-->

Mengenal Kucing Exotic Shorthair, Kucing Persia Pesek Berbulu Pendek

Kucing Exotic Shorthair atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Kucing Bulu Pendek Eksotis adalah ras kucing hasil persilangan dari Kucing Persia dengan Kucing American Shorthair. Karakter, kepribadian, ciri fisik, dan juga gangguan kesehatan yang mirip dengan kucing persia karena memang kucing ini hasil dari persilangan kucing persia itu sendiri, namun yang membedakan adalah bulu kucing persia panjang sedangkan bulu kucing exotic pendek.


Kucing Exotic juga memiliki julukan Lazy Persian karena memang kucing ini memiliki wajah yang sama dengan kucing persia namun bulu pada kucing exotic lebih mudah dirawat karena termasuk dalam bulu pendek. Kucing Exotic cenderung lebih aktif dari kucing persia yang malas, meski begitu kedua kucing ini juga suka duduk di pangkuan pemiliknya atau orang yang dekat dengannya. Masa hidup kucing persia dan juga kucing exotic secara umum bisa mencapai 15 tahun dan bahkan ada yang bisa lebih dari itu.


Jual Kucing Exotic Bandung


Jika kalian salah satu penggemar kucing persia namun menginginkan perawatan bulu yang lebih mudah maka kucing exotic shorthair ini bisa kalian jadikan pilihan untuk dipelihara. Pengembangan kucing persia melalui persilangan dengan kucing American Shorthair dan juga persilangan tambahan dengan Kucing Burma serta Russian  Blue membuat kucing ini memiliki tampilan yang mirip dengan kucing persia dan juga bulu pendek yang mewah yang tidak kalah bagusnya dengan kucing persia.


Exotic shorthair ini sangat suka bermain dengan mainan pancingan kucing, tentunya kalian sering melihat hal tersebut dalam kontes kucing atau show kucing yang diikuti oleh kucing exotic. Beberapa kucing exotic juga memiliki sifat yang santai, jadi berada di pangkuan pemiliknya lebih menjadi pilihan utama bagi mereka. Awalnya kucing exotic dimaksudkan untuk menjadi kucing berwarna Silver dan akan disebut dengan Sterling, namun untuk sekarang ini kucing exotic bisa ditemui dengan berbagai pola warna pada tubuhnya.


Asal Usul Kucing Exotic Shorthair

Menurut informasi dari penelusuran tentang sejarah kucing Exotic Shorthair, kucing ini termasuk kucing yang tidak disengaja dalam pengembangannya. Tujuan awal persilangan yang dilakukan untuk kucing exotic sebenarnya untuk membuat pengembangan dari kucing Persia yang memiliki warna Silver dan warna mata hijau dari kucing American Shorthair, namun hasil yang didapat berbeda.


Harga Kucing Exotic Shorthair 2019


Sekitar tahun 1950an kucing persia adalah kucing yang sangat populer, berawal dari hal tersebut para breeder kucing American Shorthair menjadi termotivasi untuk mengembangkan kucing persia dengan melakukan persilangan dengan kucing American Shorthair. Pada tahun tersebut hingga tahun 1965 Kucing American Shorthair dikenal sebagai Kucing Domestic Shorthair (Kucing Domestik Berbulu Pendek).


Tujuan awal dari persilangan ini adalah untuk memperbaiki tubuh pada kucing persia dan juga memberikan warna bulu dan juga warna mata yang dimiliki kucing American Shorthair ke dalam Kucing Persia. Hasil persilangan ini membuat kucing ASH memiliki punggung yang lebih besar, kepala menjadi lebih bulat, hidung menjadi lebih pendek dan juga bulu semakin padat dan juga sedikit lebih panjang dari kucing ASH pada umumnya.


Para breeder kucing ASH terkejut dengan hasil persilangan yang dilakukan tersebut, karena perubahan yang terjadi begitu berbeda dengan yang diharapkan. Dengan hasil tersebut sebenarnya para breeder kucing ASH tidak berniat untuk melanjutkannya, namun karena Hakim dari CFA (Cat Fanciers' Association) yang bernama Jane Martinke mendukungnya maka pengembangan ini tetap dilanjutkan dan hasilnya pada tahun 1967 kucing Exotic Shorthair mendapatkan status Championship di CFA (Cat Fanciers' Association).


Baca Juga : Kucing Persia yang Mirip dengan Kucing Exotic


Dengan diakuinya kucing Exotic maka para breeder yang terdaftar di CFA (Cat Fanciers' Association) kemudian diberikan ijin untuk mengembangkan kucing ini lebih lanjut. Selain menggunakan Kucing ASH, awalnya para breeder yang ada menggunakan Kucing Burma dan juga Kucing Russian Blues untuk memperkuat gen bulu pendek yang ada pada kucing ini. Setelah popularitas kucing Exotic mulai naik dan perkembangan yang ada juga semakin luas, CFA (Cat Fanciers' Association) mulai membatasi perkawinan silang yang ada guna mendapatkan standar kucing Exotic Shorthair.


Pada tahun 1971 kucing Exotic Shorthair mendapatkan status Grand Champion di CFA (Cat Fanciers' Association) dan pada tahun 1987 CFA sudah resmi melarang perkawinan silang untuk pengembangan kucing Exotic dan hanya mengijinkan untuk menggunakan kucing Persia untuk disilangkan. Dari waktu ini hingga sekarang kucing Exotic Shorthair merupakan kucing ras bulu pendek yang populer di berbagai kalangan pecinta kucing dan juga breeder kucing di seluruh dunia.


Karakter dan Sifat Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic adalah kucing yang menawan dan bisa dijadikan teman dirumah sebagai hewan peliharaan yang bisa duduk di pangkuan dan juga berkeliling disekitar rumah dengan santai. Kucing Exo termasuk kucing yang penyayang dan juga mandiri walau ada juga sifat pemalas yang dimiliki dari kucing Persia.


Kucing Exotic Flatnose


Kucing Exotic merupakan kucing yang tergolong memiliki badan yang pendek, bahu pada kucing ini bisa dikatakan besar, ototnya terlihat kuat dan kekar dan berat badan umum pada kucing ini berkisar antara 3.5kg hingga 6kg namun ada juga beberapa kucing yang bisa lebih dari berat badan tersebut. Bulu kucing exotic memang pendek, namun jika diperhatikan panjang bulunya lebih panjang dari beberapa ras kucing bulu pendek lainnya.


Bulu Kucing Exotic sangat halus, lembut, dan juga padat, kepalanya besar dan bulat dengan disertai dahi lebar, pipinya berisi atau tembem, serta rahang kucing ini sangat kuat.  Matanya bulat besar dan bisa hadir dalam berbagai warna seperti kuning, biru, emas dan warna lainnya. Telinganya kecil dan pendek dengan jarak berjauhan antara kiri dan kanan, lehernya pendek dan kekar, sedangkan pada bagian ekor termasuk pendek dengan bulu tebal dan ujungnya bulat.


Baca Juga : Kucing Minuet, Kucing Persia Berkaki Pendek


Kucing Eksotis adalah kucing yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, dengan adanya sifat ini maka dia menjadi kucing yang aktif, lincah senang bermain namun juga anggun dan tenang. Eksotis adalah kucing sosial, jadi dia tidak begitu suka menyendiri dan cenderung lebih senang berada didekat pemiliknya seperti duduk di pangkuan atau bermain.


Meski kucing American Shorthair berperan besar dalam pengembangan kucing ini, namun sifat yang dimiliki kucing exotic lebih mirip dengan kucing persia. Masa hidup kucing ini dikatakan lebih panjang dibandingkan dengan kucing persia karena pengaruh dari kucing ASH yang digunakan dalam pengembangan tersebut.


Perawatan Kucing Exotic Shorthair

Pada umumnya semua kucing yang berbulu harus diberikan perawatan pada bulunya supaya tetap sehat dan juga tidak gampang terkena penyakit. Kucing Exotic yang memiliki bulu pendek tergolong mudah dalam perawatannya, lakukan penyisiran pada bulu kucing exotic satu atau dua kali seminggu guna menjaga bulu kucing tetap sehat dan juga indah.


Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair


Penyisiran yang dilakukan tidak harus menunggu bulu kucing terlihat kusut, namun jika ada waktu yang berlebih gunakanlah jadwal sehingga penyisiran menjadi lebih teratur dan jika kurang memiliki waktu luang untuk kucing maka lakukan penyisiran bulu ketika kalian ada waktu saja. Untuk membantu mengurangi bulu mati pada tubuhnya maka memandikan kucing ini perlu dilakukan dengan teratur.


Setelah selesai mandi biasakan untuk mengeringkan bulu kucing secara menyeluruh dengan menggunakan pengering bulu kucing yang tersedia dirumah, jaga pengering bulu kucing supaya tidak terlalu panas yang bisa menyebabkan kerusakan pada bulu kucing. Wajah kucing Exotic yang termasuk pesek atau masuk kedalam seperti kucing persia akan selalu mengeluarkan kotoran setiap harinya, jadi dalam perawatannya kalian perlu membilas wajah kucing ini setiap hari terutama pada bagian bawah mata.


Semua ras kucing memiliki potensi dalam masalah kesehatan secara genetik seperti penyakit keturunan atau penyakit yang disebabkan perkawinan silang kucing ras satu dengan ras lainnya, tentu saja kucing exotic termasuk didalamnya. Ketika ada seorang breeder kucing yang menjamin kucing yang dikembangkannya tidak memiliki masalah kesehatan secara genetik  atau lainnya maka breeder kucing tersebut bisa dipastikan berbohong karena hampir semua kucing pasti mempunyai masalah kesehatan.


Dikatakan kucing exotic sering mengalami masalah dalam saluran kemih dan juga masalah pada ginjal, dalam hal ini adalah penyakit Ginjal Polikistik pada kucing yang menjadi pemicu penyakit saluran kemih pada kucing. Penyakit Ginjal Polikistik termasuk dalam penyakit ginjal turunan yang menyebabkan ginjal pada kucing membesar dan terjadi kesalahan fungsi ginjal.


Baca Juga : Vaksin untuk Kucing Exotic Shorthair


Kucing Exotic juga memiliki masalah dalam pernapasan, hal ini terjadi karena wajahnya yang datar sehingga kucing ini sangat sensitiv terhadap panas. Perlindungan panas untuk kucing ini perlu dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan yang ada. Berikan vaksinasi secara rutin untuk kucing ini sehingga kucing ini tidak akan rentan terkena virus yang mematikan dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.


Harga Kucing Exotic Shorthair

Dalam perkembangannya pada dunia kucing, kucing exotic termasuk  ras kucing yang memiliki harga adopsi yang paling stabil jika dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Beberapa kucing yang sering didatangkan di indonesia seringkali sangat mahal pada awalnya dan dalam waktu yang tidak begitu lama harga adopsinya akan semakin menurun dengan drastis karena peminatnya semakin berkurang, namun hal ini tidak terjadi pada kucing exotic.


Jual Kucing Exotic Shorthair Surabaya


Kucing Exotic masih termasuk mahal, namun karena karakter dan juga fisik yang dimilikinya sangat menarik maka kucing ini menjadi banyak dipelihara oleh semua pecinta kucing dari semua kalangan. Pasaran harga kucing exotic masih berkisar diatas 5 juta rupiah untuk kualitas biasa, namun untuk kualitas yang bagus masih bisa mencapai 10 juta keatas atau bahkan 20 juta.


Seperti yang kalian tahu jika kucing exotic seringkali ikut dalam show kucing atau kontes kucing yang ada, dengan adanya hal tersebut maka kualitas pada kucing ini juga dibagi menjadi dua, yaitu kucing exotic show quality dan juga kucig exotic breed quality. Harga kucing exotic shorthair show quality akan lebih mahal karena kucing ini mempunyai kemungkinan juara dalam kontes kucing.


Kucing Exotic shorthair breed quality biasanya akan digunakan para breeder kucing exotic untuk mengembangkan kualitas kucing yang sudah ada, atau juga bisa diadopsi penggemar kucing exotic yang lain. Jadi untuk breed quality tidak hanya digunakan untuk breeding saja namun juga bisa untuk kucing peliharaan dirumah.


Bagi kalian yang ingin menjadikan kucing exotic sebagai kucing peliharaan dirumah kalian maka kalian bisa mencari breeder kucing exotic yang dekat dengan kota tempat kalian tinggal, selain itu pada forum adopsi kucing exotic yang ada di sosial media juga ada berbagai pilihan kucing exotic yang bagus dan berkualitas. Selalu gunakan rekber jika kalian tidak yakin dengan breeder yang masih baru atau yahg belum bisa dipercaya. Demikian mengenai kucing exotic shorthair yang populer dan memiliki harga adopsi yang stabil, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar