-->

Mengenal Kucing Minuet, Persilangan Kucing Munchkin dan Kucing Persia

Kucing minuet adalah ras kucing yang merupakan hasil persilangan kucing munchkin dengan kucing Persia. Dengan hasil persilangan tersebut, maka kucing minuet memiliki ciri dari kedua kucing itu, yaitu kaki yang pendek mirip dengan kucing munchkin dan juga bulu lembut dan tebal yang dimiliki kucing Persia.


Dulunya kucing minuet dinamakan kucing napoleon (Napoleon Bonaparte), namun karena nama tersebut menyebabkan kontroversi maka akhirnya nama yang digunakan untuk kucing ini adalah kucing minuet.


Kucing Napoleon


Meski kucing minuet memiliki kaki yang pendek, namun anak dari kucing minuet masih bisa terlahir dengan kaki yang panjang. Hal ini sama dengan perkawinan kucing munchkin yang masih bisa memiliki anak dengan kaki yang panjang dan disebut dengan Non Standar Munchkin, Munchkin Non Standar, NS Munhckin atau Munchkin NS.


Selain memiliki tubuh mungil dengan kaki pendeknya, kucing minuet juga dikenal dengan bentuknya yang bulat, mulai dari bentuk wajah kucing minuet yang bulat, mata yang bulat dan juga lebar, dan juga tubuhnya yang mungil membuat kucing ini banyak digemari oleh para pecinta kucing di Indonesia dan juga di dunia.


Karena kucing minuet adalah ras kucing hasil persilangan, maka kucing ini bisa hadir dengan berbagai pola warna pada tubuhnya. Kalian bisa melihat kucing ini dengan warna yang dimiliki oleh kucing Persia dan juga warna lain, seperti warna solid, bicolor, seal point dan berbagai pola warna kucing yang ada.


Asal Usul Kucing Minuet

Ketika kalian mencari tahu informasi mengenai sejarah kucing minuet di penelusuran maka kalian pasti mengetahui jika kucing ini mulai muncul diantara tahun 1995 sampai dengan 1996. Dikatakan kucing minuet dikembangkan pertama kali oleh breeder kucing yang bernama Joseph B. Smith.


Sejarah Kucing Minuet


Pada tahun 1995 Joseph yang juga dikenal dengan Joe Smith memiliki keinginan untuk menyempurnakan ras kucing munchkin. Berawal dari keinginan tersebut akhirnya pada tanggal 12 juni 1995  dia menyilangkan kucing munchkin dengan kucing Persia, dari hasil persilangan tersebut maka lahirlah anak kucing dengan kaki pendek seperti kucing munchkin dan juga wajah serta bulu seperti kucing Persia.


Baca Juga : Kucing Munchkin Berkaki Pendek yang Lucu


Kucing minuet yang dikembangkan oleh Joe Smith tersebut mulai dikenal di tahun 1996, dengan hasil tersebut ada breeder kucing lain yang ikut mempopulerkan kucing minuet dengan mengembangkannya. Breeder yang bernama Teri Harris itu membuat kucing minuet menjadi lebih populer dan dikenal banyak orang.


Setelahnya mulai banyak breeder kucing yang mengembangkan ras kucing minuet dan membuat kucing ini mulai dikenal oleh organisasi kucing. Alhasil pada tahun 2011 kucing minuet secara resmi telah diakui oleh TICA (International Cat Association).


Karakter dan Sifat Kucing Minuet

Kucing minuet adalah kucing dengan badan yang sedang dan memiliki struktur otot yang baik dan juga kuat. Kepala kucing minuet berbentuk bulat dan mata yang besar, meski kucing ini adalah kucing hasil persilangan dari kucing Persia namun kucing ini tidak memiliki hidung yang pesek seperti kucing Persia.


Hidung kucing minuet tergolong panjang, telinganya kecil dan disertai dengan pipi dan juga moncong yang bulat. Kucing ini memiliki 2 versi bulu yang dimiliki, yaitu versi bulu panjang dan versi bulu pendek. Kucing minuet berbulu panjang lebih dikenal oleh kebanyakan orang daripada kucing minuet berbulu pendek karena kucing ini identik dengan bulu panjang yang dimiliki kucing Persia.


Baca Juga : Kucing Persia yang Populer di Dunia


Minuet tergolong kucing yang kecil, namun ada beberapa yang memiliki tubuh yang lebih besar daripada rata rata. Berat umum yang dimiliki kucing minuet berkisar antara 4 kg, ada yang bisa kurang dan juga bisa lebih dari berat rata rata tersebut.


Kucing minuet merupakan kucing yang penyayang, memiliki sifat sosial yang tinggi dan suka berada disekitar pemilik dan juga anggota keluarganya. Kucing ini memiliki sifat lembut yang dimiliki kucing Persia, namun juga memiliki rasa ingin tahu dan juga energi bermain yang besar dari kucing munchkin.


Karena memiliki sifat suka bermain yang tinggi, kucing ini lebih senang dengan pemilik yang suka mengajaknya bermain dan juga memiliki perhatian berlebih. Minuet merupakan kucing yang menjadi rekomendasi bagi keluarga yang menyukai kucing, selain lucu dan juga penyayang, kucing ini bisa rukun dengan hewan peliharaan lainnya dan juga anak anak.


Perawatan Kucing Minuet

Pada umumnya cara merawat kucing minuet masih sama dengan perawatan kucing lainnya, namun hal ini juga harus dilihat dari jenis bulu yang dimiliki oleh kucing minuet itu sendiri. Seperti yang sudah kalian tahu bahwa kucing minuet memiliki dua jenis bulu, yaitu bulu panjang dan juga bulu pendek.


Cara Merawat Kucing Minuet


Jumlah perawatan bulu pada kucing minuet yang berbulu panjang akan lebih membutuhkan perhatian, hal ini sama dengan cara merawat bulu pada kucing Persia. Kucing minuet berbulu pendek lebih cocok untuk penyisiran (Penyikatan) bulu mingguan, sedangkan untuk minuet berbulu panjang harus lebih sering daripada minuet berbulu pendek.


Kalian bisa menyisir minuet berbulu panjang sebanyak dua kali perminggu untuk menjaga kesehatan bulu dan mencegah bulu kucing kusam atau kusut. Pemberian vitamin tambahan juga bisa diberikan untuk menunjang perawatan yang kalian lakukan. Dengan memberikan vitamin maka hasil yang didapat pasti akan lebih bagus dan lebih maksimal.


Kucing minuet merupakan kucing yang suka bermain entah dengan kucing lain ataupun juga dengan pemiliknya, bagi kalian yang tidak terlalu mempunyai waktu untuk bermain dengan kucing maka pemberian ruangan dengan sejumlah mainan perlu dilakukan. Hal tersebut digunakan untuk menjaga kucing tetap senang dan bisa melakukan aktivitas bermain tanpa didampingi oleh pemiliknya.


Baca Juga : Pentingnya Vaksinasi untuk Kucing


Menjaga kesehatan kucing adalah kewajiban semua pemilik kucing, untuk itu memberikan vaksinasi pada kucing secara rutin merupakan kewajiban yang harus kita penuhi. Dengan memberikan vaksinasi maka kucing akan mempunyai jaminan kesehatan yang pasti, meski masih ada resiko untuk sakit dan terkena virus namun dengan memberikan sedikit perawatan kucing akan langsung membaik karena daya tahan tubuh kucing bagus.


Harga Kucing Minuet

Kepopuleran kucing munchkin pada beberapa tahun belakangan ini sangat berpengaruh besar pada harga kucing minuet atau harga kucing napoleon ini. Kucing minuet menjadi alternatif lain bagi pecinta kucing yang menginginkan kucing dengan kaki yang pendek selain kucing munchkin.


Kucing Kaki depan Lebih Pendek


Seperti yang kalian tahu bahwa harga kucing munchkin sendiri di Indonesia masih lumayan tinggi, untuk itu harga kucing minuet juga masih mahal. Pasaran harga kucing minuet di Indonesia berkisar antara 7 juta sampai dengan 10 juta keatas dengan melihat kualitas kucing dan kebijakan breeder yang mengembangkan kucing.


Kucing minuet berusia 3  bulan biasanya dilepas adopsi sekitar 7 juta sampai diatas 10 juta, ini untuk harga kitten minuet tidak bersertifikat atau minuet non ped. Untuk kucing minuet dewasa yang sudah siap kawin tentu saja memiliki harga diatas harga tersebut. Perbedaan kucing minuet ped dan kucing minuet non ped adalah kejelasan silsilah yang dimiliki kucing tersebut.


Apabila kalian ingin mengadopsi kucing minuet maka hal usahakan untuk mencari breeder kucing minuet yang terpercaya, dengan begitu kalian bisa mengetahui kualitas kucing minuet yang akan kalian adopsi dengan jelas. Banyak sekali breeder kucing atau cattery yang sudah mengembangkan kucing ini, jadi usahakan untuk memilih kucing minuet yang sesuai dengan keinginan kalian. Demikian mengenai kucing minuet hasil persilangan kucing munchkin dengan kucing Persia, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar