-->

Tips Cara Membantu Kucing Melahirkan Sendiri

Bagaimana cara membantu kucing melahirkan? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh beberapa orang yang belum mengetahui cara membantu kucing melahirkan yang benar. Pada beberapa forum pecinta kucing pertanyan tersebut sangat sering muncul, hal ini terjadi karena orang yang bertanya mungkin masih awal memelihara kucing dan tidak mengetahui cara menanganinya.


Ketika kita memiliki kucing yang sedang hamil maka beberapa waktu perlu dilalui sebelum kucing akan melahirkan. Pada umumnya kucing akan hamil sekitar 2 bulan atau 60 hari, namun ada juga yang mencapai 70 hari pada masa kehamilan kucing. Ketika kucing sudah hamil tua tentunya kira harus melakukan beberapa persiapan supaya kucing melahirkan anaknya dengan selamat, lalu persiapan apa yang perlu dilakukan?


Kucing Melahirkan di rumah Menurut Islam


Dalam membantu kucing melahirkan sebenarnya tidak ada hal khusus yang harus dilakukan, namun yang paling penting adalah kita harus mendampingi kucing dan memperhatikan kucing sebelum melahirkan, saat proses melahirkan kucing hingga proses kelahiran kucing selesai. Ketika kucing hamil kita perlu menjaga kondisi kucing supaya kucing memiliki anak kucing yang sehat, jika dalam masa kehamilan kucing ada suatu masalah seperti kucing sakit maka hal tersebut harus segera kita tangani.


Kucing yang sakit ketika hamil akan beresiko mengalami keguguran jika tidak diberikan perawatan, karena jika kucing sakit daya tahan tubuh kucing akan menurun dan hal ini bisa menyebabkan masalah pada calon anak kucing nantinya. Jadi pada saat masa kehamilan kucing jaga kondisi kesehatan kucing dengan maksimal, dengan begitu kandungan anak kucing dan juga induk kucing akan selalu sehat sampai proses kelahiran anak kucing selesai. Hal pertama yang harus diketahui adalah ciri kucing yang akan melahirkan, dengan mengetahui hal ini maka kita akan segera bisa melakukan persiapan kelahiran anak kucing dan juga mempermudah kita untuk membantu kucing saat proses kelahiran.


Ciri Kucing yang Akan Melahirkan

Ketika kucing akan melahirkan biasanya kucing akan memberikan beberapa tanda yang jelas bisa diketahui, untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.


Kucing Mengalami Diare

Jika kucing kalian yang sedang hamil biasanya tidak mengalami diare dan mendadak terkena diare maka dalam waktu dekat kucing kalian akan melahirkan, tentunya dalam hal ini kalian harus mengetahui hari atau tanggal berapa kucing kalian kawin. Apabila diare yang terjadi mendekati hari perkiraan lahir maka hal tersebut bisa dikatakan wajar, namun jika dalam usia kehamilan awal kucing sudah diare ada kemungkinan kucing kalian sedang sakit.


Kucing Mencari Tempat untuk Melahirkan

Mencari tempat untuk melahirkan merupakan insting alami pada kucing, tentunya kucing menginginkan tempat yang tenang dan juga nyaman ketika akan melahirkan. Hal ini akan terjadi jika kucing kalian dalam posisi diluar kandang atau dilepaskan, namun jika kucing dipelihara dalam kandang maka tanda yang ada akan berbeda dengan hal ini.


Kucing Terlihat Gelisah dan tidak Bisa Diam

Kucing yang berada dalam kandang akan cenderung gelisah ketika mendekati waktu kelahiran, hal ini kemungkinan terjadi karena keinginan kucing untuk mencari tempat yang tepat untuk dia melahirkan. Berbeda dengan kucing yang dipelihara diluar kandang atau dilepaskan, dia akan bisa mencari tempat sendiri namun bagi kucing yang dipelihara dalam kandang rasa gelisah dan tidak bisa diam akan terjadi karena kucing tidak bisa keluar untuk mencari tempat melahirkan.


Kucing Mengeluarkan Suara Berlebihan

Ketika akan melahirkan biasanya kucing akan mengeluarkan suara mengeong yang berlebihan, hal ini disebabkan karena kucing merasakan hal yang berbeda pada tubuhnya sehingga dia menjadi panik dan terkadang ingin memberitahu pemiliknya untuk memberikan perhatian.


Kucing tidak Nafsu Makan

Penurunan nafsu makan kucing akan terjadi ketika mendekati hari kelahiran anaknya, hal ini merupakan hal yang wajar karena kucing pasti merasakan sesuatu pada tubuhnya. Namun bagi kalian yang masih awal tidak perlu khawatir karena ketika proses kelahiran kucing sudah selesai, nafsu makan kucing akan kembali normal seperti sediakala.


Kucing Sering Menjilati Alat Kelamin

Menjilati seluruh bagian tubuh kucing adalah cara kucing membersihkan dirinya sendiri dari kotoran yang ada ditubuhnya, pada kucing hamil dia akan lebih sering menjliati tubuhnya dan ketika mendekati kelahiran maka kucing ini akan lebih sering menjilati bagian kemaluannya.


Kucing tidak Buang Air Besar

Hal ini sangat jarang sekali disebutkan pada ciri kucing akan melahirkan, jika kalian memiliki kucing yang sedang hamil maka perhatikan mengenail hal ini. Biasanya ketika hari kucing akan melahirkan dia tidak akan  buang air besar, jika hari perkiraan lahir sudah dekat atau bahkan sudah lebih kalian bisa memastikannya. Pada pagi hari saat kalian membersihkan kucing perhatikan litter box milik kucing yang sedang hamil, jika biasanya dia buang air besar dan hari dekat dengan perkiraan sudah dekat maka hampir bisa dipastikan hari tersebut kucing akan melahirkan anaknya.


Nafas Kucing Terengah engah

Hal ini akan terhubung dengan kucing tidak buang air besar diatas, ketika hari dimana kucing tidak buang air maka selalu perhatikan tingkah laku kucing. Jika nafas kucing masih normal maka berarti waktu kelahiran belum dekat, sedangkan jika nafas kucing sudah semakin cepat dengan mulut terbuka dan lidah keluar maka kelahiran akan segera terjadi.


Keluarnya Air Ketuban Kucing

Pecahnya air ketuban pada kucing bisa terjadi dalam waktu yang bervariasi, namun jika ketuban kucing sudah pecah berarti hari tersebut merupakan hari kucing akan melahirkan. Biasanya kebanyakan pemilik kucing akan mengetahui hal ini dari alas kandang yang basah atau bagian ekor kucing yang basah, ketika hal ini terjadi maka kalian harus segera menyiapkan perlengkapan untuk membantu kucing melahirkan.


Kucing tak Kunjung Melahirkan


Persiapan Kelahiran Kucing

Setelah tanda kucing akan melahirkan diatas terjadi maka hal yang kita lakukan selanjutnya adalah melakukan persiapan kelahiran kucing. Dalam hal ini kita kondisikan kucing melahirkan dalam kandang, karena jika kita melepaskan kucing tempat yang dicari oleh kucing akan cenderung sulit ditemukan dan kita tidak bisa memberikan bantuan saat melahirkan. Dibawah ini adalah hal yang harus kita persiapkan pada saat kucing akan melahirkan.


Tempat untuk Melahirkan Kucing

Pada kondisi kali ini kucing akan melahirkan didalam kandang, jadi menyediakan tempat untuk kucing melahirkan bisa menggunakan kotak litter box yang biasa kalian gunakan. Bersihkan kotak litter box yang tersedia, sediakan dua buah karena yang pertama pasti akan kotor terkena noda dari bekas lahiran yang bisa berupa darah atau cairan lainnya.


Baca Juga : Kumpulan Nama Kucing A - Z yang Keren


Litter box yang kedua digunakan setelah semua proses kelahiran kucing selesai dan induk akan menyusui anaknya disini. Jangan biarkan kucing melahirkan tanpa tempat karena bisa membahayakan anak kucing ketika baru saja lahir, selain itu kucing akan lebih nyaman jika kalian menyediakan tempat untuknya.


Alas untuk Melahirkan Kucing

Setelah tempat sudah ada maka kalian juga harus menyiapkan alas untuk tempat kelahiran tersebut, kalian bisa menggunakan kain atau handuk sebagai alas. Gunakan kain atau handuk yang bersih, karena jika ada bau aneh atau kotor terkadang kucing jadi tidak mau untuk menggunakannya.


Terkadang beberapa kucing lebih menyukai pasir cuci sebagai alas lahiran mereka, meski hal ini akan membuat anak kucing kotor namun jika kalian mendampinginya maka ini tidak akan jadi masalah. Gunakan pasir yang besar (nomor 2 tau 3) supaya tidak membahayakan anak kucing.


Sediakan kedua tempat ini, biarlah kucing memilih sendiri akan menggunakan alas kain atau pasir. Pilihan kucing merupakan pilihan paling nyaman untuk mereka. Jangan lupa untuk menyediakan 2 buah alas seperti tempatnya karena yang kedua juga digunakan setelah semua proses lahiran kucing selesai.


Tisu atau Handuk

Tisu atau handuk digunakan untuk membantu mengeringkan anak kucing yang keluar, biasanya dalam hal ini kucing bisa melakukannya sendiri namun untuk meringankan kucing kita juga bisa membantunya untuk mengeringkan anaknya.


Gunting

Gunting disini digunakan untuk memotong tali pusar pada anak kucing, beberapa kucing bisa melakukan hal ini sendiri jadi sebelum membantu perhatikan kondisi yang ada.


Alkohol atau Antibiotik

Alkohol atau antibiotik digunakan setelah tali pusar terpotong, tujuannya adalah mencegah terjadinya infeksi pada bekas potongan tersebut.


Lampu Penghangat

Lampu penghangat terkadang juga bisa diperlukan, gunakan setelah semua proses kelahiran kucing selesai dan pasang diatas kandang. Dengan menggunakan lampu penghangat maka anak kucing tidak akan mudah kedinginan karena suhu yang ada.


Kucing Melahirkan Berapa Anak


Proses Kelahiran Kucing

Selanjutnya adalah proses kelahiran yang akan dialami oleh kucing, jika tanda kucing akan melahirkan diatas sudah terjadi maka kucing pasti akan segera melahirkan. Disini kita mulai dari pecahnya air ketuban pada kucing, ketika ketuban kucing sudah pecah biasanya akan ada jeda waktu 30 menit hingga 1 jam anak kucing akan keluar. Umumnya pada kondisi ini kucing akan bingung dalam menentukan dimana dia melahirkan.


Berikan kotak dengan alas yang sudah kalian siapkan, jika kotak sudah diberikan pada beberapa hari sebelumnya maka kalian bisa mengamati apakah kucing mau menggunakan tempat yang kalian siapkan tersebut. Terkadang beberapa kucing lebih suka melahirkan diatas pasir litter box, karena hal ini dia tidak buang air besar pada saat akan melahirkan.


Pasir dalam kondisi ini adalah pasir cuci yang biasa digunakan dan bukan pasir gumpal, jika kucing lebih memilih menggunakan pasir maka segera ganti alas kain dengan pasir yang bersih. Pindahkan kucing ketempat yang baru tersebut, jika kucing bisa tenang pada tempat tersebut maka biarkan dan kalian tinggal menunggu anak kucing keluar. Setelah kucing tenang akan terjadi pembukaan, jika kucing sudah mulai kontraksi maka kalian harus memperhatikannnya.


Baca Juga : Sterilisasi Kucing atau Kebiri pada Kucing


Kucing yang sudah pernah melahirkan biasanya bisa melakukan semuanya sendiri, namun untuk kucing yang pertama kali melahirkan kemungkinannya masih 50 : 50. Beberapa kucing ada yang pintar dalam melahirkan namun juga ada beberapa yang masih bingung dan membutuhkan bantuan kita. Setelah anak kucing keluar jangan langsung ikut campur, lihat respon yang diberikan oleh induk kucing.


Umumnya induk kucing akan langsung membersihkan anak yang keluar dan memakan plasentanya, jika hal ini terjadi maka biarkan saja karena dengan memakan plasenta akan mengurangi rasa lapar induk kucing dan juga kandungan yang ada bisa membantu induk kucing untuk pulih. Jika anak kucing sudah keluar namun plasenta masih didalam, kalian bisa membantu mengeluarkannya, tarik dengan pelan pada bagian keluarnya anak kucing dan jangan menarik dari anak kucing karena bisa berbahaya.


Beberapa kucing ada yang tidak memakan plasenta yang keluar, namun kalian harus membantu membersihkan anak kucing dari sini. Ambil anak kucing yang baru saja keluar entah induk kucing memakan plasentanya atau tidak, bersihkan dan keringkan anak kucing dengan menggunakan handuk atau tisu yang sudah dipersiapkan. Pertama kali bersihkan bagian hidung dan muka, terkadang pada bagian ini masih ada cairan yang membuat anak kucing susah bernafas.


Ketika anak kucing sudah mengeluarkan suara dan tidak kesulitan bernafas maka bersihkan bagian tubuh anak kucing secara menyeluruh sampai kering. Jangan langsung mengembalikan anak kucing, tunggu anak kedua dan seterusnya keluar terlebih dahulu. Jika induk kucing tidak memakan plasenta yang ada maka kalian harus memotongnya dengan gunting, sebelum memotong bagian tali pusar tunggu berwarna putih terlebih dahulu karena jika langsung memotongnya akan ada darah yang keluar.


Ketika tali pusar sudah berwarna putih maka kalian bisa memotongnya menggunakan gunting, setelah memotongnya berikan antibiotik pada bagian potongan untuk mencegah terjadinya infeksi pada anak kucing. Lakukan langkah ini sampai anak kucing terakhir keluar, kalian bisa memegang perut induk kucing untuk memastikan apakan masih ada kucing yang lain atau tidak.


Jika semua anak kucing sudah keluar maka berikan tempat cadangan dan alas yang sudah disiapkan, tempatkan pada kandang dan ganti tempat yang digunakan lahiran kucing karena sudah pasti tempat tersebut kotor karena proses kelahiran anak kucing yang terjadi. Pada saat ini pasti induk kucing sudah mencari anaknya, jika induk kucing sudah dalam posisinya kalian cukup memastikan anak kucing yang ada bisa menyusu pada puting induk kucing.


Baca Juga : Tips dan Ciri Anak Kucing Munchkin yang Masih Kecil


Lihat kondisi suhu yang ada, jika terasa dingin maka kalian bisa menambahkan lampu penghangat pada kandang tersebut. Pastikan semua anak kucing bisa menyusu dengan baik, jangan lupa untuk melakukan pengecekan kesehatan anak kucing setiap hari supaya anak kucing selalu sehat. Jika sudah maka kalian tinggal menanti anak kucing tersebut tumbuh besar dan menjadi anak kucing kecil yang lucu lucu dan menggemaskan.


Beberapa masalah kadang terjadi pada proses melahirkan kucing seperti kucing tak kunjung melahirkan dan ada juga anak kucing lahir sungsang (kaki terlabih dahulu). Jika ada beberapa masalah dalam proses lahirnya anak kucing maka kalian bisa langsung membawa kucing kedokter untuk menerima pertolongan, karena hal tersebut tidak bisa kita tangani sendiri.


Kucing Melahirkan Lewat Mana


Tips Tambahan untuk Kucing

Vaksinasi bisa diberikan pada usia kehamilan kucing yang baru menginjak 1 minggu, dengan memberikan vaksin pada usia ini akan membuat induk kucing lebih tahan terhadap virus dan juga akan memberikan efek positif untuk anak kucing yang ada (Lakukan ini jika kucing belum diberikan vaksinasi).


Pada saat masa kehamilan kucing berikan nutrisi yang bagus, beberapa orang memberikan makanan khusus untuk anak kucing pada induk kucing yang hamil. Makanan khusus kitten memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik, jadi dengan memberikannya asupan nutrisi pada induk kucing akan semakin baik dan perkembangan anak kucing juga bagus.


Anak kucing yang baru lahir bisa diberikan susu tambahan supaya perkembangan pada tubuhnya lebih bagus dan lebih cepat gemuk, umumnya pemberian susu bisa dilakukan pada usia 3 hari anak kucing lahir. Jika kalian ingin melakukannya maka lakukan dengan hati hati, karena ada resiko anak kucing akan tersedak dan hentikan pemberian susu ketika gigi anak kucing sudah mulai tumbuh.


Ketika anak kucing sudah mulai tumbuh besar pemberian antibiotik bisa dilakukan, seperti yang kalian tahu bahwa anak kucing yang masih kecil sangat rentan terkena virus jadi dengan memberikan antiobiotik maka anak kucing bisa memiliki dukungan untuk melawan virus tersebut dan kemungkinan untuk hidup akan lebih besar. Demikian mengenai cara membantu induk kucing melahirkan, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar