-->

Mengetahui Manfaat Kuning Telur untuk Kucing yang Bagus

Memiliki kucing yang sehat dan terawat tentunya adalah keinginan semua pemilik kucing, untuk mewujudkan hal itu kita harus memberikan yang terbaik untuk kucing kita. Cara membuat kucing tetap sehat bisa dimulai dari memberikan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi kucing, menjaga kebersihan lingkungan kandang, pemberian tambahan vitamin dan berbagai hal lainnya.


Kebanyakan pemilik kucing selalu berfikir bahwa dengan hanya memberikan makanan yang banyak pada kucing maka kucing akan selalu sehat, pemikiran inilah yang perlu dirubah dalam cara merawat kucing peliharaan. Mencukupi kebutuhan nutrisi kucing adalah hal yang penting, karena jika kebutuhan nutrisi kucing terpenuhi maka kucing akan sehat, mempunyai stamina berlebih, daya tahan tubuh baik dan lainnya.


Bahaya Kuning Telur untuk Kucing


Memberikan nutrisi tambahan untuk kucing kesayangan tidak mesti harus memberikan produk vitamin kucing yang bagus dan mahal, karena ada beberapa bahan makanan yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah namun memiliki banyak manfaat untuk kucing, salah satunya adalah telur.


Kandungan nutrisi yang terdapat pada telur sangat bagus manfaatmya untuk kucing peliharaan kita, apalagi jika telur yang diberikan masih fresh (Mentah). Telur yang masih mentah berbeda dengan telur yang sudah diolah atau dimasak, ketika telur dimasak maka kandungan yang terdapat belum tentu masih utuh karena proses masak yang dilakukan. Lalu apa sajakah kandungan dalam telur yang bermanfaat bagi kucing?


Kandungan Telur yang Bermanfaat untuk Kucing

Berikut ini adalah nilai kandungan dalam telur dengan berat 100gr dalam penelitian dari informasi penelusuran.


Energi = 162 kkal

Protein = 12,8 gr

Lemak = 11,5 gr

Karbohidrat = 0,7 gr

Kalsium = 54 mg

Fosfor = 180 mg

Zat Besi = 3 mg

Vitamin A = 900 IU

Vitamin B1 = 0,1 mg

Vitamin C = 0 mg


Itulah beberapa kandungan dalam telur yang bermanfaat untuk kucing peliharaan kita, banyak sekali fungsi dari kandungan yang sudah disebutkan diatas, salah satunya adalah zat besi. Zat besi pada kucing berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh, jika kucing kekurangan zat besi maka kucing akan lebih mudah untuk terserang penyakit.


Bagi kalian yang ingin memberikan telur untuk kucing, maka sebaiknya hanya memberikan kuning telurnya saja tanpa disertai dengan putih telur, kenapa demikian? Putih telur untuk kucing tidak disarankan untuk diberikan pada kucing atau bisa juga dikatakan tidak boleh diberikan karena dalam putih telur terdapat senyawa Avidin.


Putih Telur untuk Kucing


Senyawa Avidin merupakan gabungan karbohidrat dan protein atau disebut dengan molekul Glikoprotein, senyawa ini memiliki fungsi melindungi pertumbuhan bakteri pengganggu pada Kuning telur (Oviduk) yang merupakan bakal janin yang terdapat dalam telur itu sendiri. Pada 1 buah telur kandungan senyawa avidin didalamnya berkisar 1.8mg.


Dalam perkembangannya kucing sangat membutuhkan vitamin B untuk pertumbuhannya, efek dari senyawa avidin yang lain adalah mengikat unsur pembentukan vitamin B (Biotin). Jadi ketika kita memberikan putih telur untuk kucing maka vitamin B yang sangat dibutuhkan kucing akan terikat oleh senyawa avidin dan menyebabkan kurangnya vitamin B untuk tubuh kucing.


