-->

Mengenal Kucing Devon Rex, Kucing Pudel yang Mirip Alien

Kucing Devon Rex adalah salah satu jenis ras kucing didunia yang memiliki bulu pendek yang unik, yaitu berbulu keriting. Bulu keriting yang dimiliki devon rex sangat lembut dan terlihat lucu, karena memiliki bulu ini maka devon rex sering disebut sebagai jenis kucing yang aman untuk penderita alergi bulu.


Kebanyakan orang mengatakan bahwa bulu pada kucing Devon Rex tidak gampang menyebabkan alergi (Hypoallergenic) karena teksur pada bulunya, namun hal ini tidak benar. Alergi yang disebabkan oleh bulu kucing tidak disebabkan oleh jenis bulu tertentu, namun oleh bulu dari sel kulit mati yang dilepaskan oleh kucing.


Deon Rex


Tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa ada ras kucing tertentu yang bisa menyebabkan alergi berlebihan dengan ras kucing lainnya, yang ada adalah beberapa orang yang memiliki alergi terhadap bulu kucing bereaksi lebih ringan pada jenis kucing tertentu.


Sebagian besar breeder kucing yang mengembangkan ras kucing tertentu tidak akan berani untuk menjamin bulu kucing yang dimilikinya termasuk Hypoallergenic, karena alergi yang disebabkan oleh bulu kucing juga tergantung seberapa sensitif orang yang alergi dan kucing yang menyebarkan bulu matinya.


Devon rex adalah kucing yang sangat cocok dipelihara oleh sebuah keluarga yang menyukai kucing, karena kucing ini sangat suka diperhatikan oleh semua orang. Pemeliharaan kucing ini didalam rumah merupakan sesuatu yang direkomendasikan supaya devon rex terhindar dari cahaya matahari yang panas, kotoran diluar ruangan, virus dan juga serangan dari kucing lain.


Asal Usul Kucing Devon Rex

Informasi mengenai sejarah kucing devon rex menyebutkan bawah devon rex adalah kucing yang berasal dari Inggris, dan ditemukan pada tahun 1960. Ayah dari kucing devon rex dikatakan adalah seekor kucing liar yang memiliki bulu keriting sama seperti Devon Rex.


Dulunya di dekat Buckfastleigh ada sebuah tambang timah yang sudah ditinggalkan, Buckfastleigh sendiri adalah sebuah kota kecil yang berada di daerah Devon (Inggris Barat Daya) yang berbatasan dengan Cornwall. Cornwall adalah tempat dimana kucing Cornish Rex ditemukan, karena hal ini lah kedua kucing ini sering dikaitkan satu sama lain.


Asak Kucing Devon Rex


Didaerah sekitar tambang tersebut ada seorang wanita yang bernama Beryl Cox. Cox adalah seorang pecinta kucing yang memiliki kucing berwarna putih dengan bulu yang lurus. Dikatakan kucing liar yang berbulu keriting tersebut kawin dengan kucing milik Cox tanpa sepengetahuannya, dari hasil perkawinan tersebut lahirlah seekor anak kucing jantan dengan warna hitam kecoklatan yang diberi nama Kirlee.


Kirlee merupakan kucing yang memiliki bulu keriting mirip dengan ayahnya, pada awalnya Cox mengira kucing ini adalah Cornish Rex karena tempat asal dari kucing Cornish yaitu Cornwall tidak begitu jauh dari Devon tempat tinggalnya. Namun hal tersebut ternyata salah karena ada perbedaan yang besar pada kedua kucing ini.


Gelombang yang ada pada bulu cornish rex sangat ketat dan seragam, sedangkan pada kirlee mempunyai bulu dan kumis yang lebih kusut. Kedua kucing ini memiliki telinga yang besar, namun pada cornish telinga lebih memanjang dan tinggi sedangkan pada kirlee lebih rendah. Nama Devon sendiri diambil dari kota asal dari kucing ini, dan menjadikan nama Devon Rex.


Baca Juga : Kucing Cornish Rex yang Sering Dikaitkan dengan Devon Rex


Program pengembangan untuk kucing Devon Rex pun dilakukan untuk melestarikan kucing ini, pengembangan yang dilakukan ini juga dikenal dengan sebutan Devon Gene 2. Kirlee yang termasuk dalam program pengembangan tersebut membuatnya menjadi cikal bakal dari kucing devon rex dan menjadi dasar semua kucing devon rex yang ada sekarang.


Pada tahun 1968 kucing Devon Rex pertama kali diimpor ke Amerika Serikat, setelah datang ke AS ada beberapa organisasi kucing yang mengakui ras ini. ACFA menjadi organisasi kucing pertama yang mengakui Devon Rex pada tahun 1972, selanjutnya pada tahun terbentuknya TICA yaitu 1979 Devon Rex juga diakui oleh TICA. CFA mengakui Devon Rex pada tahun 1983, setelah itu semua organisasi kucing di Amerika Utara juga ikut mengakuinya, dan bahkan Devon Rex juga diterima di Eropa oleh The Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) dan Federation Internationale Feline (FIFe).


Karakter dan Sifat Kucing Devon Rex

Kucing Devon Rex sering disebut juga sebagai Kucing Peri atau Kucing Alien karena penampilan unik yang dimiliki kucing ini dan bentuk wajahnya yang memang mirip dengan gambaran alien. Bulu keriting yang ada pada tubuh devon rex disebabkan oleh mutasi genetik yang berbeda dengan yang terjadi pada Kucing Cornish Rex dan juga German Rex. Devon Rex memiliki 3 jenis bulu, yaitu Guard Hair, Awn Hair dan Down Hair.


Sifat Kucing Devon Rex


Selain bulu yang keriting, devon rex juga mempunyai ciri khas lain yaitu bentuk telinganya yang besar dan membulat. Bulu kumis pada kucing ini sangat pendek, beberapa devon rex memiliki kumis yang keriting sehingga membuat kucing devon rex terlihat tidak memiliki kumis. Devon rex tergolong kucing yang aktif, suka bermain, suka berinteraksi dengan manusia, dan juga sedikit nakal. Dari sifat tersebut, ada yang mengatakan bahwa sifat kucing devon rex mirip dengan sifat gabungan antara Kucing, Anjing dan Monyet.


Baca Juga : Biaya Memelihara Kucing Peliharaan yang Perlu Diketahui


Kucing devon rex merupakan kucing yang cocok dipelihara oleh keluarga yang suka dengan kucing, karena kucing ini bisa cepat menyesuaikan dengan anggota keluarga pemiliknya, anak anak, hewan peliharaan lain atau bahkan tamu yang datang kerumah. Selain itu, devon rex juga bisa menjadi terapi bagi orang yang suka dengan kucing tapi memiliki alergi pada bulu kucing.


Perawatan Kucing Devon Rex

Devon Rex memiliki bulu yang keriting dan bergelombang, pada beberapa bagian tubuh ada bulu yang lebih tebal daripada bagian yang lain seperti pada bagian punggung, badan bagian samping, ekor, wajah dan juga telinga.


Cara Merawat Bulu Keriting Kucing


Tekstur bulu yang dimiliki kucing ini sangatlah lembut dan halus, untuk itu semakin lembut perawatan yang dilakukan akan semakin baik untuk menjaga keindahan dan kesehatan bulunya. Jika kalian menyisir bulu kucing ini dengan kasar, maka ada kemungkinan bisa merusak bulunya.


Kulit Devon Rex bisa berminyak seperti pada kulit sphynx dan juga cornish rex, untuk itu memandikan kucing ini secara rutin juga perlu dilakukan. Selain perawatan khusus untuk bulu dan kulit maka sisanya adalah perawatan dasar seperti yang biasa dilakukan untuk kucing ras lainnya.


Baca Juga : Vaksin Penting untuk Kucing


Membersihkan bagian telinga bisa dilakukan ketika telinga mulai kotor, pemotongan kuku atau cakar perlu diperhatikan supaya kucing ini tidak terlalu terbiasa untuk mencakar perabotan dirumah. Jangan lupa untuk memberikan vitamin tambahan untuk menunjang perawatan bulu dan juga berikan vaksinasi untuk kesehatan kucing yang lebih baik.


Harga Kucing Devon Rex

Harga Devon Rex di indonesia mungkin masih mahal karena masih belum banyak yang mengembangkan atau memelihara kucing ini. Jika ada beberapa orang yang memelihara kucing ini maka hampir bisa dipastikan kucing devon rex tersebut pasti didatangkan dari luar negeri dan tidak berasal dari breeder kucing indonesia.


Hampir sama dengan harga kucing cornish rex yang diimport dari luar, biaya import untuk kucing devon rex bisa mencapai 30 juta atau bahkan lebih. Untuk harga pasaran kucing devon rex di indonesia sendiri bisa diambil dari perkiraan biaya import tersebut, kemungkinan berkisar antara 15 juta sampai dengan 25 juta keatas jika sudah masuk breed lokal.


Bagi kalian yang ingin adopsi kucing devon rex di indonesia silahkan mencari breeder kucing ini di sekitar kalian atau juga bisa melalui grup adopsi kucing yang ada di sosial media atau forum kucing di internet. Devon rex bisa dijadikan sebagai terapi untuk orang yang suka kucing namun memiliki alergi terhadap bulunya, soo tunggu apalagi? Demikian mengenai kucing devon rex, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar