-->

Mengenal Kucing Genetta, Kucing Bengal Berkaki Pendek

Kucing Genetta adalah jenis ras kucing domestik yang masih tergolong baru karena ras ini mulai ada di tahun 2006. Genetta adalah hasil persilangan dari kucing munchkin, kucing bengal dan savannah, dari persilangan tersebut kucing genetta memiliki gabungan dari ketiganya yaitu kaki yang pendek dari kucing munchkin dan pola spotted, marble yang didapat dari kucing bengal dan Savannah.


Awalnya kucing genetta diciptakan untuk menyerupai seekor Genet, Genet adalah mamalia omnivora yang mirip dengan kucing. Bentuk fisik genet yang mungil dengan pola tutul yang ada ditubuhnya membuat peternak kucing bernama Shannon Kiley tertarik untuk membuat kucing yang mirip dengan genet tersebut, dari keinginan itu lahirlah kucing genetta.


Kucing Genetta


Genet yang hidup di afrika termasuk dalam hewan yang liar, jadi memerlukan perawatan khusus dalam pemeliharaannya. Kucing Genetta yang mirip dengan genet afrika berbintik ini menjadi alternatif bagi orang yang ingin memelihara Genet namun dengan kepribadian yang lebih jinak dan lebih layak untuk dijadikan hewan peliharaan.


Secara penampilan kucing genetta memang sangat mirip dengan genet afrika ini, namun dalam pengembangannya genet tidak pernah digunakan dalam persilangan kucing genetta karena tujuan awalnya adalah untuk membuat kucing domestik. Beberapa ras kucing seperti Serval, Asian Leopard cat, dan Oriental shorthair ada kemungkinan akan dimasukkan dalam pengembangan kucing genetta di masa depan.


Asal Usul Kucing Genetta

Dalam penelusuran informasi mengenai sejarah kucing genetta yang didapat, kucing yang menyerupai Genet Afrikan ini dikembangkan pertama kali oleh para breeder kucing di Pawstruck Cattery. Dikatakan orang bernama Shannon Kiley dari Pawstruck Cattery adalah orang pertama yang mengembangkan ras genetta ini.


Tujuan Kiley dalam mengembangkan ras kucing genetta ini pertama kali adalah ingin menciptakan ras kucing yang mirip dengan Genet Afrika namun dengan sifat yang lebih jinak daripada Genet Afrika yang asli. Pada saat itu Genet Afrika adalah salah satu hewan peliharaan yang populer karena memiliki perilaku dan pola yang unik di tubuhnya.


Kucing Munchkin Bengal


Genet terlihat mirip dengan persilangan antara rakun dan macan tutul yang secara genetik lebih dekat hubungannya dengan Musang dan Luwak. Genet adalah hewan yang aktif, lincah dan suka menyendiri. Ada lebih dari 30 jenis gen berbeda dari genet ini, namun yang paling umum adalah genet yang berasal dari Eropa, Timur Tengah dan Afrika yang paling banyak terdapat orang memelihara Genet.


Meski Genet memiliki keunikan yang membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya, namun genet bukanlah hewan peliharaan yang layak karena masih tergolong hewan liar. Berawal dari kepopuleran inlah Kiley berniat untuk membuat ras kucing menyerupai genet dengan sifat yang jinak dan layak dijadikan hewan peliharaan.


Kiley dari Pawstruk Cattery mulai mengembangkan ras Genetta pada tahun 2006, pada awalnya Kiley kesulitan dalam menentukan ras kucing apa yang akan disilangkan untuk membuat kucing tersebut. Setelah mempertimbangkan beberapa faktor, Kiley akhirnya menggunakan Kucing Munchkin, Kucing Bengal dan Savannah untuk disilangkan.


Baca Juga : Kucing Munchkin Moyang Kucing Genetta


Litter pertama dari kucing Genetta lahir pada tanggal 13 Desember 2006, kucing ini memiliki kaki pendek seperti kucing munchkin dan memiliki pola spotted (tutul) serta marble yang mirip dengan kucing Bengal dan Savannah. Sama dengan kucing munchkin yang bisa memiliki keturunan dengan kaki yang panjang, genetta dengan kaki panjang disebut genetta non standar dan yang berkaki pendek disebut genetta standar.


Karakter dan Sifat Kucing Genetta

Penampilan yang dimiliki kucing genetta sebenarnya sama persis dengan penampilan kucing bengal mulai dari warna dan juga pola yang dimiliki kucing bengal, hal yang membedakan hanya ukuran kakinya yang pendek. Karena Genetta masih tergolong dalam ras kucing percobaan maka ada kemungkinan setiap genetta yang ada akan memiliki perbedaan.


Genetta memiliki kepala yang memiliki moncong seperti seekor musang,mata kucing ini memiliki ukuran yang lumayan besar dengan warna yang sudah ditentukan, yaitu kuning tua, cokelat tua atau hijau cemerlang. Tubuhnya berukuran sedang, padat, terlihat berotot dan proporsional dengan panjang yang dimilikinya. Kaki yang pendek pada kucing ini harus sejajar antara depan dan belakang.


Kepribadian Kucing Genetta


Genetta memiliki bulu yang pendek, tebal dan padat, meski begitu bulu yang dimiliki sangat lembut dan terlihat mengkilap.  Pola pada bulu kucing genetta mirip dengan kucing bengal, yaitu Spotted dan Marbled. Kucing genetta dengan pola spotted memiliki bintik padat atau Rosetted sejajar atau bahkan bisa acak dengan pola cincin hitam yang berbeda di bagian ekor, sedangkan untuk pola marble harus berbeda dengan pola tabby klasik pada kucing dengan ekor padat atau bisa disertai cincin.


Masa hidup kucing genetta berkisar antara 9 sampai dengan 12 tahun, tentunya ada juga yang bisa lebih. Tidak ada masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan kucing genetta menurut penelusuran, namun pada setiap ras percobaan akan ada beberapa penyakit bawaan dari kedua induk yang bisa menurun kepada generasinya, jadi beberapa kemungkinan masih bisa terjadi mengenai masalah kesehatan kucing ini.


Baca Juga : Kucing Bengal dengan Pola yang Menarik


Kucing genetta adalah kucing yang cerdas dan juga lincah, dengan kedua sifat bawaan tersebut maka karakter kucing genetta menjadi kucing yang aktif, waspada, pintar, ceria dan juga ramah. Genetta akan selalu mengikuti pemiliknya dari satu tempat ke tempat lainnya, berlarian kesana kemari, dan terkadang ingin bermain dengan pemilik atau hewan peliharaan lainnya.


Perawatan Kucing Genetta

Cara merawat kucing genetta hampir seperti merawat ras kucing lain pada umumnya, kucing ini tergolong rendah dalam hal perawatan. Menyisir bulu kucing ini adalah perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan bulu supaya tetap sehat dan indah, karena daya tarik terbesar yang dimiliki kucing ini ada bagian bulunya.


Kucing genetta tergolong kucing yang pintar dalam merawat dirinya sendiri, namun meski begitu kalian harus membantu perawatan lain untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhannya. Karena tergolong kucing yang lincah seperti kucing bengal, maka tingkah lakunya perlu diperhatikan untuk menjaga jika kucing ini melompat dari tempat yang tinggi. Meski memiliki kaki yang pendek kucing ini sama sekali tidak masalah dalam melompat dari tempat satu ke tempat lainnya.


Perawatan Bulu Kucing Genetta


Memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kucing ini harus dilakukan untuk menjaga kondisi badan dan bulu supaya tetap terlihat kekar dan berotot. Dengan kebutuhan nutrisi yang terpenuhi maka pola bulunya akan lebih hidup dan sehat. Membersihkan beberapa bagian seperti telinga, mata, wajah serta beberapa bagian tubuh lain dapat dilakukan secukupnya sesuai dengan waktu yang kalian punya.


Baca Juga : Vaksin untuk Kucing Peliharaan


Meski genetta tergolong keturunan kucing liar, namun masih ada kemungkinan kucing ini akan terjangkit oleh virus kucing yang mematikan dan beberapa penyakit lain. Memberikan vaksinasi perlu dilakukan untuk menjamin kesehatannya, lakukan vaksinasi pada kucing geneta sejak dini dan berikan vaksin booster jika diperlukan.


Harga Kucing Genetta

Harga kucing genetta akan sangat bervariasi, karena harga untuk kucing genetta sangat tergantung pada pola yang ada di tubuhnya. Kucing ini adalah salah satu kucing yang menjual baju (pola bulu yang ada ditubuhnya), sama dengan kucing bengal. Jika memiliki baju yang bagus atau pola yang bagus pada tubuhnya maka harga kucing genetta akan semakin mahal dan begitu juga sebaliknya.


Jual Kucing Genetta


Karena kucing ini masih tergolong ras kucing baru, maka pola yang ada masih belum begitu banyak dan bagus. Berbeda dengan kucing bengal yang tidak memperhatikan panjang kaki yang dimiliki, maka kucing bengal hanya fokus untuk membuat pola yang bagus saja. Kucing genetta masih memiliki kemungkinan untuk melahirkan anak kucing dengan kaki yang panjang, jadi bisa dikatakan kucing ini membutuhkan 2 kali kerja daripada kucing bengal.


Ketika anak kucing genetta memiliki kaki yang pendek belum tentu pola pada tubuhnya akan bagus, sedangkan jika ada yang berpola bagus belum tentu juga memiliki kaki yang pendek. Harga kucing genetta di indonesia bisa mencapai 10 juta keatas, harga tersebut tentunya tergantung dari kualitas kucing dan kebijakan breeder kucingnya sendiri.


Kucing genetta yang memiliki pola yang bagus akan lebih mahal harganya, jika ada kucing genetta murah maka hampir bisa dipastikan kucing genetta ini memiliki pola yang jelek atau tidak masuk kedalam program pengembangan dari breeder kucing genetta itu sendiri.


Bagi yang ingin mengadopsi kucing genetta, kalian bisa mencari di beberapa forum adopsi kucing munchkin yang ada di sosial media yang kalian miliki. Kebanyakan kucing geneta masih bergabung dalam forum kucing munchkin karena genetta masuk kedalam varian kucing munchkin. Demikian mengenai kucing genetta, kucing bengal berkaki pendek yang banyak diminati, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar