yang diberikan oleh breeder kucing tersebut, walaupun mahar yang diberikan biasanya tidak murah namun belum tentu cattery mendapatkan keuntungan dalam hal lepas adopsi kucing.


Istilah cattery biasanya digunakan untuk breeder atau tempat breeder kucing yang sudah terdaftar dalam suatu organisasi kucing, ketika belum terdaftar dalam suatu organisasi kucing kebanyakan orang sering menggunakan istilah Cat House karena memang keduanya memiliki arti yang mirip atau hampir sama, yaitu tempat tinggal kucing atau tempat dimana kucing dikembang biakkan.


Ketika cattery sudah terdaftar dalam organisasi kucing maka cattery tersebut harus mematuhi peraturan yang diberikan oleh organisasi dalam segala hal termasuk pengembangan kucing. Peraturan organisasi kucing dalam mengawinkan kucing tidak boleh sembarangan karena setiap ras memiliki standar masing masing, bahkan beberapa ada yang tidak boleh untuk mengawinkan ras kucing yang belum disetujui untuk dikembangkan.


Kebanyakan orang sering salah dalam membedakan cattery dengan petshop karena masih ada saja orang yang menanyakan produk kucing pada cattery seperti makanan, obat kucing, vitamin kucing, kandang kucing dan sebagainya. Pengertian cattery seperti yang sudah disebutkan diatas, sedangkan petshop adalah tempat dijualnya berbagai produk untuk hewan peliharaan (Termasuk Kucing) mulai dari makanan, aksesoris, perlengkapan, vitamin, dan lain lain.



Cattery memiliki beberapa tanggung jawa yang harus dilakukan mulai dari tidak boleh mengawinkan kucing betina lebih dari dua kali dalam setahun, tidak boleh merugikan penghobi kucing yang lain (Cattery yang Baik), Kucing yang dilepas adopsi harus dalam keadaan sehat, dan lainnya.


Menjadi cattery merupakan hal yang mudah, cukup memenuhi persyaratan dari organisasi kucing yang diikuti lalu membayar iuran tahunan yang diwajibkan maka kalian sudah menjadi cattery yang terdaftar. Hal yang penting sebelum menjadi cattery adalah pemahaman dalam kegiatan breeding kucing itu sendiri, jadi sebelum memutuskan untuk menjadi cattery kalian harus belajar perawatan kucing yang benar, berdiskusi dengan breeder lain, mempunyai tujuan dalam breeding, jika sudah siap maka silahkan untuk mendaftar menjadi cattery.


Setiap cattery yang terdaftar dalam organisasi kucing pasti bisa mengeluarkan sertifikat atau PED (Pedigree) jika kedua indukan memiliki PED juga, namun jika kedua indukan kucing Non PED maka anak dari kedua kucing tersebut tidak bisa memiliki Sertifikat. Ketika sebuah cattery mengembangkan kucing bersertifikat namun tidak bisa mengeluarkan sertifikat untuk anak kucingnya maka cattery tersebut tidak terdaftar dalam organisasi kucing.


Pedigree Kucing

PED atau Pedigree adalah sertifikat kucing yang membuktikan asal usul garis keturunan kucing tersebut yang dikeluarkan oleh organisasi kucing yang diakui. Didalam sebuah PED kucing akan tertulis semua detail tentang kucing tersebut mulai dari nama kucing, nama pemiliki kucing, tanggal kelahiran kucing, dan juga garis keturunan kucing mulai dari pejantan, indukan dan bahkan nenek moyang kucing tersebut.


Dengan adanya PED maka biaya adopsi kucing menjadi lebih mahal karena kucing dengan PED memiliki bukti yang jelas dalam hal keturunan, kemurnian ras dan sebagainya. Silsilah kucing merupakan hal penting dalam melestarikan suatu ras kucing, dan setidaknya PED bisa menjadi tanda dalam menangani hal tersebut. Selanjutnya kita lanjutkan ke Organisasi Kucing.


Organisasi Kucing

Organisasi Kucing adalah organisasi yang menangani penelitian dalam bidang kucing, pencatatan serta pembinaan mengenai kucing terhadap klub atau anggota yang terdaftar pada organisasi kucing tersebut. Setiap organisasi kucing memiliki peraturan, kebijakan  dan juga administrasi yang berbeda, beberapa organisasi kucing berskala internasional antara lain adalah FIFe, CFA, TICA, dan WCF.


Organisasi Kucing di Indonesia


Pada suatu negara biasanya organisasi kucing memiliki cabang sendiri, termasuk juga di negara kita yaitu Indonesia. Di Indonesia ada beberapa cabang organisasi atau Klub yang mempunyai hubungan dengan organisasi pusat dan diberikan hak atau lisensi untuk menangani serta membina anggota yang terdaftar di dalam organisasi. Diantaranya adalah :


ICC (Indonesian Cat Council)

ICC atau Indonesian Cat Council atau disebut dalam Bahasa Indonesia Konsil Kucing Indonesia adalah perkumpulan pecinta kucing yang ada di Indonesia yang telah berafiliasi dengan WCF (World Cat Federation) sebagai Patronage Member di Indonesia. ICC mempunyai tujuan yaitu melestarikan, melindungi dan memelihara kucing ras yang dibudidayakan di Indonesia dan negara diluar Indonesia dengan standart dari World Cat Federation (WCF). 


ICA (Indonesian Cat Association)

ICA atau Indonesian Cat Association atau disebut dalam Bahasa Indonesia Asosiasi Kucing Indonesia adalah organisasi kucing yang ada di Indonesia yang telah menjadi Patronage Member dari Federation Internationale Feline (FIFe) pada tahun 2005 dan menjadi Full Member pada tahun 2007 setelah menjalani masa percobaan.


CFI (Cat Fancy Indonesia)

CFI atau Cat Fancy Indonesia atau disebut dalam Bahasa Indonesia Perhimpunan Kucing Ras Indonesia adalah organisasi kucing yang ada di Indonesia yang menjadi badan registrasi dan control pembiakan kucing di Indonesia dengan tanggung jawab dari National Breeding Committee – CFI.


CFSI (Cat Fanciers' Society of Indonesia)

CFSI atau Cat Fanciers' Society Indonesia atau disebut dalam Bahasa Indonesia Perkumpulan Penyayang Kucing Indonesia yang telah berafiliasi dengan CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 2006. Tjuan yang dimiliki oleh CFSI adalah untuk meningkatkan kesejahteraan kucing, mengikuti standar perkembangan kucing mulai dari Breed sampai dengan Show Kucing dari CFA, Menjunjung tinggi persahabatan antara pecinta kucing tanpa diskriminasi terhadap sesama pecinta kucing atau organisasi lain.


Dalam pengembangannya setiap organisasi cabang setiap negara harus menaati peraturan yang diberikan oleh pusat sehingga anggota tidak bisa seenaknya dalam mengembangkan kucing, namun biasanya setiap anggota bisa mengajukan eksperimental breeding untuk suatu ras kucing untuk dikembangkan. 


Bagi kalian yang sudah merasa siap menjadi seorang breeder atau cattery maka kalian bisa mendaftarkan diri pada organisasi kucing yang ada, dengan memenuhi persyaratan yang diberikan kalian sudah bisa menjadi breeder atau cattery yang terdaftar. Demikian mengenai hal lain dalam dunia kucing yang perlu diketahui, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya

LihatTutupKomentar