Manfaat Kuning Telur untuk Kucing


Membuat Bulu Kucing Sehat dan Indah

Hal yang paling menarik pada kucing adalah bulunya yang lembut dan cantik, sebagai orang yang memelihara kucing pastinya kita menginginkan kucing kita memiliki bulu yang sehat dan juga terawat. Pemberian kucing telur untuk kucing bisa membantu hal tersebut.


Memberikan kuning telur untuk kucing merupakan salah satu penunjang perawatan pada bulu kucing, kandungan yang ada dalam kuning telur bisa membuat bulu kucing kesayangan kita menjadi sehat dan tidak mudah rontok.


Baca Juga : Biaya dalam Memelihara Kucing


Dosin kuning telur untuk kucing dalam menunjang perawatan bulu bisa diberikan 2 sampai dengan 3 kali perminggu, dalam masa pemberian ini jangan lupa untuk melakukan perawatan umum seperti menyisir atau menyikat supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Stamina Kucing

Seperti yang kalian tahu, kita sebagai manusia bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah stamina dengan mengkonsumsi kuning telur seperti saat minum STMJ. Hal ini ternyata tidak hanya berlaku pada manusia saja, namun juga untuk kucing.


Kandungan zat besi yang ada pada kuning telur bisa meningkatkan daya tahan tubuh kucing, selain itu juga berguna untuk menambah stamina kucing atau memulihkan stamina kucing terutama pada kucing jantan.


Gunakan telur ayam kampung untuk kucing supaya mendapatkan hasil yang maksimal, karena dikatakan kandungan telur ayam kampung lebih baik dan juga lebih alami daripada telur ayam biasa untuk kucing.


Membuat Kucing Cepat Gemuk

Cara membuat kucing cepat gemuk salah satunya adalah dengan cara memberikan kuning telur untuknya. Dalam pemberiannya kalian tidak harus memberikan telur ayam saja, namun juga bisa menggunakan kuning telur puyuh untuk kucing atau kuning telur bebek untuk kucing.


Baca Juga : Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing


Menggunakan telur burung puyuh untuk kucing lebih mudah dalam pemberiannya karena memiliki ukuran yang lebih kecil daripada telur ayam atau telur bebek. Pembagian mudah dilakukan dan kucing juga lebih mudah untuk memakannya, selain itu kandungan kuning telur puyuh juga lebih baik daripada telur ayam.


Membantu Proses Kesembuhan Kucing Sakit

Ketika kuning telur digunakan untuk membantu proses penyembuhan kucing sakit, biasanya dalam pemberiannya dicampur dengan madu. Kuning telur yang dicampur dengan madu diberikan melalui spuit untuk kucing yang kesulitan makan sendiri, namun untuk kucing yang masih bisa makan cukup ditempatkan pada tempat makannya saja.


Dosis kuning telur untuk kucing sakit bisa dilihat dari penyakit kucing itu sendiri, ketika penyakit kucing ringan maka berikan kuning telur secukupnya, namun apabila kucing sakit lumayan parah maka kalian bisa menggunakan kuning telur untuk makanan pengganti sementara sampai kucing lumayan pulih.


Umumnya untuk kondisi ini, kuning telur yang dicampur dengan madu sering digunakan untuk anak kucing yang sedang tidak nafsu makan atau terkena penyakit ringan seperti flu dan berbagai penyakit lain menggunakan spuit.


Itulah beberapa manfaat dari kuning telur untuk kucing,kalian bisa menggunakan kuning telur untuk menunjang kebutuhan nutrisi pada kucing supaya kucing lebih sehat. Kuning telur juga merupakan alternatif untuk kalian yang menginginkan vitamin kucing murah dan mudah didapatkan.


Hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebihan dalam memberikan kuning telur untuk kucing, berikan dengan secukupnya dengan melihat kondisi kucing kalian. Semua hal yang diberikan secara berlebihan pasti akan menyebabkan masalah, untuk itu bijaklah dalam pemberiannya. Demikian mengenai manfaat kucing telur untuk kucing, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar