-->

Ciri Ciri Kucing Stress

Sama seperti manusia yang bisa stress, kucing ternyata juga bisa mengalami hal tersebut. Kucing stress bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari takut karena kucing baru, ada hewan lain yang masuk dalam lingkungannya, kucing stress karena pindah rumah, kucing stress karena perjalanan dan berbagai hal lainnya.


Stress biasa dialami oleh semua jenis kucing dan semua usia kucing, dalam penelusuran orang sering mencari tentang informasi mengenai kucing persia stress, anak kucing stress, induk kucing stress, kucing stress setelah melahirkan, dan lainnya. Hal ini memang sering terjadi jika ada hal yang menyebabkan kucing stress pada sekitar kucing.


Ciri Induk Kucing Stress


Ketika kucing stress, kucing akan cenderung mengalami masalah kesehatan, umumnya dimulai dari turunnya nafsu makan kucing. Ketika kucing mengalami penurunan nafsu makan maka otomatis daya tahan tubuh kucing akan melemah, sehingga pada keadaan ini kucing akan mudah terserang penyakit jika kucing tidak divaksin.


Berbagai penyakit bisa masuk dan menjangkit kucing karena turunnya daya tahan tubuh, selain itu kerontokan bulu kucing juga umum terjadi pada saat kucing sedang stress. Sebagai pemilik kucing kita harus tahu ciri kucing stres dan cara mengatasinya, dengan begitu ketika kucing sedang terlihat akan stres kita bisa langsung mengetahuinya dan memberikan penanganan yang sesuai.


Cara mengatasi kucing stres bisa dilakukan dengan membuat kucing senyaman mungkin mulai dari suasana kandang yang tenang, tidak selalu dimasukkan kedalam kandang, mengajak kucing bermain, menyediakan mainan untuk kucing dan juga memberikan hal yang disukai kucing lainnya.


Baca Juga : Tahap Perkembangan Kucing dari Kecil sampai Kucing Tua


Berbagai cara diatas bisa mengatasi kucing yang sedang stress, lalu kapan kita harus melakukan hal tersebut? Tentunya sebelum menanganinya, kalian harus tahu bagaimana ciri kucing yang sedang stress terlebih dahulu, Berikut adalah ciri kucing stres yang perlu diketahui.


Ciri Kucing yang Stress

Beberapa tanda kucing stress bisa diketahui ketika ada yang berbeda dari kucing kita, ketika kucing mengalami beberapa hal dibawah ini maka kalian harus segera memberikan penanganan supaya kucing tidak mengalami hal yang mengganggu kesehatannya.


Ciri Kucing Persia Stress

Kucing  Buang Air Sembarangan

Kucing yang sehat pada umumnya akan membuang air atau kotoran pada kotak pasir yang sudah disediakan, hal ini merupakan hal umum jika kucing sudah dewasa dan bukan kucing kecil yang masih belajar menggunakan litter box. Ketika kalian melihat kucing yang biasanya buang air dengan bersih mendadak jadi buang air sembarangan maka kalian harus waspada.


Kucing yang melakukan sesuatu diluar kebiasaannya biasanya dia sedang memberitahu pemiliknya jika ada sesuatu yang salah pada kucing, ketika hal ini terjadi maka segera cari tahu apa penyebabnya. Apakah ada suasana yang berbeda atau penyebab lain seperti ada hewan yang datang di lingkungan dan sebagainya, jika ada sesuatu yang berubah maka segera atasi hal tersebut.


Terjadi Masalah Pencernaan pada Kucing

Tanda kucing stress selanjutnya adalah kucing mencret atau terjadi masalah pencernaan pada kucing. Ketika kucing mengalami diare disaat tidak ada perubahan yang terjadi seperti pergantian makanan atau pemberian konsumsi lain maka ada kemungkinan kucing sedang stress.


Dalam hal ini kucing bisa saja stress karena bosan dengan makanan yang kalian berikan, selain itu juga bisa disebabkan oleh parasit yang mengganggu pencernaan kucing. Kucing yang stress akan mengalami permasalahan dalam pembagian nutrisi, jadi diare ini disebabkan karena masalah tersebut.


Kucing Grooming Berlebihan

Grooming adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh kucing, membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjliati keseluruhan tubuhnya adalah hal yang umum dilakukan oleh kucing. Kucing memang terkenal hewan yang mandiri, dia membersihkan dirinya sendiri dengan grooming tanpa memerlukan bantuan dari kita, namun apa yang terjadi jika kucing menjilati tubuhnya secara berlebihan?


Baca Juga : Ringworm Kucing yang Menular ke Manusia


Kucing yang terlalu sering grooming atau menjliati tubuhnya secara berlebihan bisa disebabkan beberapa hal seperti adanya jamur atau parasit pada tubuhnya. Namun selain itu, hal ini juga bisa menjadi tanda kucing yang sedang stress. Seperti yang sudah disebutkan diatas, hal ini dilakukan kucing untuk memberitahu kita jika ada sesuatu yang salah, jadi segera cari tahu penyebabnya supaya kucing tidak stress berkelanjutan.


Kucing Menggaruk Berlebihan

Selain grooming badan secara berlebihan kucing juga bisa menggaruk secara berlebihan jika sedang stress. Meski hal ini tidak sepenuhnya benar, namun beberapa kucing juga mengalami hal ini. Menggaruk secara berlebihan juga bisa disebabkan hal lain seperti adanya jamur, kutu dan beberapa penyakit kulit pada kucing.


Jika kucing kalian mendadak melakukan hal tersebut, segera periksa sebagian besar badannya. Jika ada penyakit seperti jamur atau penyakit lain segera obati dengan obat jamur kucing atau salep jamur kucing yang ada di petshop atau apotik. Namun jika tidak maka berikan perhatian pada kucing karena kemungkinan stress sedang terjadi pada kucing kalian.


Kucing Lebih Suka Menyendiri

Kucing memang dikenal sebagai hewan peliharaan yang tidak loyal, karena jika tidak sedang lapar maka kucing akan cederung cuek dan tidak memperhatikan pemiliknya. Cuek yang dimaksudkan disini tidak lari ketika kalian datang, namun kucing tidak akan datang ketika kalian memanggilnya.


Beberapa kucing mungkin akan datang ketika dipanggil, namun ada juga kucing yang tidak. Ketika kucing terlihat lebih cuek dari biasanya atau kucing lari katika kalian datang maka hal tersebut bisa menjadi ciri kucing kalian sedang stress. Kucing yang sedang stress akan lebih suka sendiri tanpa diganggu, dalam hal ini kucing akan mengabaikan semua yang ada disekitarnya termasuk kita.


Kucing akan lebih suka menyendiri entah itu didalam kandang atau di tempat yang gelap seperti dibawah almari, kolong tempat tidur dan tempat lainnya. Ketika hal ini terjadi segera cari tahu apa penyebabnya, apakah kucing sedang sakit atau ada sesuatu yang membuatnya takut sehingga membuatnya jadi stress.


Kucing Sering Mengeluarkan Suara

Mengeong adalah suara kucing yang kita dengar setiap hari, beberapa jenis ras kucing memiliki suara yang berbeda beda mulai dari yang kecil sampai dengan suara yang khas dan bahkan tidak terlihat seperti mengeong. Kucing yang mengeong secara berlebihan biasanya dilakukan kucing yang sedang birahi atau mencari lawan jenisnya, hal ini umum dilakukan kucing untuk menarik lawan jenis.


Jika kucing kalian mengalami hal tersebut atau kucing mengeluarkan suara secara berlebihan segera cari tahu apa penyebabnya. Apakah kucing kalian sedang birahi atau tidak, jika tidak tentunya ada kemungkinan kucing sedang stress. Kalian perlu tahu kebiasaan mengeong kucing kalian, apakah kucing mengeong karena lapar, atau disebabkan hal lain.


Nafsu Makan Kucing Menurun

Penurunan nafsu makan kucing bisa terjadi karena sesuatu yang salah pada kucing, stress juga menjadi salah satu penyebabnya. Jika kucing yang biasanya menghabiskan makanan dalam 1 kali makan mendadak menghabiskannya dalam beberapa kali makan atau bahkan tidak menyentuhnya bisa menjadi tanda kucing kalian sedang stress.


Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing tidak mau Makan


Meski begitu ciri ini juga bisa disebabkan hal lainnya seperti kucing sedang sakit, terjadi permalahan pencernaan pada kucing, kucing sedang terluka atau juga kucing sedang birahi. Segera lakukan pengamatan, jika ciri diatas tidak termasuk maka segera berikan perhatian lebih dan juga penanganan lain supaya kucing tidak stress lebih parah.


Kucing Sering Tidur

Waktu tidur kucing memang lumayan lama daripada manusia, dikatakan kucing bisa tidur lebih dari 10 jam dalam sehari. Ketika kucing tidur dia pasti akan terbangun ketika melihat kalian datang, hal ini adalah hal yang umum terjadi dan tentu kalian juga mengalaminya.


Namun, jika kucing tetap tidur ketika kalian datang maka hal tersebutlah yang perlu diperhatikan. Kucing yang tidur terus menerus merupakan salah satu gejala kucing stress, hal ini sering terjadi pada semua kucing mulai dari kucing kecil hingga dewasa.  Untuk itu jika kucing kalian tidur dengan waktu yang tidak normal atau waktu tidur kucing kalian bertambah segera lakukan penanganan supaya tidak terjadi masalah yang lebih serius.


Kucing Menjadi Agresif

Kucing stress cenderung akan menjadi lebih agresif dari biasanya, umumnya kucing menjadi agresif pada kondisi tertentu saja entah itu pada kucing lain atau bahkan dengan pemiliknya. Hal ini sering terjadi pada induk kucing yang sedang menyusui anaknya, ketika ada kucing lain datang atau orang lain datang induk akan mengeluarkan suara mendesis untuk mengusirnya.


Baca Juga : Rabies pada Kucing yang Berbahaya


Ketika kucing kalian yang biasanya santuy dan tidak peduli mendadak menjadi lebih agresif maka kalian harus berhati hati. Kucing yang menjadi agresif bisa disebabkan kucing sedang sakit, ada hal lain yang mengganggu dan juga ada kemungkinan kucing sedang stress. Lakukan penanganan awal dengan memasukkan kucing kedalam kandang sampai kucing mulai normal, berikan makanan yang disukai kucing untuk membantu proses pemulihan.


Kucing Menjadi Pendiam

Tanda kucing stress yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan kucing yang suka menyendiri, namun kucing yang suka menyendiri bisa diberbagai tempat sedangkan kucing yang pendiam hanya berada pada satu tempat dan jarang berpindah. Umumnya kucing akan terlihat aktif begitu pemiliknya datang dengan mengeluarkan suaranya yang khas atau memanjat kandang jika kucing berada dikandang.


Jika kucing kalian mendadak tidak melakukan hal tersebut dan terlihat lebih diam dari biasanya maka kemungkinan besar ada masalah yang terjadi pada kucing entah itu sakit atau hal lainnya. Kucing yang menjadi pendiam juga bisa disebabkan stress yang dialaminya, apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama ada kemungkinan kucing akan lebih stress dan bahkan bisa sampai sakit.


Memperhatikan kebiasaan kucing perlu dilakukan untuk menangani hal seperti ini,hal ini sangat mudah dilakukan apalagi jika kalian hanya merawat satu ekor kucing saja. Kucing pada umumnya akan memiliki kebiasaan yang susah untuk diubah jika tidak terjadi sesuatu, untuk itu jika sudah mengetahui kebiasaan kucing maka kalian akan lebih mudah mengetahui jika ada sesuatu yang berbeda pada kucing kalian.


Berikan perawatan kucing dengan maksimal dan juga dengan tanggung jawab serta kesabaran. Jika ada sesuatu diluar kemampuan kalian tidak ada salahnya melakukan konsultasi pada dokter hewan sekitar untuk mendapatkan penanganan lebih jauh, berikan yang terbaik untuk kucing maka kucing juga akan memberikan yang terbaik untuk kalian. Demikian mengenai ciri kucing stress kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar