-->

Mengenal Kucing Don Sphynx, Kucing Donskoy yang Mirip Sphynx

Kucing Don Sphynx atau sering disebut juga dengan sebutan Kucing Donskoy, Kucing Donskoy Rusia, Kucing Russian Hairless dan juga Kucing Don Hairless. Dari sebutan kucing ini tentunya kalian sudah mengetahui jika asal Kucing Donskoy adalah dari Rusia. Don Sphynx adalah salah satu jenis ras kucing yang mengalami mutasi genetik sehingga menjadikan kucing ini tidak memiliki bulu atau hanya memiliki sedikit bulu dan terlihat menjadi tidak memiliki bulu.


Kucing Donskoy termasuk kucing yang memiliki ukuran sedang, meski begitu tubuh kucing ini terlihat berotot dan kulitnya yang keriput membuat kulit kucing ini menyerupai kulit manusia. Dikatakan kucing Donskoy juga merupakan kucing yang digunakan untuk pengembangan ras kucing Peterbald, oleh karena itu kucing ini dilarang untuk disilangkan dengan kucing Peterbald karena alasan tertentu dalam pengembangannya.


Kucing Don Sphynx


Kebanyakan orang mungkin berfikir jika kucing Don Sphynx dan juga kucing Sphynx merupakan kucing yang sama karena memang keduanya sangat mirip, namun ternyata ada hal yang membedakan kedua ras kucing ini. Perbedaan antara kucing Don Sphynx dan kucing Sphynx terletak pada gen yang mereka miliki, pada kucing Donskoy gen hairless yang ada bersifat dominan dan pada kucing Sphynx gen hairless yang ada bersifat Resesif (Tidak terlalu dominan).


Kucing hairless seperti kucing Donskoy membutuhkan perlindungan kulit yang lebih ekstra dari kucing berbulu pada umumnya, karena jenis ras kucing ini memiliki kulit yang sangat sensitif disebabkan bulunya yang sedikit. Kucing Donskoy tidak boleh terlalu lama terkena sinar matahari karena bisa berbahaya jika terkena sinar ultraviolet, selain itu kulit kucing ini juga lebih mudah terluka sehingga kita harus lebih berhati hati dalam pemeliharaannya.


Pada awalnya kucing ini sedikit menimbulkan kontroversi karena bulu yang dimilikinya sangat sedikti atau bahkan ada yang tidak berbulu. Ada beberapa orang berpendapat bahwa mutasi yang membuat kucing ini tidak memiliki bulu akan bisa membahayakan kesehatan kucing ini dan juga keturunan selanjutnya yang dihasilkan, jadi ada yang menganjurkan untuk menghentikan pengembangan yang ada.


Asal Usul Kucing Don Sphynx

Menurut informasi dalam pencarian sejarah Kucing Don Sphynx dalam penelusuran, dikatakan kucing ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987 di Rusia, tepatnya di daerah Rostov-on-Don. Orang yang menemukan kucing ini adalah Elena Kovaleva, dia adalah Profesor dari State Pedagogical Institute. Pada saat itu Kovaleva melihat sekumpulan anak laki laki yang sedang menganiaya anak kucing, karena merasa kasihan maka Kovaleva membawa kucing tersebut untuk diberikan perawatan, dari sinilah sejarah kucing Donskoy dimulai.


Sejarah Kucing Don Sphynx


Kucing yang dibawa pulang tersebut diberi nama Varvara oleh Kovaleva, beberapa bulan kemudian Varvara mulai kehilangan bulu pada tubuhnya dan membuat dia menjadi kucing gundul. Kovaleva memberikan beberapa perawatan bulu pada Varvara dengan harapan bulu yang ada pada tubuhnya bisa normal kembali dan pulih, namun hal tersebut tidak membuahkan hasil.


Beberapa bulan kemudian Varvara dikawinkan dengan kucing domestik lokal diderah tersebut dan menghasilkan beberapa anak yang tidak berbulu dan juga anak yang memiliki bulu, namun anak yang memiliki bulu ini kemudian mulai kehilangan bulu yang ada pada tubuhnya seperti yang dialami oleh Varvara. Karena hal yang sama terjadi maka beberapa orang mulai berpendapat kucing tersebut dan juga keturunannya memiliki penyakit yang membuat mereka kehilangan bulu ditubuhnya.


Karena pada saat itu minat pada kucing hairless atau kucing tidak berbulu masih sedikit, kebanyakan orang berpendapat untuk menghentikan pengembangan lebih lanjut karena kucing tersebut terlihat tidak sehat. Seorang peternak kucing profesional bernama Irina Nemikina menyelamatkan salah satu kucing keturunan tersebut dan mulai melakukan pengembangan. Pada awalnya Nemikina memiliki spekulasi dan mengawinkan anak kucing tersebut dengan kucing berbulu, dengan tujuan memperbaiki bulu atau juga fisik pada kucing tersebut.


Baca Juga : Kucing Sphynx, Kembarang Kucing Donskoy


Setelah melakukan pengembangan pada kucing ini beberapa generasi, dan mengawinkan anak kucing tersebut dengan keturunan yang ada, akhirnya Nemikina berhasil meciptakan ras kucing baru bernama Don Sphynx. Don diambil dari nama sungai Don, dan Sphynx diambil dari nama jenis ras kucing lain yang tidak berbulu atau kucing hairless. Dikatakan salah satu kucing yang digunakan dalam pengembangan ras Donskoy adalah Kucing European Shorthair.


Kucing Donskoy memang sangat mirip dengan kucing Sphynx, namun kedua kucing ini tidak memiliki hubungan sama sekali dan gen yang dimilikipun berbeda. Kucing Sphynx muncul karena gen yang resesif sedangkan pada kucing Donskoy gen yang dimiliki bersifat dominan. WCF (World Cat Federation) mengakui kucing ini pada tahun 1997 dan TICA (The International Cat Association) mengakui kucing Donskoy pada tahun 2005.


Karakter dan Sifat Kucing Don Sphynx

Kucing Donskoy sangat mirip dengan penampilan kucing Sphynx dan juga struktur yang ada, kemungkinan besar jika ada orang yang melihat kucing ini maka orang tersebut pasti salah mengira jika kucing Donskoy adalah kucing Sphynx karena kemiripan yang ada pada mereka. Kucing Donskoy termasuk kucing berukuran sedang, kakinya panjang, telinganya besar, tubuhnya terlihat berotot dengan disertai kepala yang kecil.


Karakter Kucing Donskoy


Karena tidak memiliki bulu dan juga kulitnya sama dengan manusia maka kulit pada kucing donskoy lebih membutuhkan banyak perhatian, karena kulit kucing ini sangat sensitif terhadap suhu dingin dan juga panas. Oleh karena itu kucing donskoy yang tidak memiliki bulu ini sangat disarankan untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan rumahan supaya kulit yang ada lebih sehat karena tidak terkena sengatan matahari ataupun udara dingin yang ada.


Donskoy adalah kucing yang ramah dan juga cerdas, umumnya kucing ini memiliki rasa kasih sayang yang besar dan juga sifat sosial yang tinggi. Kepribadian ini membuat kucing ini sangat suka berada disekitar pemiliknya ataupun hewan peliharaan lainnya, meski begitu kucing donskoy terkadang malah tidak akur dengan kucing lainnya. Karena sifat bulu yang dimilikinya maka kucing ini sangat bagus untuk orang yang memiliki alergi pada bulu kucing, dengan sifatnya yang menyenangkan maka kucing ini sangat cocok untuk menemani kalian dirumah bersama keluarga.


Sebagian besar orang sering memakaikan pakaian pada kucing ini tentunya kalian pasti sering melihat kucing yang tidak berbulu menggunakan semacam pakaian seperti sweater atau kostum tertentu bukan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga suhu tubuh pada kucing ini, apalagi jika sedang musim dingin maka memberikan pakaian pada kucing ini adalah pilihan yang tepat untuk membuat kucing donskoy tetap hangat. Donskoy sangat ideal untuk kucing rumahan namun dia tidak bisa ditinggal terlalu lama karena kucing ini sangat membutuhkan interaksi dengan pemiliknya atau hewan peliharaan lain.


Baca Juga : Berat Badan Ideal untuk Kucing yang Perlu Kalian Tahu


Selain memiliki masalah pada kesehatan kulit seperti yang sudah disebutkan diatas, kucing donskoy juga memiliki beberapa masalah kesehatan lain. Beberapa masalah pada gigi dan gusi sering dikaitkan dengan kucing ini, jadi memberikan perawatan seperti sikat gigi sangatlah disarankan dalam pemeliharaannya. Kesehatan pada kulit yang dialami donskoy merupakan salah satu masalah genetik yang ada, meski demikian hal ini hanya membuat potensi yang lebih besar dibandingkan dengan kucing lain, seperti tidak bisa berkeringat karena masalah genetik.


Perawatan Kucing Kucing Don Sphynx

Kucing donskoy yang tidak memiliki bulu atau hanya memiliki sedikit bulu membutuhkan beberapa perawatan yang unik jika dibandingkan dengan kucing ras jenis lainnya. Kucing ini akan cenderung mengeluarkan lebih banyak minyak pada tubuhnya, karena sedikitnya bulu yang dimiliki maka bulu tersebut tidak cukup untuk membantu menyerap minyak yang keluar. Membersihkan kulit pada kucing ini adalah hal yang wajib, karena jika tidak maka kulit dan juga perlengkapan kucing yang ada akan sangat cepat mudah kotor karena minyak yang keluar dari tubuhnya.


Cara Merawat Kucing Gundul


Lakukan perawatan kulit kucing dengan membersihkannya dengan kain, kalian bisa menggunakan air saja namun jika merasa kurang puas bisa menggunakan shampoo kucing untuk kulit kucing yang sensitif. Bersihkan beberapa bagian tubuh kucing yang kalian rasa sangat mudah kotor, perhatikan bagian wajah, telinga dan juga badan kucing ini dalam membersihkannya dengan kain. Hal ini bisa dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit donskoy.


Memandikan kucing donskoy tidak perlu dilakukan terlalu sering jika kalian rajin dalam membersihkan tubuhnya dengan kain, cukup mandikan seminggu sekali atau dua minggu sekali.  Kombinasi antara memandikan kucing ini dan juga membersihkannya dengan kain akan mengurangi masalah pada kulit kucing ini karena kulit kucing selalu bersih sehingga tidak akan rentan terkena bakteri ataupun infeksi yang sering menyerang kucing peliharaan.


Berikan suhu ruangan yang stabil, pada musim dingin berikan lampu tambahan untuk membuat suhu ruangan lebih hangat dan pada musim panas berikan tambahan sirkulasi udara guna melancarkan udara dalam ruangan. Kalian juga bisa memberikan pakaian pada kucing donskoy saat musim dingin, dengan begitu kucing ini akan lebih hangat. Beberapa masalah pada gusi dan gigi juga sering dialami oleh kucing ini, jadi jangan lupa untuk memberikannya perawatan seperti menggosok gigi atau hanya membersihkannya saja.


Baca Juga : Vaksin untuk Kucing tidak Berbulu


Pemberian vaksinasi juga perlu dilakukan untuk menjamin kesehatan kucing donskoy dari beberapa virus yang bisa membahayakan kucing. Berikan vaksinasi lengkap pada kucing ini dan juga lakukan pengulangan vaksin setiap tahun, dengan begitu kucing akan lebih aman dan selalu sehat karena dengan memberikan vaksin pada kucing maka kucing akan memiliki daya tahan terhadap virus kucing tertentu dan juga daya tahan tubuh yang dimilikinya akan menjadi lebih bagus.


Harga Kucing Don Sphynx

Kucing hairless yang ada di Indonesia adalah kebanyakan kucing Sphynx, ada juga varian lain yang sudah dikembangkan dari persilangan antar kucing seperti kucing Elf, Kucing Bambino dan juga Kucing Dwelf. Sangat jarang sekali ada breeder kucing yang mengembangkan kucing Donskoy di Indonesia karena kucing ini sangat mirip dengan kucing Sphynx.


Pasaran harga kucing Donskoy masih belum begitu jelas karena sangat jarang yang melepas adopsikan kucing ini, namun pada breeder yang ada diluar negeri memberikan biaya adopsi yang dimulai dari $1000 sampai dengan $1500. Dari harga adopsi tersbut maka diperkirakan harga kucing Donskoy masih berkisar diatas 10 juta atau lebih tepatnya sekitar 13 juta hingga 20 juta.


Bagi kalian yang ingin mengadopsi kucing ini maka pertama silahkan mencari breeder kucing donskoy yang ada di Indonesia, silahkan bertanya pada teman sesama pecinta kucing atau juga mencari informasi cattery yang ada. Selain itu kalian juga bisa mendatangkan kucing ini dari luar negeri, tentu saja jika mengimport kucing biaya yang dikeluarkan akan sedikit lebih besar. Demikian mengenai kucing Donskoy yang mirip dengan kucing Sphynx, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar