-->

Mengenal Kucing Dwelf, Sphynx Kaki Pendek dan Bertelinga Melengkung

Kucing Dwelf adalah kucing hasil dari persilangan 3 ras kucing sekaligus, yaitu kucing munchkin, kucing sphynx dan juga kucing american curl. Dari ketiga ras kucing diatas, setiap kucing memiliki keunikan masing masing dan keunikan tersebut tergabung dalam satu ras kucing, yaitu Kucing Dwelf.


Kucing Dwelf adalah kucing berkaki pendek mirip dengan Kucing Munchkin, tidak berbulu mirip dengan Kucing Sphynx dan memiliki telinga yang keriting seperti kucing American Curl. Meski tubuh kucing ini pendek, namun kucing dwelf memiliki kaki dan juga leher yang berotot sehingga kucing ini terkesan gagah.


Kucing Dwerf


Kaki kucing dwelf yang pendek tergolong besar dengan kuku kuku jari yang menonjol, kaki belakang sedikit lebih panjang dari kaki depan dengan disertai ekor yang panjang mirip cambuk. Ekor kucing ini umumnya tidak berbulu atau hanya memiliki bulu yang lembut dan halus, meski begitu jika ada kucing dwelf yang memiliki sedikit bulu di ekornya hal itu masih bisa diterima.


Telinga kucing dwelf berbentuk keriting atau melengkung antara satu dengan yang lain, sebagian besar orang menyebut telinga ini mirip dengan telinga peri. Kucing dwelf disebut kucing tak berbulu namun sebenarnya masih ada bulu yang menutupi tubuhnya, bulu ini sangat lembut dan halus jadi ketika dilihat sekilas bulu tipis ini hampir tidak terlihat.


Beberapa bagian tubuh yang memiliki bulu halus ini akan terlihat jelas jika diperhatikan dengan teliti pada punggung, pangkal hidung, kaki, ekor dan juga telinga. Tubuh kucing dwelf ini akan terasa hangat jika disentuh dengan tangan, selain itu kalian juga akan merasakan bulu bulu halus yang ada ditubuhnya jika menyentuh kucing ini.


Asal Usul Kucing Dwelf

Kucing Dwelf adalah kucing ras baru yang masih tergolong langka, nama Dwelf dari kucing ini merupakan sebuah kata gabungan yang diambil dari bahasa inggris, yaitu Dwarf yang memiliki arti kerdil dan Elf yang memiliki arti Peri atau yang lebih dimaksudkan kedalam Makhluk Mitologi Bertelinga Keriting.


Asal Kucing Dwelf


Jika kalian salah satu penggemar dari Harry Potter maka kalian akan melihat salah satu karakter yang mirip dengan kucing Dwelf, nama karakter tersebut adalah Dobby. Banyak yang berkata kucing ini mirip dengan kucing bambino, dari penampilan kaki yang pendek dan tidak berbulu memang benar namun satu hal yang membedakan kucing dwelf dari kucing bambino adalah bentuk telinganya.


Baca Juga : Kucing Bambino yang Mirip Kucing Dwerf


Telinga yang dimiliki kucing bambino mirip dengan telinga kucing sphynx pada umumnya, sedangkan pada kucing dwelf ada penambahan garis keturunan dari Kucing American Curl yang ditambahkan dan membuat telinga kucing dwelf menjadi melengkung kebelakang.


Karena kucing dwelf dikembangkan dengan menggabungkan ras kucing yang memiliki banyak mutasi, awalnya banyak kontroversi yang ditimbulkan. Beberapa ahli menyatakan kucing ini tidak pantas untuk dikembangkan lebih jauh karena ada resiko masalah kesehatan yang dihasilkan dari keturunan awal yang digunakan untuk mengembangkan kucing ini.


Baca Juga : Kucing Munchkin Nenek Moyang Kucing Dwelf


Tidak ada informasi yang jelas mengenai siapa yang mengembangkan kucing dwelf pertama kali dalam penelusuran, bagaimana proses pengembangan kucing dwelf dan informasi sejarah kucing dwelf lainnya.


Karakter dan Sifat Kucing Dwelf

Kucing Dwelf memiliki penampilan yang mirip dengan kucing munchkin yang memiliki kaki pendek, seperti kucing sphynx yang tidak memiliki bulu dan seperti kucing american curl yang bertelinga keriting atau melengkung kebelakang. Kucing ini sangat mirip dengan kucing bambino selain bentuk telinganya yang berbeda.


Kaki pendek yang dimiliki kucing dwelf umumnya memiliki panjang yang berbeda antara kaki depan dan kaki belakang, kaki belakang kucing ini lebih panjang dari kaki depannya. Tubuh kucing dwelf termasuk panjang, hampir mirip dengan tubuh anjing Dachshund. Ras dwelf masih tergolong baru, jadi belum ada perkiraan ukuran berat badan yang tepat. Jika dilihat dari berat badan yang dimiliki kucing munchkin, maka perkiraan berat badan kucing dwelf bisa mencapai sekitar 3kg hingga 5 kg.


Breeder Kucing Dwelf


Kucing Dwelf tidak berbulu dan banyak sekali keriput yang ada ditubuhnya, beberapa kucing dwelf bisa sangat keriput namun juga ada yang tidak. Bulu pada kucing ini sangat lembut sehingga terlihat tidak berbulu, namun jika disentuh akan terasa bulu lembut yang ada ditubuhnya. Beberapa kucing dwelf terkadang memiliki bulu pada bagian ujung ekor, telinga, hidung dan juga cakar.


Kucing dwelf bisa hadir dengan berbagai pola yang akan tampak pada tubuhnya yang tak berbulu, tapi warna yang paling umum adalah warna kulit alaminya, hitam dan juga ada beberapa yang memiliki bercak acak pada tubuh kucing dwelf.


Baca Juga : Kucing American Curl, Asal Muasal Telinga Kucing Dwelf


Kepribadian yang dimiliki kucing dwelf mirip dengan kucing sphynx, kucing ini adalah kucing yang penuh kasih sayang dan juga manja. Dwelf sangat suka berinteraksi didekat pemiliknya, dia bisa diajak bermain setiap saat, apabila kalian termasuk orang yang sibuk maka memberikan dwelf teman bermain adalah pilihan yang tepat karena kucing ini bisa cepat beradaptasi dan bisa rukun dengan hewan peliharaan lainnya.


Rasa ingin tahu yang dimiliki kucing ini sangat besar, selain itu kucing ini juga tergolong kucing yang aktif untuk itu memberikan ruangan yang luas dan beberapa mainan sangat diperlukan supaya dwelf bisa menjelajah dengan puas. Kucing ini bisa rukun dengan anak anak, namun dalam pengenalannya kalian masih harus melakukan pengawasan.


Perawatan Kucing Dwelf

Cara merawat kucing dwelf yang paling harus diperhatikan adalah perawatan pada kulitnya, seperti yang kalian tahu jika kucing ini tidak memiliki bulu mirip dengan kucing sphynx. Kulit kucing ini akan cenderung mengeluarkan minyak dan membuatnya lebih mudah kotor, untuk itu membersihkan tubuh dengan menggunakan kain atau memandikan kucing ini perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga agar tubuhnya tetap bersih.


Dalam perawatannya pemberian ruangan perlu dilakukan karena kulit yang dimiliki kucing dwelf sangat sensitif terhadap cuaca panas dan juga cuaca dingin. Kucing dwelf yang dibiarkan keluar sembarangan akan beresiko terjadi masalah pada kulitnya, seperti terbakar matahari, terluka karena suatu benda, atau bahkan infeksi dari kucing lain atau hewan peliharaan lain.


Cara Merawat Kucing Dwelf


Secara umum kucing yang dikembangkan dari hasil persilangan akan memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami masalah kesehatan yang didapatkan dari proses persilangan kucing generasi sebelumnya entah itu masalah genetik atau keturunan yang ada. Tentunya dari pertimbangan tersebut maka kucing dwelf masih memiliki kemungkinan untuk mengalaminya.


Baca Juga : Mengapa Vaksin Kucing Sangat Penting?


Hal yang paling penting untuk diberikan untuk menjamin kesehatan kucing dwelf adalah vaksinasi, pemberian vaksinasi bisa mencegah dwelf terkena berbagai macam penyakit kucing yang sering menyerang serta juga infeksi virus yang bisa membahayakan nyawa kucing. Kucing yang divaksin masih tetap bisa sakit namun akan lebih mudah dalam pengobatan dan perawatan karena memiliki daya tahan tubuh yang baik.


Dwelf adalah ras kucing yang memiliki kesehatan baik dalam standar pemeliharaan kucing tak berbulu, namun ada beberapa isu kelainan genetik yang menyebabkan masalah kesehatan pada kucing ini seperti Lordosis (Melengkungnya tulang belakang yang berlebihan) dan juga Ekskavatum (Kelainan yang membuat bentuk dada menjadi cekung atau cembung).


Harga Kucing Dwelf

Harga kucing dwelf bisa dipastikan sangat mahal karena ras dwelf masih tergolong ras baru jadi belum begitu banyak breeder yang mengembangkannya di indonesia. Beberapa breeder kucing dwelf di indonesia ada yang mendatangkan kucing dwelf dari luar negeri namun ada juga yang menghasilkannya sendiri dari pengembangan yang dilakukan.


Baca Juga : Kucing Sphynx yang Eksotis dan Banyak Digemari


Pasaran harga kucing dwelf sendiri belum begitu jelas, namun jika dilihat dari harga kucing bambino yang mencapai 20juta keatas maka harga kucing dwelf bisa dipastikan akan lebih dari harga tersebut karena seperti yang kalian tahu kucing ini adalah versi pengembangan dari kucing bambino itu sendiri.


Bagi kalian yang berminat untuk adopsi kucing dwelf, kalian bisa mengimport kucing ini dari breeder kucing dwelf luar negeri atau juga bisa mencari breeder kucing dwelf di indonesia. Tentunya sebelum memutuskan untuk mengadopsinya kalian harus menyiapkan kertas merah yang lumayan tebal ya. Demikian mengenai kucing dwelf, campuran 3 ras kucing dalam satu kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar