-->

Mengenal Kucing Ukrainian Levkoy, Kucing Scottish yang Gundul

Kucing Ukrainian Levkoy atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Kucing Levkoy Ukraina adalah kucing hasil persilangan antara Kucing Scottish Fold dengan Kucing Don Sphynx. Hasil persilangan kedua kucing tersebut menjadikan kucing Ukrainian Levkoy terlihat seperti anjing yang memiliki telinga melipat kedepan mirip dengan kucing Scottish Fold.


Kucing Ukrainian Levkoy namanya sering disingkat menjadi kucing UKL atau Kucing ULV, singkatan tersebut tentu saja diambil dari nama Ukrainian Levkoy yang merupakan nama dari kucing ini. Kucing ini termasuk kucing hairless, jadi bisa dikatakan kucing Ukrainian Levkoy terlihat tidak mempunyai bulu mirip dengan kucing Don Sphynx dan juga kucing Sphynx.


Kucing Ukrania


Meski dikatakan kucing yang tidak berbulu namun sebenarnya kucing ini masih memiliki bulu lembut yang ada di beberapa bagian tubuhnya, karena bulu yang ada sangat lembut maka kucing ini menjadi terlihat tidak mempunyai bulu. Beberapa bagian tubuh yang jelas terlihat mempunyai bulu adalah bagian punggung dan juga bagian ekor, pada bagian ini bulu akan terlihat lebih jelas daripada bagian tubuh yang lain dari kucing Ukrainian Levkoy.


Kucing Ukrainian Levkoy termasuk kucing yang berukuran sedang, badannya terlihat ramping namun juga berotot. Kucing ini tergolong kucing yang aktif dan sangat penyayang, sifat yang dimilikinya sangat santai dan juga menyenangkan. Kepribadian yang ada pada kucing ini membuat kita harus selalu ada untuknya, jika tidak maka memberikan mainan dan juga ruangan khusus harus dilakukan untuk membuat kucing ini bisa melakukan aktivitasnya dengan puas.


Asal Usul Kucing Ukrainian Levkoy

Menurut penelusuran informasi mengenai sejarah kucing Ukrainian Levkoy, orang pertama yang menciptakan kucing Ukrainian Levkoy adalah breeder kucing dari Rusia yang bernama Elena Biriukova, dalam versi lain breeder kucing ini memiliki nama Elena Vsevolodovna Birjukova dan selanjutnya pada artikel kali ini kita akan menyebutnya sebagai Elena.


Sejarah Kucing Ukrainian Levkoy


Pengembangan pada kucing hairless yang tidak berbulu menjadi suatu tren untuk breeder yang ada diseluruh dunia pada waktu itu, sebagian besar breeder kucing hairless mencoba beberapa persilangan baru untuk kucingnya dengan tujuan membuat kucing hairless yang memiliki penampilan berbeda dari kucing lain yang sudah ada. Dari sinilah sejarah kucing Ukrainian Levkoy dimulai.


Pada tahun 2004 seorang breeder kucing dari Rusia yang bernama Elena mencoba menyilangkan kucing Don Sphynx (Kucing Donskoy) dengan kucing Scottish Fold, dari persilangan yang dilakukan ini menghasilkan kucing dengan ciri gabungan dari kedua kucing tersebut yaitu tidak berbulu dan memiliki telinga melipat kedepan seperti kucing scottish fold.


Nama Ukrainian Levkoy dari kucing ini diberikan karena telinga kucing ini mirip dengan bentuk daun tanaman Levkoy yang membungkuk ke depan menyerupai telinga pada kucing ini. Dalam pengembangan kucing Ukrainian Levkoy, persilangan yang dilakukan tidak hanya menggunakan kucing Donskoy saja namun juga menggunakan beberapa ras kucing jenis oriental dan juga kucing domestik (termasuk kucing Sphynx) untuk mendapatkan karakteristik yang diinginkan.


Baca Juga : Kucing Sphynx yang Mirip Kucing ULV


Pada awalnya kucing Ukrainian Levkoy hanya diakui oleh organisasi kucing yang ada di Rusia dan juga Ukraina saja. Tahun 2005 kucing Ukrainian Levkoy mulai diakui oleh ICFA RUI (Rolandus Union International) dari Ukraina lalu pada tahun 2010 organisasi kucing Rusia ICFA WCA juga mengakui kucing Ukrainian Levkoy. Pada tahun 2010 di bulan September kucing Ukrainian Levkoy sudah mulai mengikuti kontes kucing di ukraina dan tahun 2011 kucing ini juga mulai bisa mengikuti kontes kucing di Rusia. Organisasi kucing yang lain juga sudah mulai mengakui kucing Ukrainian Levkoy, namun dimasukkan kedalam kategori kucing uji coba atau experiental breeding.


Karakter dan Sifat Kucing Ukrainian Levkoy

Kucing Ukrainian Levkoy termasuk kucing yang berukuran sedang, tentunya untuk ukuran sedang setiap kucing memiliki standar yang berbeda dalam hal ini. Pada umumnya berat badan yang dimiliki kucing Ukrainian Levkoy berkisar antara 3.5 kg hingga 5.5 kg dan pada kucing betina biasanya lebih kecil dari kucing jantan. Berat badan tersebut bukan hal pasti, jadi beberapa kucing Ukrainian Levkoy bisa memiliki berat badan kurang dari yang sudah disebutkan atau bahkan bisa juga lebih.


Sifat Kucing Ukranian Levkoy


Kucing ULV adalah kucing yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, hal ini membuat kucing ini sangat suka menjelajah setiap ruangan yang ada di rumah atau lingkunngan kandang. Memberikan kucing ini ruang bermain dan juga mainan untuk digunakan merupakan hal yang perlu dipertimbangkan supaya kucing ini tidak merasa bosan dan juga bisa beraktivitas dengan leluasa.


Baca Juga : Tahap Perkembangan pada Kucing


Naluri bermain yang dimiliki kucing ini sangatlah kuat, jika kalian memiliki anak atau hewan peliharaan lain maka hal tersebut bukanlah masalah besar karena kucing ini termasuk kucing yang memiliki rasa sosial yang tinggi. Kucing ULV bisa cepat ramah dengan anak anak dan juga hewan peliharaan lain, meski begitu pemantauan juga diperlukan guna menghindari hal yang tidak diinginkan.


Perawatan Kucing Ukrainian Levkoy

Kucing Ukrainian Levkoy adalah kucing hairless yang hampir tidak memiliki bulu, karena bulu yang dimilikinya sangat sedikit maka kucing ini juga sering disebut dengan kucing yang mirip alien. Dalam perawatannya, kucing tidak berbulu membutuhkan perhatian lebih dan sedikit waktu tambahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Cara Merawat Kucing Gundul


Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan makan kucing Ukrainian Levkoy dengan makanan kucing yang berprotein tinggi, hal ini dimaksudkan supaya kucing ULV tetap bugar dan juga bisa mengontrol suhu badannya dengan benar. Memandikan kucing ini tidak perlu sering dilakukan, cukup mandikan sebulan sekali namun dengan catatan kalian harus membersihkan seluruh tubuh kucing Ukrainian Levkoy dengan kain karena tubuh kucing ini mudah berminyak sehingga akan lebih mudah kotor.


Lingkungan kandang untuk kucing Ukrainian Levkoy perlu memiliki suasana yang hangat, jadi pemberian lampu untuk kandang sangat diperlukan untuk menjaga suhu kandang tetao stabil dan tidak dingin. Memberikan beberapa baju kucing seperti sweater juga bisa dilakukan untuk membuat penampilan kucing menjadi lebih menarik dari biasanya.


Baca Juga : Vaksinasi Kucing Ukrainian Levkoy


Telinga kucing ULV yang memiliki bentuk unik ini harus diperiksa secara teratur supaya tidak ada penumpukan kotoran pada telinga yang bisa menyebabkan adanya infeksi. Pemberian vaksin untuk kucing ini juga harus dilakuakn guna mencegah kucing terjangkit virus kucing yang berbahaya dan bisa membahayakan nyawa. Dengan memberikan kucing vaksin lengkap maka kucing akan memiliki daya tahan tubuh yang bagus terhadap virus kucing yang ada dan kesehatan kucing akan lebih terjamin.


Harga Kucing Ukrainian Levkoy

Sebagian besar kucing Ukrainian Levkoy yang ada di indonesia merupakan kucing Ukrainian Levkoy import yang didatangkan dari luar negeri. Dengan adanya hal itu maka sudah bisa dipastikan jika breeder kucing Ukrainian Levkoy di Indonesia masihlah sangat sedikit dan belum banyak yang mengembangkan kucing ini.


Harga Kucing ULV


Pasaran harga kucing Ukrainian Levkoy masih belum begitu jelas, namun kemungkinan harga kucing Ukrainian Levkoy bisa mencapai 20 juta keatas untuk kucing ULV import dan untuk kucing Ukrainian Levkoy lokal bisa sama atau dibawahnya. Kucing Ukrainian Levkoy lokal yang dimaksudkan adalah kucing yang sudah datang ke indonesia dan sudah mengehasilkan keturunan, jadi kucing ini sudah termasuk kitten lokal dan bukan kitten impor.


Kucing ini masih tergolong ras kucing baru karena baru muncul diatas tahun 2000, jadi jika harga kucing Ukrainian Levkoy mahal maka hal tersebut masih bisa dimaklumi karena masih sangat jarang orang indonesia mengembangkan kucing ini. Beberapa orang indonesia tidak menggunakan kucing donskoy untuk perkawinannya, namun menggunakan kucing sphynx karena memang jumlah kucing sphynx yang ada sudah lumayan banyak dan juga mudah untuk didapatkan pada forum adopsi kucing yang ada.


Jika kalian ingin mengadopsi kucing Ukrainian Levkoy untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah maka kalian bisa melakukan import kucing ini ke indonesia. Namun sebelum melakukan impor kucing sebaiknya tanyakan dulu breeder kucing Ukrainian Levkoy yang ada di indonesia, bandingkan kualitas yang ada jika kualitas kucing hampir sama maka kalian bisa mengadopsi kucing ULV yang berasal dari Indonesia saja. Demikian mengenai kucing Ukrainian Levkoy, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar