-->

Tips Mengadopsi Kucing Peliharaan

Dari dulu hingga sekarang ini kucing merupakan salah satu hewan peliharaan paling favorit didunia, tentunya indonesia juga termasuk dalam hal ini. Berbagai macam jenis ras kucing yang ada memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari kucing persia yang berbulu panjang, kucing sphynx yang tidak berbulu, kucing munchkin yang berkaki pendek, kucing mainecoon dengan badannya yang besar dan masih banyak lagi jenis kucing dengan keunikannya masing masing.


Setiap orang memiliki keinginan tersendiri, berbagai pilihan kucing yang ada bisa diadopsi di beberapa cattery di indonesia atau juga breeder kucing di indonesia. Karakter pada kucing sendiri tidak semuanya sama, jadi sebelum memutuskan untuk mengadopsi kucing dan memeliharanya kalian perlu mencari tahu jenis ras kucing apakah yang paling cocok dengan kalian atau keluarga kalian.


Cara Merawat Kucing Adopsi


Jenis ras kucing yang cocok dengan kalian belum tentu akan cocok dengan anggota keluarga yang ada atau orang yang ada dirumah kalian, untuk itu sebelum memutuskan adopsi kucing kalian harus memperhatikan hal yang kecil hingga yang besar supaya untuk kedepannya kucing akan selalu mendapatkan perawatan yang terbaik dirumah kalian. Pertimbangkan juga mengenai hewan peliharaan lain yang ada, jika memungkinkan maka silahkan untuk menentukan jenis ras kucing yang akan diadopsi.


Sebelum melangkah lebih jauh maka beberapa hal perlu dipertimbangkan dalam persiapan mengadopsi kucing, tentunya kalian tidak ingin bukan kucing yang kalian adopsi nantinya menjadi tidak terawat dan malah kalian adopsikan kembali. Dibawah ini adalah hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mengambil kucing baru untuk diadopsi kedalam rumah untuk menjadi teman dan juga anggota keluarga yang baru.


Persiapan Adopsi Kucing Peliharaan Baru


Tentukan Ras Kucing yang Akan Diadopsi

Seperti yang sudah disebutkan diatas, jenis ras kucing yang ada didunia ini sangat banyak sekali dan setiap ras kucing memiliki keunikan masing masing. Sebagian besar orang yang baru suka dengan kucing selalu tertarik dengan kucing dengan bulu panjang seperti kucing persia, meski begitu biaya adopsi kucing persia masih tergolong mahal jadi sebagai alternatifnya hampir semua pemula mengadopsi kucing persia medium.


Kucing persia medium merupakan kucing persia versi murah, dengan bulu panjang yang ada membuat kucing ini menjadi kucing sejuta umat karena banyak sekali yang memeliharanya. Selain kucing ini banyak sekali ras kucing jenis lain, salah satu ras kucing yang populer adalah kucing munchkin. Dengan kaki pendeknya kucing munchkin membuat orang tertarik untuk memeliharanya, karena tubuhnya yang termasuk kecil pemeliharaan kucing ini tidak membutuhkan tempat yang besar.


Baca Juga : Kucing Munchkin dengan Kaki yang Pendek


Menentukan jenis ras kucing yang akan diadopsi sangat penting, karena jika semua anggota keluarga menyukainya maka otomatis kucing tersebut akan selalu mendapatkan perawatan yang maksimal. Jadi sebelum membawa kucing kerumah sebaiknya kalian mencari tahu terlebih dahulu jenis kucing apa yang cocok untuk dipelihara dirumah kalian.


Adopsi Kucing diusia Dini

Ketika kalian sudah menentukan jenis ras kucing apa yang akan diadopsi maka sebaiknya kalian mengadopsi kucing yang masih kecil atau kitten untuk dipelihara. Mengapa demikian? Kucing yang masih kecil dan sudah besar akan berbeda dalam perawatannya, apalagi kucing yang sudah besar pasti sudah memiliki karakter yang terbentuk dari breeder kucing yang lama sehingga sifat yang ada akan lebih sulit untuk berubah.


Berbeda dengan kitten, dengan  mengadopsi kucing di usia dini maka kalian bisa membangun karakter yang ada pada kucing tersebut mulai dari kebersihan hingga gaya bermain dengan semua anggota keluarga. Mengajari kitten lebih mudah daripada kucing dewasa, karena karakter pada kitten masih belum terbentuk. Jadi mengadopsi kucing pada usia yang masih kecil merupakan pilihan yang tepat untuk kucing peliharaan.


Tentukan Jenis Kelamin Kucing yang Akan Diadopsi

Setiap jenis kelamin kucing antara jantan dan betina memiliki kelebihan masing masing, misalnya kalian ingin memiliki keturunan dari kucing yang ada maka kucing betina adalah pilihan yang tepat karena kucing betina bisa menghasilkan anak dan jika kalian berkenan anak kucing tersebut juga bisa dilepas adopsikan dengan mahar yang sesuai pada orang lain.


Berbeda halnya dengan kucing jantan, kucing ini tidak akan bisa memiliki keturunan namun kalian bisa membuka jasa pacak kucing jika kucing jantan kalian pintar kawin dan memang memiliki kualitas yang bagus. Kucing jantan sangat cocok untuk kucing peliharaan tunggal, dengan membuka jasa pacak kalian juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membelikan kucing kalian makan.


Baca Juga : Sterilisasi pada Kucing Peliharaan


Kucing seringkali memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan hormon, untuk mengatasi hal ini kalian bisa melakukan steril pada kucing kalian. Steril kucing bisa dilakukan untuk semua jenis kelamin, dengan melakukan steril pada kucing maka kucing akan lebih mudah gemuk karena sifat yang ada pasti mengalami perubahan dan kesehatan terkait masalah hormon bisa dipastikan tidak akan ada masalah.


Persiapkan Perlengkapan Kucing

Tentunya sebelum kucing datang hal pertama yang harus dipersiapkan adalah perlengkapan kucing. Perlengkapan kucing yang dimaksud disini adalah semua perlengkapan yang ada mulai dari kandang, kotak bak pasir kucing untuk buang air, serokan kucing, tempat makan dan minum kucing, dan beberapa perlengkapan kecil lainnya.


Pertama kali datang kucing pasti belum mengenal lingkungan rumah, dalam hal ini kandang sangat diperlukan untuk membuat kucing menjadi terbiasa dengan rumah barunya. Pada umumnya kucing membutuhkan beberapa hari untuk terbiasa dengan lingkungan baru, hal ini juga tergantung pemiliknya sendiri apakah ada waktu luang untuk mengajak bermain atau tidak.


Kucing yang selalu berinteraksi dengan pemiliknya akan lebih mudah terbiasa dengan rumah dan orang yang ada, namun jika perhatian yang diberikan kurang maka proses adaptasi kucing akan memakan waktu lebih lama dan bahkan kucing bisa sakit karena stress. Melatih kucing buang air pada tempatnya juga membutuhkan kandang untuk mempermudah, jadi pada awal memelihara kucing kandang merupakan hal yang penting.


Kucing yang masih kecil perlu diajari kebersihan, jadi ketika memasuki usia dewasa kucing ini tetap memiliki sifat yang bersih. Sediakan litter box pada kandang kucing, gunakan litter box yang sesuai dengan ukuran tubuh kucing dengan begitu kucing akan lebih mudah menggunakannya. Tempat makan dan minum juga harus disesuaikan, dengan begitu kucing akan lebih nyaman dan suka dengan tempat barunya.


Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Adopsi Kucing Baru


Adopsi Kucing Gratis


Lihat Kemampuan Diri Sendiri

Sebagian besar orang hanya ingin memiliki kucing peliharaan namun tidak memperhatikan kemampuan diri mereka sendiri. Jumlah kebutuhan yang ada pada kucing tidak sedikit dan tidak segampang seperti yang terlihat, memelihara kucing tidak hanya didasarkan pada kesukaan pada kucing namun juga membutuhkan komitmen dan kesabaran yang besar.


Makanan untuk kucing merupakan hal yang penting, dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kucing maka kucing akan tercukupi dalam masalah nutrisinya. Ketika nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing terpenuhi maka kucing pasti akan sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Perhatikan pengeluaran yang dibutuhkan untuk biaya makan bulanan kucing, jika kalian merasa sanggup maka mengadopsi kucing tidak ada salahnya, namun sekiranya masih memberatkan maka tunda dulu keputusan kalian karena bisa menyebabkan kucing menjadi tidak terawat dan bahkan bisa mati.


Baca Juga : Pertumbuhan pada Kucing yang Perlu Diketahui


Waktu untuk kucing peliharaan juga merupakan hal yang penting, bagi kalian yang selalu sibuk dengan kegiatan atau pekerjaan sebaiknya memiliki seseorang yang mengurusi kucing dirumah. Perawatan kucing selain membutuhkan biaya tertentu juga harus disertai dengan waktu untuk kucing, karena jika semakin banyak waktu luang yang ada kalian akan semakin dekat dengan kucing kalian.


Kenali Jenis Kucing Terlebih Dahulu

Setelah memutuskan jenis ras kucing apa yang akan diadopsi jangan terburu buru untuk mengambilnya. Kenali dulu perawatan yang bagus untuk kucing tersebut, jika kucing berbulu panjang maka perawatannya akan sedikit sulit namun jika berbulu pendek akan sedikit lebih mudah karena masalah ukuran bulu yang ada.


Hampir semua jenis kucing memiliki perawatan yang sama secara umum, namun karakter setiap kucing pasti berbeda. Selalu perhatikan hal hal kecil mulai dari karakter mereka, tempat yang cocok, makanan yang disukai serta hal lainnya mengenai kucing tersebut. Setelah semua informasi yang didapat sesuai dan memungkinkan maka kalian bisa mengadopsi kucing yang kalian inginkan tersebut.


Pilih Makanan Kucing yang Sesuai

Seperti yang sudah dibahas diatas, makanan kucing merupakan salah satu faktor utama untuk kesehatan kucing mulai dari bulu, pencernaan, dan juga daya tahan tubuh. Nutrisi yang ada pada makanan kucing akan berbeda untuk setiap merknya, jadi kalian harus lebih selektif dalam menentukan hal ini. Pelajari kandungan yang ada dalam makanan, apakah cocok dengan kucing kalian atau tidak.


Kalian juga bisa melihat beberapa review makanan kucing yang tersedia di internet atau beberapa forum kucing. Selalu ingat kucing memiliki jenis makanan yang banyak, bedakan pemilihan makanan antara kucing dewasa dan juga kitten karena kebutuhan nutrisinya berbeda. Selain itu ada juga makanan kucing yang khusus untuk bulu, beberapa alergi dan penyesuaian kondisi kucing.


Selalu Siap untuk Hal yang Mendadak untuk Kucing

Kesehatan kucing tidak ada yang bisa menebaknya, dalam beberapa kasus ada kucing yang hari ini sehat dan keesokan harinya langsung sakit atau bahkan juga ada yang mati. Hal tersebut merupakan resiko untuk kucing peliharaan, apalagi jika kebersihan yang diberikan kurang. Beberapa penyakit dan virus kucing bisa datang kapan saja dan dimana saja, karena itu kalian harus selalu siap untuk memberikan perawatan pada kucing kalian.


Baca Juga : Vaksinasi untuk Kucing Peliharaan


Pencegahan utama yang bisa diberikan adalah dengan memberi kucing vaksinasi, vaksin untuk kucing bisa membuat kucing tahan terhadap beberapa virus kucing yang mematikan seperti panleukopenia atau distemper. Berikan kucing vaksinasi lengkap dan jangan lupa untuk mengulan setiap tahun, dengan melakukannya maka kucing akan memiliki daya tahan tubuh yang bagus.


Kucing yang terkena virus bisa memiliki gejala yang jelas dan tidak, tentunya jika gejala yang ada terlihat dan kondisi kucing memburuk kalian harus siap membawa kucing ke dokter. Hal ini adalah kewajiban kalian sebagai pemilik kucing, oleh sebab itu jangan pernah menyepelekan penyakit pada kucing karena penyakit ringan terkadang juga bisa membahayakan nyawa kucing kalian.


Tips diatas mungkin belum lengkap karena masih banyak sekali tips untuk adopsi kucing mulai dari cek kesehatan kucing, cara adopsi kucing liar, beberapa syarat adopsi kucing dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika ada salah satu dari kalian yang ingin berbagi pengalaman atau menambahkan informasi silahkan berkomentar dibawah ya, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar