-->

Mengenal Kucing Cornish Rex, Kucing Brekele yang Unik

Bagi sebagian besar orang yang baru saja suka dengan kucing pasti masih awam dengan kucing Cornish Rex. Kucing Cornish  Rex adalah kucing berbulu pendek dengan bentuk bulu yang brekele atau keriting. Jika dilihat sekilas, kucing ini terlihat rapuh namun hal tersebut sangatlah salah karena kucing ini termasuk kucing yang sangat kuat dan cocok untuk orang yang menyukai kucing peliharaan yang aktif.


Kucing Cornish Rex adalah kucing yang mengalami mutasi genetik, kucing ini berasal dari daerah Cornwall, Inggris. Nama Cornish sendiri diambil dari Cornwall yang merupakan asal dari kucing Cornish Rex. Ketika pertama kali melihat kucing ini kalian akan melihat telinga yang besar dan wajah yang kecil dan lucu.


Jenis Ras Kucing Cornish Rex


Cornish Rex mempunyai tubuh yang ramping dengan lengkungan punggung yang tidak biasa, pinggangnya sempit dan anggota tubuh lainnya begitu panjang. Karena memiliki postur tersebut, Cornish Rex mendapatkan julukan Greyhound (Anjing Pemburu) dari keluarga kucing.


Penampilan yang paling unik dan lain daripada kucing lainnya adalah bulunya yang keriting serta padat di sekujur tubuhnya. Dengan bulunya yang keriting dan juga pendek, kucing ini menjadi salah satu kucing yang populer dan banyak menarik perhatian para pecinta kucing untuk memeliharanya.


Asal Usul Kucing Cornish Rex

Dalam pencarian informasi mengenai sejarah kucing Cornish Rex, dikatakan kucing ini mulai muncul ketika ada seorang petani yang bernama Nina Ennismore menemukan seekor anak kucing yang lahir bersama induknya di Cornwall pada tahun 1950. Anak kucing yang lahir tersebut dideskripsikan sebagai anak kucing dengan kelamin jantan dan memiliki bulu berwarna krem, lalu kucing ini diberi nama Kallibunker.


Asal Usul Cornish Rex


Kallibunker memiliki penampilan yang tidak biasa dan unik, keunikan tersebut berasal dari bentuk bulunya yang keriting. Dengan adanya keunikan tersebut, seorang dokter hewan (Ahli Genetika) yang tidak disebutkan namanya memberi saran untuk mengawinkan kembali kucing itu dengan induknya.


Ketika kucing tersebut sudah dewasa, pemilik kucing itu mengawinkan kucingnya sesuai dengan saran yang diberikan oleh dokter hewan. Dari hasil perkawinan anak dan induk tersebut, lahirlah dua anak kucing dengan kelamin jantan dan juga betina serta memiliki bulu keriting yang sama dengan induknya.


Anak kucing yang berkelamin betina diberi nama Lamorna Cove, sedangkan yang berkelamin jantan diberi nama Poldhu. Dalam informasi pekembangannya, pada tahun 1957 kedua kucing tersebut kemudian dikirim ke Amerika Serikat untuk pengembangan yang lebih jauh. Hal ini terbukti menjadi keputusan yang tepat karena pada akhir tahun 1950 Kallibunker beserta keturunan lainnya hampir tidak terlihat lagi.


Baca Juga : Kumpulan Hal Lain Tentang Kucing


Di Amerika Serikat kemudian kucing ini dikawinkan dengan beberapa kucing lainnya, seperti kucing American Shorthair, Kucing Havana Brown dan Kucing Siam untuk proses pekembangannya. Hal tersebut membuahkan hasil, perkawinan yang dijalani itu membuat keturunan kucing yang baru memiliki sifat yang lebih ramah, dengan tingkah yang lucu. Pada tahun 1964 CFA (Cat Fancier’s Association) mengakui Kucing Cornish Rex sebagai Ras kucing yang resmi di organisasinya.


Karakter dan Sifat Kucing Cornish Rex

Banyak yang mengatakan bahwa kucing Cornish Rex mempunyai kemiripan dengan Kucing Devon Rex, namun pada kenyataannya kedua kucing ini memiliki proses mutasi yang jauh berbeda. Karena kemiripan yang dimiliki ini, beberapa organisasi membuat peraturan untuk tidak menyilangkan kedua kucing tersebut.


Karakter Cornish Rex


Kucing Cornish Rex adalah salah satu kucing yang tidak menyebabkan alergi, hal tersebut bukan disebabkan oleh bulu keriting yang dimiliki kucing ini, melainkan karena tubuh Cornish Rex menghasilkan alergen yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Dengan adanya hal ini, maka kucing cornish rex sangat cocok dipelihara oleh orang yang memiliki pada alergi bulu kucing.


Pada kucing Cornish pola warna yang ada bisa sangat bervariasi, menurut standar yang sudah ditentukan beberapa organisasi kucing, Cornish Rex boleh memiliki pola warna Solid (Hitam, Putih, Cokelat, Abu dan lainnya), Tabby, Bicolor, Tortie, dan Seal Point seperti warna kucing Siam.


Baca Juga : Tahap Perkembangan pada Kucing


Cornish Rex merupakan kucing yang suka bermain, aktif dan dikatakan sangat cerdas. Kucing ini bisa sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga dia cenderung tidak bisa diam untuk menjelajah lingkungan tersebut. Dalam pemeliharaannya kalian membutuhkan ruang khusus untuk kucing ini supaya sifat berpetualangnya bisa terpenuhi. 


Perawatan Kucing Cornish Rex

Meski memiliki keunikan pada bulunya yang keriting, namun cara merawat kucing cornish rex masih sama dengan perawatan kucing pada umumnya. Kucing ini termasuk kucing yang mandiri, sehingga dia bisa membersihkan bulu sendiri meski tanpa bantuan kita. Bulu keriting yang jarang pada kucing ini membuat kucing ini tidak memiliki lapisan bulu atas (Guard Hair) yang menyebabkan bulu atau kulit kucing ini menjadi mudah berminyak sama dengan kucing sphynx.


Perawatan Cornish Rex


Ketika sifat berminyak pada bulu Cornish Rex mulai muncul maka kalian bisa memandikan kucing ini, berbeda dengan kucing sphynx yang tidak memiliki bulu dan bisa dibersihkan dengan kain basah atau sejenisnya, cornish masih berbulu. Sesudah memandikan kucing ini, lakukan penyisiran bulunya dengan halus dan hati hati supaya tidak merusak bulu keritingnya yang padat.


Tanpa adanya lapisan bulu bagian bawah pada kucing ini membuat dia memiliki suhu tubuh yang hangat, hal ini akan terasa jelas ketika kalian menyentuh tubuh kucing ini dengan tangan kalian. Hal tersebut membuat Cornish Rex memiliki tubuh yang sensitif terhadap suhu yang panas dan juga dingin, untuk itu menjaga suhu lingkungan kandang untuk kucing ini sangat diperlukan.


Bersihkan bagian telinga kucing ini secara teratur, karena pada beberapa bagian tertentu seperti telinga, mata dan beberapa bagian lain pada tubuhnya lebih mudah kotor dibandingkan dengan kucing ras lain. Kucing yang tergolong aktif seperti Cornish Rex memiliki selera makan yang besar, namun dalam pemberian makan jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat kucing ini kelebihan berat badan.


Baca Juga : Vaksinasi untuk Kucing Cornish Rex


Berikan vaksinasi pada kucing ini untuk kesehatan yang lebih terjamin, kerentanan yang disebabkan bulunya yang unik bisa menyebabkan beberapa penyakit mudah untuk menyerangnya. Pemberian vaksinasi pertama dan juga booster perlu dipertimbangkan untuk menghindarkan kucing ini dari virus yang berbahaya dan beberapa penyakit lainnya.


Karena dalam pengembangan awal Cornish Rex sering disilangkan dengan ras kucing lain, membuat kucing ini lebih kuat dalam gangguan kesehatan yang sering ditimbulkan dalam kawin silang. Hal tersebut didapat dari perkawinan dari beberapa ras kucing seperti Kucing Siam, Kucing Burma, Kucing BSH, Kucing American Shorthair dan juga Kucing Havana Brown.


Harga Kucing Cornish Rex

Harga Cornish Rex di Indonesia masih tergolong mahal, hal ini disebabkan kebanyakan orang belum tahu tentang kucing keriting yang satu ini. Selain itu orang yang memelihara kucing cornish dan mengembangkannya masih sedikit, beberapa orang yang sudah memelihara kucing ini mendatangkannya dari luar negeri.


Pasaran harga kucing cornish rex diperkirakan masih diatas 10 juta keatas di indonesia, perkiraan ini dikarenakan ada orang yang mengimpor kucing ini masih di angka 30 juta untuk 1 ekor kucingnya. Dengan perkiraan biaya import tersebut, bisa kita tarik kesimpulan bahwa harga cornish rex pasti masih sangat tinggi.


Berbeda dengan beberapa kucing ras lain yang sudah dipopulerkan oleh artis indonesia dan menjadi banyak diminati, cornish rex masih belum begitu dikenal dan populer. Penggemar kucing brekele ini masih berada pada kalangan tertentu dan tidak semua orang menyukainya.


Bagi kalian yang ingin mengadopsi kucing cornish rex maka siapkan dana terlebih dahulu sebelum mencari breeder kucing cornish rex yang ada di indonesia. Dalam perkembangannya beberapa breeder sudah menyilangkan kucing cornish dengan ras lain untuk membuat ras baru, jadi mari kita tunggu saja ras kucing baru yang akan muncul dengan bulu keritingnya yang unik. Demikian mengenai kucing Cornish Rex, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar