-->

Perawatan Dasar Bulu Kucing Supaya Sehat dan Indah

Kucing merupakan hewan peliharaan yang terlihat sangat lucu dan juga menggemaskan, hal ini dikarenakan kucing memiliki bulu yang membuat kesan tersebut. Meski ada beberapa jenis kucing yang tidak berbulu namun sebagian besar orang lebih menyukai kucing yang memiliki bulu karena kucing yang tidak berbulu hanya disukai oleh penggemar tertentu.


Berbeda dengan kucing berbulu, penggemarnya sangatlah global yang bisa dari berbagai kalangan mulai dari anak kecil, orang yang masih muda atau juga ibu rumah tangga dan masih banyak lainnya. Kucing yang memiliki bulu sehat akan lebih memberikan kesan menarik karena jika bulu kucing sehat maka bulu pada kucing tersebut akan lebat, lembut dan juga bersih dari kotoran atau parasit yang bisa menyebabkan kerusakan pada bulu kucing.


Perawatan Bulu Kucing Supaya Sehat


Memiliki kucing dengan bulu yang sehat merupakan keinginan semua pemilik kucing, jika kucing peliharaan memiliki bulu yang kusam dan tidak terawat maka kucing tersebut pasti akan terlihat jelek dan tidak menarik. Untuk itu memberikan perawatan pada bulu kucing peliharaan merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Banyak orang yang masih bingung dalam merawat bulu kucing mereka, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan mengenai cara merawat bulu kucing yang baik dan benar di berbagai forum kucing dan juga sosial media.


Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara melebatkan bulu kucing? Makanan kucing untuk bulu rontok? Makanan untuk bulu kucing? Makanan pelebat bulu kucing? Shampo yang melebatkan bulu kucing? Dan beberapa pertanyaan lainnya mengenai perawatan bulu kucing. Cara merawat bulu kucing tidak harus memberikan kucing vitamin dengan harga yang mahal dan juga memberikan makanan mahal untuk kucing, namun perawatan bulu kucing juga bisa dilakukan dengan memberikan sentuhan dasar atau hal umum yang biasa dilakukan untuk kucing.


Perawatan dasar untuk bulu kucing perlu diberikan karena dengan melakukannya maka bulu kucing menjadi tidak mudah rontok dan tentunya bulu kucing akan lebih lebat. Lalu apa sajakah perawatan dasar yang perlu dilakukan supaya bulu kucing menjadi lebih sehat dan lebat? Untuk selengkapnya silahkan simak dibawah ini.


Cara Merawat Bulu Kucing dengan Mudah

Ada banyak sekali cara merawat bulu kucing yang bisa dilakukan mulai dari cara sederhana dan juga cara yang mengeluarkan biaya seperti memberikan kucing supplement bulu tambahan dan lainnya. Dibawah ini adalah cara dasar yang mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan bulu kucing peliharaan kita.


Memandikan Kucing Peliharaan dengan Teratur

Memandikan kucing merupakan hal yang wajar dilakukan oleh semua pemilik kucing, namun terkadang hal ini sering disepelekan oleh sebagian besar orang. Memandikan kucing merupakan hal dasar dalam perawatan kucing, hal ini akan menjaga kucing tetap bersih dan juga membuat bulu kucing menjadi lebih sehat. Ketika kucing sering dimandikan maka kucing akan memiliki kulit dan bulu yang sehat karena beberapa parasit yang sering menyerang kucing akan hilang jika kucing selalu bersih.


Berbeda dengan kucing yang jarang dimandikan, bulu kucing yang ada akan terlihat kusam dan kotor. Jika hal tersebut terus berlanjut maka parasit dan bakteri akan menempel pada tubuh kucing dan menyebabkan kucing akan terkena jamur atau beberapa penyakit kulit lainnya. Mandi adalah perawatan bulu kucing yang sederhana, memandikan kucing pun juga tidak perlu terlalu sering dilakukan karena semua hal yang dilakukan secara berlebihan juga tidak bagus.


Baca Juga : Waktu yang Tepat untuk Memandikan Kucing


Rekomendasi yang paling dasar adalah cukup memandikan kucing ketika bulu kucing terlihat mulai kotor, hal ini biasanya bisa terjadi 2 minggu sekali atau bahkan seminggu sekali tergantung kondisi lingkungan kucing itu sendiri. Bagi orang yang tidak suka ribet dan memiliki uang berlebih, membawa kucing grooming di petshop terdekat adalah pilihan yang tepat. Namun jika kalian termasuk orang yang ingin belajar maka memandikan kucing sendiri adalah pilihan yang tepat karena dengan begitu kalian juga akan semakin dekat dengan kucing peliharaan kalian.


Cara memandikan kucing sendiri dirumah sangat mudah dilakukan jika kucing sudah terbiasa, namun jika kucing masih pertama kali dimandikan terkadang agak sedikit susah karena kebanyakan kucing akan takut atau panik. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan perlengkapan mandi kucing seperti shampo, handuk, bak mandi kucing, sisir, dan juga pengering bulu kucing seperti blower jika ada.


Jika perlengkapan sudah siap maka kalian bisa mulai untuk memandikan kucing, dalam hal ini sebaiknya gunakan air hangat karena kucing akan lebih nyaman dan tenang jika menggunakan air hangat. Basuhlah tubuh kucing menggunakan air hangat, lakukan hal ini secara perlahan supaya kucing tidak takut. Jangan menyiram kucing, setelah tubuh kucing telah terbasuh semuanya maka berikan shampo yang kalian miliki.


Cara Memandikan Kucing


Shampo untuk kucing jenisnya sangat banyak mulai dari shampo jamur kucing, shampo untuk kesehatan bulu kucing dan masih banyak lainnya. Berikan shampo secukupnya, lakukan pijatan diseluruh bagian tubuh kucing hingga merata, jika seluruh tubuh kucing sudah terkena tetap lakukan pijatan hingga beberapa menit supaya hasil yang didapat lebih maksimal. Bilaslah seluruh tubuh kucing jika dirasa sudah cukup, kemudian mulailah untuk mengeringkan badan kucing supaya kucing tidak kedinginan.


Keringkan tubuh kucing dengan handuk yang sudah disiapkan sebelumnya, jangan lupa untuk mengeringkan seluruh bagian tubuh kucing hingga sela sela tubuhnya supaya proses pengeringan lebih cepat. Jika ada blower maka hal ini akan menjadi lebih mudah, namun jika tidak hal tersebut bukanlah masalah. Kalian bisa menjemur kucing jika kondisi memungkinkan, disaat menjemur kucing jangan lupa untuk memberikan air supaya kucing tidak haus.


Menyisir atau Menyikat Bulu Kucing Secara Berkala

Setiap jenis ras kucing memiliki jenis bulu yang berbeda, dalam masalah kesehatan bulu ras kucing dengan bulu yang panjang akan lebih sering mengalami masalah pada bulunya. Hal ini tentunya sudah sering kalian dengar jika melakukan perawatan kucing berbulu panjang akan lebih sulit dibandingkan merawat kucing berbulu pendek karena perbedaan panjang bulu yang ada.


Selain memandikan kucing, menyisir bulu kucing adalah salah satu cara membuat bulu kucing lebih sehat dan indah. Cara ini adalah cara dasar yang sering dilakukan, selain murah, hal ini juga tidak sulit dilakukan. Kucing persia yang memiliki bulu panjang akan lebih membutuhkan penyisiran bulu dan harus sering dilakukan, berbeda dengan kucing yang berbulu pendek yang tidak begitu terlalu sering untuk disisir bulunya.


Baca Juga : Stress Penyebab Kerontokan Bulu Kucing


Dengan menyisir bulu kucing secara teratur maka bulu mati pada kucing akan terangkat, dan juga akan merangsang bulu kucing untuk tumbuh kembali. Cara menyisir bulu kucing juga sangat mudah, apalagi jika kucing sudah biasa kalian sisir bulunya. Pertama kalian harus membuat kucing dalam posisi yang nyaman, ajaklah kucing bermain terlebih dahulu, usap tubuh kucing pada bagian leher, punggung dan lainnya. Jika kucing sudah mulai nyaman dan tenang kalian bisa mulai untuk menyisir bulu kucing.


Mulailah menyisir kucing dengan perlahan pada bagian tubuh kucing, sisir pada bagian tubuh yang banyak bulunya. Bagian perut, dada, kaki dan ekor juga harus disisir dengan cermat, jangan sampai ada bulu menggumpal yang terlewatkan. Selanjutnya sisirlah bagian leher dan juga kepala kucing, jika ada yang masih terasa mengganjal ulangi penyisiran dan lakukan hingga bulu terlihat rapi.


Lakukan penyisiran bulu kucing dengan teratur, tidak perlu dilakukan setiap hari namun cukup sisir bulu kucing ketika bulu kucing sudah terlihat berantakan. Ketika hal ini sudah sering dilakukan maka kucing akan menjadi terbiasa dan kedepannya jika kalian ingin menyisir bulu kucing akan menjadi lebih mudah. Perhatikan perkembangan bulu kucing yang ada, hasil yang pasti akan terlihat adalah kerontokan bulu kucing akan sangat berkurang jika dibandingkan dengan kucing yang tidak disisir bulunya.


Memberikan Bedak pada Tubuh Kucing

Cara dasar yang terakhir adalah dengan memberikan bedak pada kucing, hal ini lebih simple dan mudah daripada dengan memandikan kucing dan juga menyisir bulu kucing. Meski begitu dengan memberikan bedak untuk kucing tidak berarti kalian juga tidak menyisir bulu kucing kalian dan juga tidak memandikan kucing sama sekali ya, karena hal ini juga hanya bersifat sebagai pendukung yang perlu dilakukan.


Bedak untuk Bulu Kucing


Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memberikan bedak pada kucing kalian adalah memeriksa kandungan bedak dan juga efek pada kucing kalian. Bedak kucing ada bermacam macam, mulai dari bedak untuk kutu kucing, bedak harum untuk kucing dan berbagai jenis lainnya. Beberapa petshop juga sering menggunakan bedak bayi ketika melakukan grooming kucing, jadi pilihlah bedak yang sesuai dengan selera kalian.


Pemberian bedak untuk kucing jangan dilakukan terlalu sering, pemberian bedak pada kucing yang wajib bisa dilakukan ketika baru memandikan kucing. Namun jangan lupa untuk meratakan keseluruhan bedak dan jangan sampai ada yang menggumpal karena bisa dijilat oleh kucing. Kucing yang diberikan bedak kulitnya akan lebih sehat, selain itu bau harum pada bedak juga memberi kesan yang bagus pada orang. Hal terakhirnya adalah kutu pada kucing juga bisa hilang, jadi selain bulu sehat kucing juga jadi bebas dari kutu.


Baca Juga : Penyebab Bulu Kucing Mengalami Kerontokan


Beberapa orang memiliki versi perawatan bulu kucing mereka sendiri, namun hal tersebut merupakan perawatan dasar yang biasa dilakukan. Cara merawat bulu kucing diatas bisa dilakukan untuk semua jenis bulu kucing mulai dari kucing berbulu pendek hingga kucing berbulu panjang, jika sudah mencoba jangan lupa untuk memberikan tanggapan dengan berkomentar dibawah.


Bagi kalian yang ingin memberikan versi perawatan bulu kucing dan juga pengalamanya dalam merawat bulu kucing silahkan bisa juga membagikan via komentar sehingga pengunjung lain juga bisa membacanya. Demikian mengenai perawatan dasar pada bulu kucing yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya.

LihatTutupKomentar