-->

Tips Adopsi Kucing Munchkin

Kucing merupakan hewan peliharaan yang populer didunia termasuk di negara kita yaitu Indonesia, salah satu jenis ras kucing yang populer beberapa tahun belakangan terakhir ini adalah kucing munchkin. Dengan ciri khas kaki yang pendek dengan tubuh yang mungil, kucing munchkin menarik banyak perhatian para penggemar kucing entah itu yang sudah lama dan juga yang baru saja ingin memelihara kucing.


Meskipun harga kucing munchkin tergolong mahal namun permintaan adopsi kucing munchkin di grup adopsi kucing munchkin sangat banyak sekali, mulai dari kitten munchkin sampai dengan munchkin dewasa yang siap kawin. Indukan munchkin atau pejantan munchkin memiliki harga yang mahal karena sudah siap untuk dikawinkan dan tidak perlu menunggu lagi untuk dibesarkan, sedangkan harga kitten munchkin masih tergolong tinggi karena memang pada dasarnya harga kucing munchkin tidaklah murah.


Adopsi Kucing Munchkin Indonesia


Kebanyakan breeder kucing munchkin memang lebih sering untuk melepas adopsikan kitten munchkin daripada kucing munchkin yang sudah dewasa karena kucing munchkin yang sudah dewasa telah menjadi parent stock untuk setiap breeder dan tidak akan dilepas selama masih produktif atau belum ada penggantinya.


Para pemula yang ingin mengadopsi kucing munchkin kebanyakan digunakan untuk dibreeding dan dijadikan lahan bisnis, karena harga kucing munchkin yang tinggi ini membuat orang orang berfikir jika memlihara kucing munchkin akan mendapatkan uang dengan mudah dengan melepas adopsikan kitten munchkin.


Baca Juga : Mengenal Kucing Munchkin Lebih Dekat


Meskipun beberapa orang berfikiran begitu namun tidak sedikit juga orang yang ingin mengadopsi kucing munchkin karena memang tertarik dengan karakter dan ciri khas kucing munchkin ini. Bagi penggemar kucing memang kucing munchkin menjadi kucing yang memiliki ciri khas unik, selain itu tubuhnya yang kecil membuat memelihara kucing ini tidak membutuhkan tempat yang luas.


Bagi kalian yang ingin memutuskan untuk mengadopsi kucing munchkin tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dipertimbangkan dan juga dipersiapkan sebelum memelihara kucing munchkin. Inilah beberapa tips mengadopsi kucing munchkin yang perlu kalian tahu.


Tips Mengadopsi Kucing Munchkin

Tentukan Tujuan Mengadopsi Kucing Munchkin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tujuan dari mengadopsi kucing munchkin, jika kalian ingin memelihara kucing munchkin karena suka dengan karakter dan juga ciri khas kucing munchkin maka pilihan yang tepat adalah dengan mengadopsi kitten munchkin.


Mengadopsi kitten munchkin menjadi pilihan yang tepat karena jika kalian membesarkan kitten munchkin dengan perawatan yang tepat dan juga memberikan perhatian lebih maka untuk kedepannya kitten munchkin tersebut pasti akan lebih dekat dengan kalian. Berbeda dengan mengadopsi kucing munchkin yang sudah dewasa, kucing munchkin yang sudah dewasa memiliki karakter yang sudah terbentuk dari breeder sebelumnya, hal ini akan membuat kalian harus lebih menyesuaikan dengan karakter kucing tersebut.


Bagi kalian yang bertujuan mengadopsi kucing munchkin untuk breeding maka mengadopsi kucing munchkin dewasa adalah pilihan yang tepat karena kalian tidak perlu menunggu lama untuk mengawinkan kucing munchkin tersebut. Seperti yang sudah disebutkan, kucing munchkin dewasa sudah memiliki karakter yang terbentuk, meski bisa menjadi lebih dekat hal ini lebih membutuhkan waktu lebih lama daripada kitten munchkin.


Pahami Perawatan Kucing Munchkin

Memahami perawatan kucing munchkin juga harus dilakukan sebelum atau setelah memelihara kucing munchkin, meski pada umumnya perawatan kucing munchkin hampir sepenuhnya sama dengan kucing lain namun kucing munchkin memiliki karakter yang sedikit berbeda.


Kucing munchkin cenderung memiliki karakter yang aktif sehingga kucing ini gemar bermain dan berlarian kesana kemari, terkadang hal inilah yang membuat kucing munchkin lebih rentan terluka. Tentunya banyak dari kalian yang pernah menndengar kucing keseleo, kaki pendek kucing munchkin lebih rentan keseleo ketika dia loncat dari ketinggian atau atas kandang, jadi selalu perhatikan ketika kucing munchkin sedang bermain.


Baca Juga : Kucing Munchkin Non Standar


Ketika melahirkan anak kucing munchkin yang memiliki kaki pendek juga lebih sulit menjangkau susu induknya daripada kucing munchkin berkaki panjang, (Munchkin Non Standar), untuk itu jika kucing kalian melahikan banyak anak kucing munchkin dengan kaki yang pendek maka perhatian khusus harus diberikan, penggunaan alas adalah salah satu hal yang diperlukan untuk membantu anak kucing munchkin tersebut.


Tentukan Jenis Kelamin Kucing Munchkin

Selanjutnya adalah menentukan jenis kelamin kucing munchkin yang akan diadopsi, apakah harus memilih kucing munchkin jantan atau kucing munchkin betina? Bagi yang hanya ingin memelihara kucing munchkin maka kucing munchkin jantan ideal untuk kalian, karena jika berkelamin jantan maka kucing tersebut tidak gampang beranak dan mengakibatkan over populasi yang membuat kalian kerepotan nantinya.


Bagi kalian yang ingin breeding kucing munchkin maka bijaklah dalam memilih jika tidak mengadopsi sepasang kucing munchkin karena pejantan kucing munchkin dan betina kucing munchkin memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Banyak yang berpendapat jika gen kucing munchkin jantan lebih dominan menghasilkan anak kucing munchkin berkaki pendek dan sebaliknya kucing munchkin betina tidak begitu dominan atau lebih sering mengeluarkan anak kucing munchkin berkaki panjang (Munchkin NS), hal ini tidak sepenuhnya benar.


Kucing Munchkin Jantan atau Betina


Kedua jenis kelamin kucing munchkin memiliki potensi yang sama untuk mengeluarkan kaki yang pendek jika dikawinkan dengan kucing ras lain, bahkan dengan perkawinan sesama kucing munchkin masih bisa untuk menghasilkan kucing munchkin non standar dan kemungkinan untuk anak berkaki pendek tidak 100%.


Mengadopsi pejantan munchkin dianggap hal yang paling mudah, karena bisa disilangkan dengan kucing ras lain dan menghasilkan ras kucing baru seperti kucing kinkalow, kucing  bambino, kucing Genetta dan beberapa ras kucing lainnya dari kucing munchkin. Hal ini bisa terjadi jika pejantan munchkin tersebut pintar dalam kawin, banyak sekali kejadian pejantan munchkin kesulitan kawin karena memiliki kaki yang pendek.


Pejantan munchkin tidak bisa kawin merupakan hal yang umum dan banyak terjadi dikalangan orang yang memelihara kucing munchkin, namun tidak sedikit juga pejantan munchkin yang sangat pintar untuk kawin dan tidak pilih pilih betina, jadi kedua hal ini masih bisa terjadi untuk kalian.


Indukan munchkin mungkin pilihan yang tepat bagi pemula yang baru saja ingin memlihara kucing munchkin untuk breeding, karena betina tidak dipusingkan untuk urusan pintar dan tidaknya kawin namun hanya tinggal berpose saja :p. Dengan kaki yang pendek maka betina kucing munchkin lebih mudah untuk dikawin dengan ras kucing lainnya, banyak yang berpendapat bahwa betina munchkin merupakan langkah awal dalam persilangan kucing munchkin.


Jangan Hanya Melihat Kaki Pendek Kucing Munchkin

Kaki pendek memang merupakan ciri khas yang dimiliki oleh kucing munchkin, namun hal ini juga menjadi salah satu kekurangan untuk kucing munchkin dalam hal tertentu. Kekurangan tersebut lebih banyak kearah breeding kucing munchkin, jadi bagi yang hanya ingin memelihara bersama keluarga maka memilih kucing munchkin super pendek merupakan hal yang tepat meski harga adopsinya lebih mahal daripada kucing munchkin standart.


Kucing munchkin super pendek banyak juga yang menyebutnya dengan kucing munchkin top standart atau munchkin rug hugger (Munchkin RH). Dalam breeding kucing munchkin, kaki yang sangat pendek bisa menimbulkan beberapa masalah dalam perkawinan dan juga anak kucing munchkin.


Pejantan munchkin yang memiliki kaki sangat pendek seringkali memiliki masalah dalam perkawinan, kebanyakan pejantan munchkin tidak bisa kawin karena kaki yang terlalu pendek dan tidak bisa untuk menaiki kucing betina. Meski ini tidak selalu terjadi namun ada lumayan banyak orang yang mengeluhkan mengenai hal ini.


Betina munchkin dengan kaki yang terlalu pendek juga seringkali mengalami masalah dalam melahirkan anak, hal ini sering terjadi jika kucing munchkin dikawinkan dengan sesama kucing munchkin yang keduanya memiliki kaki yang pendek. Ada beberapa kasus yang mengalami keguguran dan juga ada beberapa kasus yang menimbulkan masalah pada anak kucing munchkin tersebut, yaitu seringnya masalah pada pernapasan anak kucing munchkin yang bermasalah dan membuat anak kucing munchkin mati.


Jangan Tergiur Harga Kucing Munchkin Murah

Seperti yang kalian tahu bahwa harga kucing munchkin dalam adopsi kucing termasuk tinggi dari beberapa ras kucing lain yang sudah umum dipelihara orang. Ketika kalian melihat iklan lepas adopsi kucing munchkin dengan biaya adopsi yang murah maka kalian jangan tergiur dengan hal tersebut.


Banyak sekali akun sosial media yang memberikan harga adopsi kucing munchkin murah, namun sebelum memutuskan mengadopsinya maka kalian harus memastikan dahulu apakah benar akun tersebut milik orang yang terpercaya atau seorang breeder munchkin yang sudah biasa melepas kucing munchkin, jika bukan maka jangan terlalu berharap jika kalian tidak ingin kehilangan uang secara percuma.


Perhatikan Kualitas Kucing Munchkin

Kualitas kucing munchkin perlu diperhatikan bagi orang yang hanya ingin memelihara atau juga orang yang ingin breeding kucing munchkin. Bagi pemelihara maka pilihlah kucing dengan warna dengan sesuai kesukaan kalian, tentunya setiap orang memiliki selera masing masing dalam urusan warna kucing, selain itu status vaksinasi kucing juga perlu ditanyakan karena kucing yang sudah divaksin memiliki jaminan kesehatan yang lebih terjaga.


Baca Juga : Vaksinasi pada Kucing


Apakah kalian ingin memelihara kucing munchkin bersertifikat atau kucing munchkin PED (Pedigree)? Jika iya maka siapkan dana adopsi yang lumayan tinggi karena kucing munchkin ped biaya adopsinya lebih mahal daripada munchkin non ped karena kucing munchkin ped memiliki bukti keturunan dan silsilah yang jelas sehingga tidak akan bisa dipalsukan.


Bagi kalian yang ingin breeding kucing munchkin maka perhatikan dimana kalian mengadopsi kucing tersebut, sebaiknya pilihlah breeder kucing munchkin yang terpercaya atau cattery kucing munchkin yang sudah terdaftar. Untuk breeding kucing munchkin maka pilihlah warna sesuai pilihan kalian dan tentu saja dengan kaki yang pendek, berbeda halnya jika kalian ingin menyilangkan kucing munchkin.


Varian kucing munchkin sangat banyak sekali, jadi kalian harus memastikan kucing munchkin yang ingin kalian adopsi termasuk dalam munchkin varian apa. Misalkan kalian ingin kucing kinkalow maka pilihlah munchkin dengan varian kinkalow, maksudnya munchkin yang sudah disilangkan dengan American curl namun tidak sepenuhnya berhasil menjadi kinkalow (Berkaki pendek namun telinga tidak keriting).


Varian munchkin lainnya ada juga dari varian hairless yang biasanya digunakan untuk membuat kucing bambino, yaitu munchkin yang sudah disilangkan dengan sphynx namun anaknya masih memiliki bulu dan berkaki pendek, biasanya munchkin varian ini disebut dengan Munchkin Brush (Munchkin yang memiliki gen hairless namun masih berbulu). Dengan mengadopsi varian munchkin yang sesuai dengan breed kalian maka persilangan yang kalian lakukan akan lebih cepat tercapai dan tidak memakan waktu yang lama, oleh sebab itu pastikan terlbih dahulu mempunyai tujuan breeding kearah mana.


Gunakan Rekber saat Mengadopsi Kucing Munchkin

Banyaknya kaksus penipuan dalam adopsi kucing menyebabkan sebagian besar sempat jera dalam melakukan transaksi transfer antar bank secara langsung, hal ini terjadi karena banyaknya breeder kucing munchkin yang berada dikota yang berbeda dengan orang yang ingin mengadopsi (Adopter). Hal inipun juga dimanfaatkan para penipu untuk beraksi dengan memasang iklan kucing munchkin dengan harga yang miring atau menggunakan foto kucing munchkin orang lain.


Penipuan adopsi kucing tidak hanya terjadi dalam kucing munchkin saja namun juga dengan ras kucing lainnya, untuk mengatasi masalah ini maka gunakanlah rekber (Rekening Bersama) jika ingin mengadopsi kucing dari orang baru atau breeder kucing yang belum memiliki nama. Dengan menggunakan rekber maka penipuan dalam adopsi kucing bisa diatasi, selain jika kucing tidak sesuai dengan apa yang dideskripsikan oleh breeder maka kucing bisa dikembalikan karena kesalahan breeder tersebut.


Jadi penggunaan rekber selain membuat uang adopter aman maka juga bisa memastikan kucing yang diadop juga sesuai dengan keinginan adopter itu sendiri, selain itu breeder yang berani menggunakan rekber juga bisa menjadi breeder kucing yang direkomendasikan oleh adopter kucing tesebut jika proses adopsi berjalan dengan lancar.


Kucing munchkin merupakan kucing yang lucu dan juga menggemaskan maka dari itu tidak heran jika banyak orang ingin memelihara kucing munchkin. Selain tidak membutuhkan tempat yang luas, kucing munchkin juga sangat cocok dipelihara oleh keluarga, apalagi bagi semua keluarga yang suka dengan kucing. Demikian mengenai tips adopsi kucing munchkin, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar