-->

Tips Supaya Kotoran di Pasir Kucing Tidak Berbau

Kucing yang merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh semua orang termasuk pria dan juga wanita. Tentunya hal tersebut hanya berlaku bagi orang yang memahami kucing saja. Banyak wanita yang suka dengan kucing namun sebagian dari mereka tidak mau membersihkan kotoran dari kucingnya, hal ini dikarenakan kotoran kucing memiliki bau yang menyengat atau tidak enak.


Sebagian besar pemilik kucing pasti berusaha untuk menghilangkan bau kotoran kucingnya mulai dari bau pipis kucing dan juga bau kotoran kucing. Bau kotoran kucing yang dipelihara dalam ruangan akan menyebabkan bau yang ada akan sulit hilang, hal ini terjadi karena kurang sirkulasi udara pada ruangan tersebut. Tentunya jika bau kotoran kucing yang ada biasa saja hal tersebut bukanlah masalah besar, namun bagaimana jika baunya menyengat?


Tips Mengurangi Bau Kotoran Kucing


Umumnya kebanyakan orang akan membersihkan kotoran kucing di pagi hari atau bahkan juga bisa disiang hari. Bak pasir kucing yang ada akan menimbulkan bau pada ruangan tersebut, meski bak pasir kucing atau litter box kucing sudah dibersihkan namun terkadang sisa bau kotoran dari litter box ini akan bertahan cukup lama dalam ruangan. Hal ini juga terjadi pada kucing yang ada diluar ruangan, meski bau yang ada tidak begitu menyengat namun pasti kalian tetap terganggu.


Pasir kucing yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap, selain itu terkadang kucing juga tidak mau untuk menggunakannya lagi. Ketika seluruh pasir dan litter box kucing sudah dicuci maka bau yang ada biasanya akan hilang (Bagi yang menggunakan pasir cuci kucing), karenanya kalian harus membersihkan pasir dan juga litter box dengan benar supaya bau yang tidak sedap akan hilang. Lalu apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau kotoran kucing peliharaan? Simak selengkapnya dibawah ini.


Cara Mengurangi  Bau Kotoran Kucing Peliharaan

Untuk mengurangi bau kotoran kucing kesayangan kalian ada beberapa cara yang bisa dilakukan, cara ini mungkin belum bisa sepenuhnya berhasil namun melakukan usaha lebih baik daripada tidak sama sekali.


Bersihkan Litter Box dan Pasir Kucing dengan Benar

Beberapa pemilik kucing terkadang suka malas dalam membersihkan litter box dan pasir kucing mereka, karena hal ini pasir kucing akan menjadi bau dan bau yang ada juga semakin menyengat karena bercampur dengan kotoran kucing. Membersihkan litter box dan pasir kucing merupakan cara yang paing dasar untuk mengurangi bau kotoran kucing.


Ketika membersihkan litter box dan pasir sebaiknya gunakan desinfektan supaya kuman dan bakteri akan hilang, jangan lupa untuk memberikan sedikit sabun atau pewangi supaya litter box akan lebih wangi ketika dimasukkan kedalam kandang kucing atau ditempatkan di suatu tempat. Ketika litter box dan pasir bersih maka bau kotoran kucing yang baru keluar akan berkurang.


Tambahkan Bedak pada Pasir Kucing

Memberikan bedak pada pasir kucing juga bisa mengurangi bau kotoran kucing dan juga pipis kucing, meski hal ini terkesan boros namun bagi yang hanya memelihara 1 ekor kucing saja mungkin tidak akan menjadi masalah. Beberapa produk kucing juga ada yang mengeluarkan bedak khusus untuk mengurangi bau pada litter box, namun jika menginginkan bedak yang mudah didapat kalian bisa menggunakan bedak bayi untuk dicampurkan pada pasir di litter box.


Berikan Makanan Kucing untuk Mengurangi Bau Kotoran

Kandungan dalam makanan kucing juga mempengaruhi bau kotoran kucing, namun ada juga beberapa kandungan pada makanan kucing yang bisa mengurangi bau kotoran kucing tersebut. Salah satu kandungan yang terdapat pada makanan kucing dan bisa mengurangi bau kotoran adalah Yucca Schidigera.


Yucca Schidigera terkenal karena bisa mengurangi bau kotoran kucing, kandungan ini bisa didapatkan pada beberapa makanan kucing yang ada. Yucca Schidigera adalah sejenis tanaman yang berguna untuk menghilangkan atau mengurangi bau pada kotoran dan juga meningkatkan penyerapan nutrisi pada saluran pencernaan kucing.


Baca Juga : Review Makanan Kucing Equilibrio Kitten


Tidak hanya itu saja, Yucca Schidigera juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada saluran pencernaan kucing. Dengan jumlah bakteri baik yang ada maka penyerapan nutrisi akan lebih maksimal dan juga bau kotoran sudah pasti akan berkurang dari biasanya.


Berikan Supplement Tambahan untuk Kucing

Beberapa supplement untuk kucing dikatakan juga bisa mengurani bau kotoran kucing. Tentunya salah satu kandungan dalam supplement tersebut pasti juga Yucca Schidigera karena memang kandungan yang satu ini sangat terkenal dengan fungsinya seperti pada makanan kucing.


Pasir Gumpal untuk Kucing


Selain Yucca Schidigera juga ada beberapa kandungan yang bisa diberikan pada kucing supaya bau kotorannya berkurang. Kandungan tersebut adalah Ekstrak Green Tea. Ekstrak Green Tea atau Green Tea Extract dikatakan berguna sebagai anti oksidan yang bisa membantu mengurangi bau kotoran kucing. Selain itu juga bisa membuat kucing memiliki sistem metabolisme yang bagus, menjaga kadar gula kucing, dan beberapa kegunaan lainnya


Tambahkan Sirkulasi Udara pada Ruangan Kucing

Terkadang bau menyengat kotoran kucing dalam ruangan disebabkan karena kurangnya sirkulasi udara pada ruangan tersebut. Ruangan yang memiliki sedikit sirkulasi udara akan membuat udara dalam ruangan sulit keluar, sehingga jika ada bau pada rungan tersebut akan bertahan lama.


Baca Juga : Tips Mengadopsi Kucing Peliharaan


Menambahkan sirkulasi udara pada ruangan kucing tentunya juga bisa untuk mengurangi bau kotoran yang ada, selain itu kalian juga bisa menggunakan kipas dinding atau exhaust supaya udara akan selalu berganti dan bau yang ada akan sangat berkurang.


Gunakan Pasir Wangi untuk Kucing Peliharaan

Cara yang terakhir merupakan cara yang paling mudah namun biaya yang dikeluarkan juga akan banyak tergantung jumah kucing yang dipelihara. Kebanyakan orang yang memelihara banyak kucing pasti menggunakan pasir cuci, karena hal itu bau kotoran kucing akan menjadi lebih terasa atau jelas. Namun bagi orang yang hanya memelihara 1 ekor kucing saja bisa menggunakan pasir wangi pada kucing untuk mengurangi bau kotoran kucingnya.


Saat ini berbagai pilihan aroma pada parir gumpak kucing sangat beraneka ragam mulai dari pasir wangi kucing aroma buah, pasir kucing gumpal wangi aroma bunga dan masih banyak lainnya. Selain itu merk yang adapun juga banyak sekali, jadi jika mencari rekomendasi pasir gumpal wangi kucing yang bagus maka kalian tidak perlu bingung.


Menggunakan pasir gumpal pada kucing selain memiliki aroma yang bisa mengurangi bau kotoran kucing juga lebih mudah dalam membersihkan kotoran yang ada. Jadi bagi kalian yang memelihara sedikit kucing saja maka cara ini merupakan cara yang paling mudah kalian lakukan dirumah.


Bagi yang ingin menambahkan informasi, membenarkan kesalahan penulisan atau juga berbagi pengalamannya dalam mengurangi bau kotoran kucing silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah. Demikian mengenai cara mengurangi bau kotoran kucing di litter box, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar