-->

Tips dan Ciri Anak Kucing Munchkin yang Masih Kecil

Kucing munchkin merupakan jenis ras kucing yang unik dan banyak sekali diminati oleh seluruh orang didunia, termasuk di indonesia. Permintaan adopsi kucing munchkin sangat banyak sekali, mulai dari kucing munchkin pure (Kucing Munchkin yang Normal) dan juga varian kucing munchkin seperti kucing minuet, kucing kinkalow, kucing gaelic, kucing bambino dan beberapa varian kucing munchkin lainnya.


Kepopuleran kucing munchkin menjadikan orang tertarik untuk memelihara kucing munchkin dan juga untuk beternak kucing munchkin. Harga kucing munchkin yang mahal atau masih tergolong tinggi membuat beberapa orang ingin menjadikannya lahan bisnis beternak kucing ras dengan tujuan untuk mendapatkan untung yang besar atau hanya sekedar untuk mencari uang.


Anak Kucing Munckin


Seperti yang kalian semua ketahui bahwa anak kucing munchkin masih memiliki kemungkinan untuk memiliki kaki yang panjang seperti kucing normal lainnya, yang disebut dengan kucing munchkin non standar. Munckin non standar adalah kucing munchkin berkaki panjang dan juga lebih sering disebut dengan ns munchkin, munchkin ns, non standar munchkin.


Non standar pada kucing munchkin bisa dialami oleh semua varian kucing munchkin, jadi setiap varian kucing munchkin masih memiliki kemungkinan untuk memiliki kaki yang panjang seperti minuet non standar, bambino non standar (ada juga bambino brush), kinkalow non standar, gaelic non standar dan masih banyak yang lain.


Baca Juga : Kucing Munchkin Non Standar yang Digunakan untuk Indukan Munchkin


Sebenarnya berternak kucing munchkin lebih sulit daripada kucing ras lainnya karena hal tersebut. Berbeda dengan ras kucing lainnya, misal Kucing Persia x Kucing Persia maka anaknya sudah jelas kucing persia dan tidak memikirkan apakah akan keluar kaki pendek atau panjang. Harga kucing munchkin non standar tentunya akan jauh lebih murah dari kucing munchkin standar yang memiliki kaki pendek, meski begitu hal ini tidak membuat semua orang berpaling dari kucing munchkin dan malah bersemangat untuk menyilangkannya dengan ras kucing lainnya.


Untuk para pemula yang masih belajar kucing munchkin, tentunya perlu mengetahui bagaimana ciri anak kucing munchkin yang baru lahir dan bisa membedakan apakah anak kucing tersebut memiliki kaki yang pendek atau panjang. Ketika baru lahir anak kucing munchkin akan jelas terlihat dari panjang kakinya, dari kecil anak kucing munchkin standar memiliki kaki yang pendek dan yang non standar memiliki kaki yang panjang.


Kitten Munchkin Baru Lahir


Ketika baru lahir kaki bagian depan akan terlihat lebih pendek dari kucing pada umumnya, hal ini akan sangat terlihat jelas ketika ada munchkin non standar yang juga baru lahir. Beberapa breeder kucing munchkin sering menyebutnya dengan kaki bebek karena kaki bagian belakang seperti mengarah kedepan sehingga mirip dengan kaki bebek.


Baca Juga : Mengenal Kucing Munchkin Lebih Jauh


Gambar diatas adalah munchkin standar yang masih berusia 2 hari, perhatikan panjang kaki depan dan juga bentuk kaki belakang yang dimilikinya. Kaki depan terlihat pendek sedangkan kaki belakang seperti lebih mengerah kedepan mirip dengan kaki bebek seperti yang sudah disebutkan diatas. Perkembangan panjang kaki masih belum bisa dipastikan ketika baru lahir, ketika terlahir dengan kaki pendek masih ada kemungkinan kaki pendek tersebut akan tumbuh memanjang sehingga menjadi kucing munchkin 3/4 seiring bertambahnya umur kucing beberapa bulan kedepan..


Kitten Munchkin Non Standar


Jika dibandingkan dengan gambar yang satu ini maka akan terlihat jelas panjang kaki pada gambar pertama lebih pendek sedangkan pada gambar kedua diatas kaki depan terlihat panjang. Pada gambar kedua ini adalah anak kucing munchkin non standar, sedangkan pada gambar pertama adalah anak kucing munchkin standar.


Kucing munchkin sebenarnya hanya ada standar dan juga non standar, namun beberapa orang pendahulu menjadikan beberapa golongan kucing munchkin berdasarkan panjang kaki yang dimilikinya, yaitu : Kucing Munchkin Non Standar, Kucing Munchkin 3/4, Kucing Munchkin Standar dan juga Kucing Munchkin Top Standar atau sering disebut dengan Munchkin Rug Hugger.


Kucing Munchkin Non Standar adalah Kucing munchkin yang tidak jadi atau yang memiliki kaki panjang mirip dengan kucing ras lain pada umumnya.


Kucing Munchkin 3/4 adalah kucing munchkin yang memiliki kaki pendek namun agak panjang, jadi lebih pendek dari kucing munchkin non standar namun lebih panjang dari kucing munchkin standar.


Kucing Munchkin Standar adalah kucing munchkin yang memiliki kaki pendek seperti yang sudah sering kalian lihat


Munchkin Top Standar atau Kucing Munchkin Rug Hugger adalah kucing munchkin yang memiliki kaki sangat pendek lebih pendek dari kucing munchkin standar dan juga sering disebut dengan munchkin super ceper atau munchkin yang sangat pendek.


Pada anak kucing munchkin usia 1 minggu sampai dengan 2 minggu maka panjang kaki akan semakin jelas terlihat dan postur yang dimiliki akan terlihat berbeda dengan perbandingan panjang kaki yang dimiliki munchkin standar dan munchkin ns.


Anak Kucing Munchkin Standart

Anak Kucing Munchkin Non Standar
 

Bandingkan kedua gambar diatas ini dan perhatikan bagian kaki depan dan juga belakang, dengan hanya melihat kedua gambar itu tentunya kalian sudah tahu mana munchkin ns dan mana yang standar bukan? Ketika pertama kali mengawinkan kucing munchkin jangan terburu buru untuk menggunakan kedua kucing dengan kaki pendek karena tetap masih ada kemungkinan lahirnya munchkin non standar dari hasil perkawinannya.


Menggunakan kedua induk dengan kaki pendek memang lebih mudah namun membutuhkan biaya adopsi kucing munchkin yang besar, sedangkan jika menggunakan ras kucing lainnya yang berkaki panjang ada kemungkinan pejantan munchkin (Jika menggunakan Munchkin Jantan) akan kesulitan dalam kawin karena postur yang pendek sedangkan betinanya berkaki panjang.


Adakalanya kita harus membantu pejantan munchkin untuk kawin karena keadaan tersebut, namun hal ini tidak dialami oleh semua kucing munchkin karena ada juga pejantan munchkin jago kawin meski betinanya berkaki panjang. Hal yang perlu diperhatikan untuk anak kucing munchkin adalah konsumsi susu dari induknya.


Anak kucing munchkin yang memiliki kaki pendek terkadang akan lebih sulit mendekati puting induknya untuk menyusu dan sering kalah dengan ns munchkin yang ada. Keadaan ini harus diperhatikan karena bisa membuat pertumbuhan anak kucing munchkin menjadi kurang maksimal.


Baca Juga : Vaksin Kucing Munchkin


Pada usia 2 bulan adalah kondisi yang penuh resiko karena pada usia ini kucing sering terkena penyakit dan juga virus yang membahayakan nyawanya. Pemberian vaksin sangat disarankan untuk menjamin kesehatan anak kucing munchkin, dengan memberikan vaksin maka daya tahan tubuh akan lebih kuat dan tidak akan mudah terserang penyakit atau virus.


Ketika vaksin sudah diberikan (Jangan lupa membaca brosur dalam vaksin yang diberikan ya) maka pemberian obat cacing juga perlu diberikan untuk mencegah kucing cacingan, setelah usia anak kucing munchkin 2,5 bulan atau sudah menginjak 3 bulan maka anak kucing ini sudah siap untuk dilepas adopsi. Mulailah untuk membuat foto yang menarik, setelah itu upload foto kalian pada forum adopsi kucing munchkin yang ada di media sosial kalian.


Sebelum lepas adopsi kucing  munchkin dilakukan pastikan kucing dalam kondisi yang sehat dan tidak sedang sakit, dengan memastikan kondisi kucing maka jika kucing sudah diadopsi oleh orang maka orang tersebut akan lebih senang dengan kondisi kucing yang sehat dan terawat. Demikian mengenai tips dan juga ciri anak kucing mucnhkin, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar