-->

Pentingnya Sterilisasi Kucing atau Kebiri pada Kucing

Sebagian besar orang yang sudah memelihara kucing pasti sudah pernah mendengar tentang sterilisasi kucing, hal tersebut mungkin kalian dengan dari teman, breeder kucing ataupun disarankan oleh dokter hewan untuk melakukan steril kucing.


Orang awam lebih mengenal sterilisasi kucing dengan kebiri kucing, hal ini dikarenakan Bahasa tentang kebiri kucing sudah melekat pada semua orang. Umumnya kebiri kucing lebih melekat pada kucing jantan, karena kebanyakan orang hanya mengetahui jika kucing jantan saja yang dapat dikebiri namun sebenarnya kucing betina juga bisa dikebiri.


Cara KebiriKucing Secara Tradisional


Bagi pemilik kucing atau orang yang memelihara kucing tentunya harus mengetahui tentang sterilisasi kucing ini, karena dengan mengetahui hal tersebut kita bisa menentukan pilihan apakah kucing peliharaan kita akan disteril atau tidak. Lalu apakah kebiri kucing itu dan apa manfaatnya untuk kucing kita?


Apa itu Kebiri pada Kucing?

Kebiri atau Sterilisasi kucing adalah tindakan pencabutan organ reproduksi dari kucing jantan atau kucing betina melalui operasi dengan posisi kucing yang terbius (tidak sadar). Operasi untuk steril kucing harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman (professional) tentu saja dalam hal ini adalah dokter hewan, jadi kalian jangan pernah melakukan kebiri kucing sendiri karena terlalu beresiko.


Kucing yang sudah disteril tidak mempunyai organ reproduksi, jadi kucing tersebut tidak akan bisa mempunyai keturunan. Selain itu steril juga bisa menghilangkan hasrat kawin kucing dan beberapa manfaat lain untuk kesehatan kucing.


Baca Juga : Awal Kucing Hamil sampai Melahirkan


Dalam Bahasa kedokteran kebiri disebut dengan Orchidektomi, namun ada juga beberapa istilah lain untuk hal ini yaitu Spay dan Neuter. Perbedaan penggunaan istilah spay dan juga neuter lebih cenderung mengenai prosedur kebiri yang dilakukan pada kucing jantan dan betina, untuk lebih jelasnya inilah perbedaan spay dan neuter tersebut.


Perbedaan Spay dan Neuter pada Kucing

Neuter sebenarnya adalah istilah umum, yang berarti bisa digunakan untuk kucing jantan dan juga kucing betina. Tetapi kebanyakan orang sering menggunakan istilah neuter untuk kucing jantan, ketika kalian mencari informasi mengenai hal ini pasti kalian akan menemukan dua istilah yaitu Neuter dan juga Spay.


Biaya Kebiri KucingJantan 2020


Neuter

Neuter adalah Bahasa yang umum digunakan untuk proses kebiri pada kucing berkelamin jantan, namun ada juga Bahasa yang sering digunakan untuk kebiri kucing jantan yaitu Kastrasi (Castrate). Kalian pasti lebih sering mendengar istilah steril atau kastrasi, karena kebanyakan orang lebih mengenal Bahasa ini.


Neuter atau Kastrasi kucing jantan dilakukan dengan tujuan menghilangkan (membuang) testis kucing melalui prosedur operasi dimana kondisi kucing sedang terbius atau tidak sadar. Kucing jantan yang sudah di kastrasi tidak akan mempunyai nafsu kawin dan tidak bisa memiliki keturunan.


Spay

Spay adalah Bahasa yang digunakan untuk proses kebiri pada kucing betina. Berbeda dengan kucing jantan yang hanya menghilangkan testisnya saat kebiri, kucing betina yang dikebiri memerlukan proses yang sedikit lebih sulit.


Kebiri kucing betina membutuhkan operasi bedah untuk mengangkat ovarium (Indung telur), ketika sudah diangkat kucing betina masih bisa dikawin oleh kucing jantan, namun karena tidak mempunyai tempat sel telur maka kucing betina tidak akan bisa hamil. Kebiri pada kucing betina lebih sulit dilakukan daripada kebiri kucing jantan, untuk itu biaya kebiri kucing betina lebih mahal.


Istilah neuter dan juga spay sebenarnya memiliki kesamaan dalam pengambilan alat reproduksi kucing atau kebiri namun hanya berbeda dalam proses dan jenis kelamin kucing yang dihilangkan alat reproduksinya.


Manfaat Kebiri pada Kucing

Manfaat kebiri kucing sangat banyak sekali, terutama untuk kucing jantan. Ketika kita mengebiri kucing jantan lebih awal atau sebelum dewasa, maka kucing jantan tersebut bisa terhindar dari berbagai macam penyakit dan masalah yang berkaitan dengan hormon kucing.


Kebiri Kucing Menurut Islam


Beberapa orang ada yang merasa kasihan pada kucing yang dikebiri karena kucing tersebut jadi tidak bisa kawin, namun dibalik hal itu kebiri pada kucing juga memiliki banyak manfaat. Inilah keuntungan dari kebiri kucing yang perlu kalian tahu.


Mencegah Kelahiran Anak Kucing yang tidak Direncanakan

Manfaat pertama dari kebiri kucing adalah mencegah terjadinya kelahiran anak kucing yang tidak kita rencanakan, sebenarnya hal ini dilakukan untuk menjaga populasi kucing yang ada dirumah kita supaya tetap terjaga. Dengan populasi kucing yang terjaga kita bisa merawat kucing dengan lebih baik dan maksimal.


Selain itu, kebiri yang kita lakukan juga membuat kucing terhindar dari beberapa resiko dari birahi kucing yang terjadi pada musim kawin. Pada musim kawin kucing akan mengalami birahi dimana kucing akan berteriak, mengalami penurunan nafsu makan, kerontokan bulu dan juga muntah.


Masa birahi kucing adalah masa yang mengganggu dan juga menyusahkan bagi pemilik kucing dan juga kucing itu sendiri. Dengan mengkebiri kucing maka kita jadi lebih tenang karena kucing tidak teriak dan kucing juga terhindar dari beberapa gejala birahi kucing.


Menghilangkan Sifat Agresif Kucing

Hormon pada kucing jantan adalah hormon testosterone, hormon ini bisa mempengaruhi beberapa perilaku pada kucing jantan terutama adalah perilaku agresif kucing. Namun kebanyakan kucing jantan yang sudah dikebriri akan mengalami pengurangan untuk sifat agresifnya tersebut.


Mengurangi Kebiasaan Spraying Kucing

Spraying adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh kucing jantan, ketika kucing jantan melakukan spraying hal tersebut dimaksudkan untuk menandai area dari kucing itu. Terkadang spraying ini bisa membuat pemilik kucing resah karena air kecil kucing ada dimana mana, selain itu spraying ini juga bisa memancing birahi kucing betina, namun setelah dikebiri kebanyakan kucing akan kehilangan perilaku spraying ini.


Kucing jadi tidak Suka Berkeliaran

Kucing yang belum dikebiri akan cenderung lebih sering untuk keluar rumah, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk mencari kucing betina. Kucing betina yang sedang birahi bisa mengeluarkan Feromon (Aroma yang Merangsang Kucing) yang bisa menyebar melalui udara.


Aroma dari feromon ini bisa mencapai daerah yang jauh, ketika kucing jantan mencium aroma ini dia bisa mengetahui lokasi kucing betina tersebut dan akan mendatanginya. Hal itu terjadi pada kucing normal, namun kebanyakan kucing yang sudah dikebiri tidak bereaksi terhadap hal tersebut dan memilih untuk diam dirumah.


Kucing Jarang Terluka

Kucing yang telah dikebiri cenderung lebih suka untuk berdiam diri dirumah, dengan kebiasan tersebut maka kucing akan lebih jarang berkelahi dengan kucing liar lainnya dan juga terhindar dari luka. Selain itu kucing juga akan terhindar dari virus yang berbahaya dari penularan kucing liar akibat kontak dengan kucing yang teinfeksi.


Mengurangi Jumlah Cacat Genetik Kucing

Kebiri tidak hanya dilakukan pada kucing peliharaan, namun juga dilakukan pada kucing yang cacat karena kelainan genetik. Dengan melakukan kebiri pada kucing tersebut maka kucing tidak akan menghasilkan keturunan dengan cacat genetik yang sama dan jumlah kucing cacat yang ada bisa dikurangi.


Mengurangi Resiko Kucing Terkena Tumor & Gangguan Prostat

Tumor dan juga gangguan prostat pada kucing merupakan penyakit yang disebabkan oleh hormon pada kucing, ketika kita melakukan kebiri pada kucing yang masih muda maka kucing tidak akan menghasilkan hormon tersebut dan tentu saja resiko kucing terkena panyakit tersebut akan berkurang.


Melakukan kebiri pada kucing kecil bisa membuat resiko kucing terkena kanker berkurang, pada kucing jantan resiko kanker ada di bagian testis sedangkan pada kucing betina resiko kanker janin (uterin) dan juga pyometra (Infeksi Uterin Kucing) pada kucing.


Kucing Menjadi Lebih Manja

Sifat agresif kucing jantan sangat dipengaruhi oleh hormon testosterone, ketika kucing belum dikebiri kucing akan cenderung memiliki sifat agresif karena masih memiliki efek dari hormon tersebut. Steril pada kucing bisa menghilangkan pengaruh hormon tersebut, sehingga ketika kucing sudah disteril sifat kucing akan cenderung lebih manja daripada ketika belum disteril.


Membuat Kucing Berumur Lebih Panjang

Kucing yang sudah dikebiri mempunyai beberapa keuntungan, yaitu berkurangnya resiko kucing terkena beberapa penyakit dan perubahan sikap seperti yang sudah disebutkan diatas.


Kebiri pada kucing selain membuat kucing menjadi lebih sehat juga bisa menambah masa hidup kucing, hal ini dikarenakan kucing menjadi lebih betah dirumah dan jarang untuk bertemu kucing lain yang bisa menularkan virus berbahaya bagi kucing. Banyak yang mengatakan bahwa kucing yang sudah dikebiri mempunyai masa hidup dua kali lipat lebih panjang dari pada kucing yang tidak dikebiri.


Mengurangi Jumlah Kucing Terlantar

Manfaat kebiri kucing yang paling utama sebenarnya bukanlah masalah kesehatan kucing, namun pengurangan jumlah kucing terlantar yang ada di beberapa lokasi didekat kalian seperti di jalan, pasar dan beberapa tempat lain yang seringkali menjadi tempat tinggal kucing.


Pasti kalian banyak mengetahui kucing yang dibuang dalam kardus, hal ini mungkin bukan keinginan pemiliknya namun bisa dikarenakan kucing miliknya dihamili kucing liar yang belum dikebiri tanpa sepengetahuan pemilik kucing. Meski banyak pecinta kucing yang ingin merawat kucing tersebut, namun ketika hal ini dibiarkan maka jumlah kucing liar yang ada akan semakin bertambah.


Melakukan kebiri pada kucing bisa mengurangi jumlah kucing terlantar yang ada dijalan, meski tidak sering namun ada beberapa pecinta kucing yang pernah mengadakan acara kebiri kucing gratis di tiap kota, tentunya tujuan dari kebiri gratis ini adalah supaya kucing terlantar bisa dikurangi.


Resiko Kesehatan Setelah Kucing Dikebiri

Kebiri pada kucing selain bisa membuat kucing lebih sehat namun juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada kucing, inilah gangguan kesehatan yang mungkin dialami kucing setelah dikebiri.


Bagaimana Cara Mengebiri Kucing?


Kucing Obesitas

Kucing yang telah disteril akan mengalami perubahan metabolisme hormon pada tubuhnya, hal ini membuat kucing menjadi tidak agresif dan cenderung kurang suka beraktifitas seperti kucing pada umumnya.


Obesitas pada kucing sering dialami kucing yang sudah dikebiri, karena kucing menjadi lebih suka makan namun tidak melakukan aktifitas. Ketika hal ini terjadi maka bukan hanya kucing saja, manusia pun ketika makan banyak dan hanya tidur akan rentan untuk terkena obesitas.


Mengajak kucing bermain merupakan salah satu solusi untuk mencegah kucing obesitas, selain itu juga bisa membuat kucing dan pemiliknya menjadi lebih dekat. Untuk itu bagi kalian yang mempunyai kucing steril seringlah untuk mengajak bermain kucing supaya kucing tidak obesitas.


Kucing Kencing Batu

Kencing batu pada kucing atau disebut juga dengan FUS (Feline Urinary Syndrome) merupakan salah satu penyakit yang bisa diderita oleh semua kucing, sebenarnya kebiri kucing tidak membuat kucing rentan terkena penyakit ini namun faktor utama dari penyakit ini adalah kandungan makanan yang dikonsumsi oleh kucing.


Kencing batu pada kucing sering terjadi karena makanan yang dikonsumsi oleh kucing banyak mengandung magnesium, kandungan magnesium yang terlalu banyak akan membuat kucing rentan untuk terkena FUS. Seperti yang kalian tahu jika kucing yang dikebiri akan lebih suka untuk makan, hal ini bisa membuat kandungan magnesium menumpuk pada tubuh kucing dan bisa membuat kucing terkena FUS.


Pencegahan kencing batu kucing bisa dilakukan dengan memberikan makanan kucing yang memiliki kandungan rendah magnesium, untuk itu ketika kalian mensteril kucing perhatikan pola makan kucing kalian karena kucing akan lebih suka makan daripada kucing yang belum dikebiri.


Kapan Kucing Harus Dikebiri?

Waktu yang tepat untuk kebiri kucing sebenarnya adalah ketika kucing belum memasuki masa birahi pertamanya, kenapa kebanyakan orang melakukan kebiri kucing saat kucing masih muda? Hal ini dikarenakan supaya kucing tidak mengalami birahi dan membuat beberapa sifat buruk kucing ketika birahi tidak akan muncul ketika kucing sudah dewasa.


Umumnya orang mengkebiri kucingnya ketika kucing berusia 4 hingga 7 bulan, bahkan ada juga yang melakukan kebiri kucing saat usia kucing baru menginjak 8 minggu. Biasanya kebanyakan breeder kucing yang mengembangkan ras kucing tertentu juga sering melakukan kebiri, hal ini dilakukan karena kucing belum masuk dalam standart breed yang diinginkan oleh breeder atau standar dari organisasi kucing yang diikuti.


Meski kebiri kucing cenderung dilakukan pada kucing yang masih muda bukan berarti kucing yang sudah tua tidak bisa dikebiri. Manfaat maksimal dari kebiri pada kucing akan didapatkan ketika kucing dikebiri dibawah usia 2 tahun, kucing yang sudah berusia 2 tahun keatas masih bisa untuk dikebiri namun perlu dilakukan test kesehatan apakah kucing memiliki masalah atau tidak.


Biaya Kebiri Kucing

Biaya untuk kebiri kucing tidaklah gratis karena perlu penanganan dokter hewan untuk melakukan hal tersebut, jika kalian ingin mendapatkan subsidi kebiri kucing kalian bisa menunggu pecinta kucing setempat atau dokter mengadakan acara kebiri bersubsidi untuk kucing.


Kebiri Kucing Harga


Biaya kebiri kucing jantan umumnya lebih murah dibandingkan biaya kebiri kucing betina karena kebiri pada kucing jantan lebih mudah dilakukan. Kebiri pada kucing betina lebih rumit karena perlu dilakukan pembedahan untuk mengangkat indung telur kucing supaya kucing tidak bisa dibuahi.


Biaya Kebiri Kucing Jantan berkisar antara 200 ribu hingga 600 ribu


Biaya Kebiri Kucing Betina berkisar antara 400 ribu hingga 1 juta


Biaya untuk kebiri kucing sangatlah bervariasi pada tiap kota dan juga tiap dokternya, harga kebiri kucing diatas adalah harga rata rata jadi masih bisa berbeda dengan kota kalian tinggal. Supaya lebih jelas dengan biaya sterilisasi kucing dikota kalian maka kalian bisa berkonsultasi dengan vet atau drh terdekat.


Persiapan Kebiri Kucing

Sebelum melakukan kebiri pada kucing kalian harus menentukan usia berapa kucing akan dikebiri, setelah itu menentukan dokter yang tepat untuk mengkebiri kucing. Lakukan konsultasi pada dokter dengan memberitahukan detail kucing kalian mulai dari masalah kesehatan, usia kucing dan beberapa hal lainnya.


Ketika hari kebiri kucing sudah ditentukan maka persiapan selanjutnya adalah membersihkan kucing dengan memandikannya, kenapa demikian? Kucing yang baru saja melakukan operasi pasti tidak disarankan untuk mandi, oleh sebab itu kita perlu membersihkannya terlebih dahulu supaya tidak perlu memandikan kucing setelah operasi.


Baca Juga : Berbagai Macam Penyakit yang Sering Menyerang Kucing


Setelah membersihkan kucing maka tinggal menunggu hari operasi pada kucing, jaga kesehatan kondisi kucing supaya tidak drop sebelum operasi dilakukan. Beberapa hal lainnya bisa kalian tanyakan pada dokter seperti apakah perlu kucing puasa dan persiapan kecil lainnya.


Pemulihan Kucing Setelah Dikebiri

Proses pemulihan kebiri kucing merupakan hal yang perlu diwaspadai oleh kita pemilik kucing, dalam tahap pemulihan peran pemilik kucing sangat diperlukan untuk membantu kucing kembali sehat seperti sediakala.


Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan tempat yang bersih dan juga steril untuk kucing, hal ini dilakukan karena luka bekas operasi kucing masih belum sembuh sehingga diperlukan tempat yang bersih supaya luka tersebut tidak terkena kotoran yang bisa menyebabkan infeksi.


Umumnya kucing setelah operasi akan terlihat lemas dan tidak nafsu makan karena masih merasa sakit, untuk itu berikan makanan yang bisa memancing nafsu makan kucing. Kalian bisa memberikan makanan basah (Wet Food Kucing) supaya kucing lebih mudah untuk memakannya.


Berikan kenyamanan pada kucing dalam fase ini, jauhkan kucing dari kucing lainnya untuk menjaga hal yang tidak dinginkan. Selalu bersihkan area kandang dan jangan lupa untuk memberikan sentuhan kalian padanya. Berikan obat yang didapat dari dokter untuk mempercepat pemulihan kucing.


Melakukan kebiri kucing bukanlah suatu kewajiban namun dengan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan kucing dan juga hal lainnya alangkah baiknya jika kalian lebih mempertimbangkan untuk melakukan kebiri pada kucing palihaaan yang ada dirumah. Demikian mengenai pentingnya sterilisasi kucing atau kebiri pada kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar