-->

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata dan Penyebabnya

Saat ini banyak sekali orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan, hal ini dikarenakan kucing merupakan hewan peliharaan yang lucu dan juga bisa dijadikan sebagai teman ketika sendiri dirumah. Seperti hewan peliharaan lain tentunya kucing juga bisa sakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang mematikan. Penyakit ringan pada kucing sangat bermacam macam seperti manusia, mulai dari flu, penyakit kulit, kerontokan bulu, dan juga sakit mata kucing.


Sakit mata pada kucing bisa disebabkan oleh banyak hal, bahkan ada juga beberapa ras kucing yang selalu mempunyai kotoran di matanya seperti kucing persia. Mungkin bagi orang yang masih awal memelihara kucing hal tersebut akan dikira kucing sedang sakit mata, padahal hal tersebut merupakan hal yang wajar untuk kucing persia karena bentuk wajahnya yang datar dan memiliki hidung yang pesek.


Cara Mengobati Kucing Sakit Mata


Ras kucing lain bisa mengalami sakit mata karena suatu hal, dan sakit mata pada kucing juga digolongkan menjadi beberapa tingkatan mulai dari yang ringan hingga yang berat. Sakit mata ringan pada kucing bisa disebabkan hal yang sepele seperti terkena debu atau kotoran, meski hal ini terlihat sangat sederhana namun jika kita sebagai pemilik kucing tidak cepat membersihkannya akan bisa menyebabkan kotoran yang ada menjadi menempel dan membekas pada kedua sisi mata kucing kita.


Kotoran yang menempel tersebut lama kelamaan akan mengeras dan menimbulkan kerak, ketika kerak ini dibiarkan maka akan ada kemungkinan bakteri atau kuman yang ada akan masuk kedalam mata kucing dan menyebabkan mata kucing menjadi berair. Mata berair pada kucing akan terjadi secara terus menerus, ketika hal ini dibirkan saja maka sakit mata pada kucing ini akan semakin parah dan menyebabkan kucing mengalami penurunan nafsu makan serta daya tahan tubuh.


Hal yang Menyebabkan Kucing Sakit Mata

Supaya lebih jelas mengenai penyebab sakit mata pada kucing maka sebaiknya dituliskan secara terpisah. Dibawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan sakit mata pada kucing mulai dari yang ringan hingga yang berbahaya.


Faktor Bentuk Wajah seperti Kucing Persia

Kucing persia yang memiliki wajah datar dan hidung yang pesek menyebabkan kucing ini sering memiliki kotoran pada kedua matanya, kotoran ini akan semakin bertambah jika tidak segera dibersihkan dan bisa menyebabkan noda hitam pada kedua sisi mata. Hal ini masih tergolong wajar untuk kucing persia, namun jika kalian melihat kucing kalian seperti ini alangkah baiknya segera dibersihkan supaya tidak menyebabkan sakit yang ada semakin parah.


Mata Kucing terkena Kotoran atau Debu

Kucing yang matanya terkena debu atau kotoran akan cenderung mengeluarkan air, hal ini juga sama halnya dengan kucing persia. Jangan pernah menganggap hal sepele seperti ini dan tidak memberikan tindakan, karena kotoran dan debu bisa saja mengandung kuman atau bakteri yang bisa memperparah kondisi mata kucing.


Disebabkan Bakteri dari Kotoran yang Sudah Ada

Kotoran dan bakteri bia ada pada semua benda, apalagi kotoran yang ada pada mata kucing. Kerak yang ditimbulkan pada kotoran mata kucing lama kelamaan akan semakin bertambah, hal ini lah yang memicu munculnya bakteri atau kuman dan menyebabkan sakit pada kucing.


Penularan dari Kucing lainnya

Sakit mata yang dialami oleh kucing juga sama halnya dengan manusia, penyakit ini bisa menular antara kucing satu dengan kucing lainnya. Untuk itu jika salah satu kucing kalian terkena sakit mata maka segera pisahkan dari kucing lainnya untuk mencegah penularan lebih jauh. Begitu juga ketika kalian melihat ada kucing sekitar yang mengalami hal tersebut, sebaiknya kucing kalian jangan dibiarkan keluar rumah terlebih dahulu.

Kucing Sakit Mata karena Virus

Hal ini yang bisa menyebabkan sakit mata yang parah untuk kucing. Beberapa virus kucing akan memiliki gejala yang sama seperti flu dan juga sakit mata, hal ini terkadang menjadi kesempatan virus lain untuk masuk karena ketika kucing sedang sakit daya tahan tubuhnya akan berkurang dan menyebabkan virus akan lebih mudah menyerang. Ketika virus sudah masuk dan ditambahkan virus lain maka kondisi yang ada akan semakin parah, karenanya pemberian antibiotik sangat diperlukan ketika hal ii terjadi.


Baca Juga : Feline Calici Virus pada Kucing


Virus yang memiliki gejala yang sama dan bisa menyerang kucing secara bersamaan adalah Virus Calici dan Virus Rhino, kedua virus ini memiliki gejala yang hampir sama pada kucing selain itu jika kedua virus tersebut sudah menyerang ada kemungkinan besar virus herpes kucing dan juga virus clamydia juga akan ikut menyerang.


Pemberian antibiotik sebenarnya digunakan untuk mengatasi salah satu virus yang ada, jadi jika virus melemah maka pengobatan yang dilakukan akan cenderung lebih mudah. Dalam hal ini pencegahan yang paling efektif adalah memberikan vaksinasi untuk kucing, dengan memberikan vaksin pada kucing maka kucing akan memliki ketahanan yang bagus pada semua virus diatas.


Cara Mengobati Kucing Sakit Mata yang Benar

Pengobatan sakit mata pada kucing bisa dilakukan dengan berbagai cara, untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.


Salep Sakit Mata untuk Kucing


Cari Tahu Penyebab Sakit Mata Kucing

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui apa penyebab sakit mata kucing yang sedang terjadi. Ciri kucing sakit mata akan mudah diketahui jika kalian sudah sering melihatnya, jadi perbedaan yang ada juga akan terlihat. Setelah mengetahui apa penyebab kucing kalian sakit mata maka segera berikan tindakan lebih lanjut.


Pisahkan Kucing dari Kucing Lainnya

Selanjutnya hal yang perlu dilakukan adalah memisahkan kucing yang sakit mata dengan kucing lain yang ada. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan lebih jauh, sakit mata pada kucing sangat mudah sekali menular, jadi mencegah hal ini merupakan salah satu prioritas yang perlu dilakukan.


Bersihkan Mata Kucing Secara Teratur

Tindakan ini merupakan perawatan dasar untuk kucing sakit mata. Ketika kucing sakit mata kalian harus selalu membersihkan matanya, kenapa hal ini perlu dilakukan? Membersihkan mata kucing yang sakit akan membuat kondisi mata menjadi lebih lembab, dengan begitu mata kucing akan tetap ringan dan tidak menutup.


Baca Juga : Macam Macam Penyakit yang Bisa Diderita Kucing


Ketika mata kucing sudah menutup dan kucing kesulitan membuka mata biasanya sakit yang ada sudah termasuk parah, oleh karena itu membersihkan matanya sangat diperlukan, selain itu sebelum memberikan obat sakit pada mata kucing harus dipastikan kondisi matanya bersih supaya lebih cepat sembuh.


Berikan Obat Sakit Mata Kucing

Obat sakit mata pada kucing sangat bermacam macam mulai dari obat tetes mata hingga salep mata kucing. Sebenarnya jika membicarakan mengenai merk bisa dikatakan hal ini sangat sensitif, karena sebagian besar produk yang digunakan bukanlah produk khusus untuk kucing. Beberapa produk sakit mata kucing juga bisa didapatkan namun harga yang ada biasanya jauh lebih mahal.


Salep sakit mata kucing yang umum digunakan adalah terramycin, salep ini bisa didapatkan diapotik dengan harga yang murah. Ketika membeli salep jangan lupa untuk menyebut salep mata karena ada juga produk dengan merk sama namun beda penggunaanya. Salep ini biasanya digunakan oleh para pecinta kucing yang masih belajar merawat kucing, karena saya sendiri dulunya juga begitu.


Pemberian salep ini dilakukan setelah mata kucing dibersihkan dengan tisu yang basah (Basah Air), ketika mata kucing sudah bersih maka berikan salep ini ke bagian mata yang sakit. Lakukan hal ini pagi dan sore sampai mata kucing pulih sepenuhnya. Jika kondisi kucing sakit mata bersamaan dengan flu maka pemberian antibiotik harus dilakukan, karena seperti yang sudah dikatakan diatas. Meringankan salah satu penyakit akan mempercepat proses kesembuhan mata pada kucing kalian.


Membawa Kucing ke Dokter

Ketika semua cara sudah dilakukan namun kondisi kucing tidak kunjung membaik maka membawa kucing kedokter adalah pilihan yang tepat. Hal pertama yang perlu ditanyakan mungkin adalah, apakah kucing kalian sudah diberikan vaksinasi? Jika belum ada kemungkinan sakit mata yang terjadi disebabkan oleh virus, jadi saran dan obat yang harus diberikan juga akan lebih bagus dari dokter karena akan sesuai dengan kondisi kucing.


Baca Juga : Vaksinasi untuk Kucing Peliharaan


Biasanya dokter akan memberikan perawatan tergantung dari kondisi kucing, jika kondisi buruk maka kucing akan menginap dan jika kondisi masih bagus maka dokter hanya akan memberikan antibiotik dan juga obat untuk kucing dan dilakukan perawatan dirumah. Berikan informasi yang lengkap pada dokter mulai dari awal kucing sakit hingga gejala yang ada, dengan begitu dokter akan lebih mudah menyimpulkan perawatan yang diberikan dan kucing akan semakin cepat pulih karena penanganan yang tepat.


Selalu perhatikan kondisi kucing kalian, sakit mata pada kucing biasanya jarang terlihat dan akan terlihat jelas ketika kondisi sudah parah. Ketika kondisi sakit mata kucing parah maka perawatan juga akan lebih sulit, jadi berikan kucing yang terbaik mulai dari nutrisi dan kebersihan supaya kucing selalu sehat. Demikian mengenai sakit mata pada kucing mulai dari gejala dan cara mengobatinya, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar